OUR NETWORK

Keramas yang Bersih Harus Dilakukan Berapa Kali, Sih?

Foto: pexels.com

Beberapa orang mungkin punya kebiasaan melakukan keramas hingga 2 kali di waktu yang bersamaan. Hal ini dilakukan dengan alasan agar lebih bersih. Namun, sebenarnya keramas yang bersih itu harus dilakukan berapa kali sih? Daripada kamu penasaran, simak selengkapnya saja yuk Ladies!

“Aku ingin sekali mengganti istilah mencuci rambut dengan membersihkan kulit kepala. Sebenarnya, tujuan utama dari keramas ialah membersihkan kulit kepala yang merupakan jaringan hidup. Seperti kulit di wajah yang mengandung ribuan kelenjar keringat dan minyak, melepaskan sel-sel kulit mati, dan juga terpapar polusi lingkungan yang sama,” ungkap Anabel Kingsley yang merupakan Direktur Komunikasi dari perusahaan perawatan khusus rambut di Amerika Serikat.

Baca juga: Tips Membuat Rambut Lebih Sehat dan Berkilau

Sebenarnya kita dianjurkan untuk melakukan keramas setiap hari, apalagi kalau memiliki rambut dengan tekstur halus atau sedang. Namun, jika memiliki rambut yang sangat kasar atau keriting, keramas setiap hari akan merusak rambut. Meski begitu, apapun tekstur rambut kita, Anabel Kingsley nggak menyarankan kamu untuk nggak keramas lebih dari 3 hari.

“Kebiasaan itu sama sekali tidak baik untuk kulit kepala. Apa yang buruk bagi kulit kepala, maka nggak akan ideal untuk rambut,” ujar Anabel.

Lalu, seperti apa keramas yang bersih? Bagaimana harus dilakukan? Jika rambut sangat kotor, pencucian yang pertama kali mungkin nggak bisa menghilangkan semua minyak dan kotoran nih, Ladies. Apalagi jika menggunakan sampo yang ringan. Keramas kedua kalinya di saat yang bersamaan baru dapat membersihkan lebih baik dan membuat rambut terasa lebih bersih.

Baca juga: Manfaat dan Rekomendasi Clarifying Shampoo

“Jika kamu keramas setiap hari, maka kamu nggak perlu melakukan keramas hingga 2 kali di saat yang bersamaan. Namun, jika kamu keramas kurang dari 3 kali dalam seminggu, kamu perlu melakukan keramas hingga 2 kali di saat yang bersamaan agar lebih bersih,” tutup Anabel.

 

Sumber: Glamour Magazine UK

Comments