OUR NETWORK

Ini Cara Mudah Hindari Breakout Saat Musim Panas Tiba

Ini Cara Mudah Hindari Breakout Saat Musim Panas Tiba
Foto: bagdoom.com

Musim panas identik dengan liburan di pantai, pesta barbekyu, dan menyeruput minuman dingin bersama keluarga atau teman-teman. Akan tetapi, cuaca yang jauh lebih panas dari biasanya dapat memberikan dampak buruk pada kondisi kulitmu, salah satunya ialah muncul jerawat.

Dermatologis kosmetik di Union Square Laser Dermatology di New York, Dr. Y Claire Chang mengamini hal ini. Menurutnya, perubahan musim ke musim panas akan mendatangkan hawa panas, kelembaban, dan peningkatan aktivitas tubuh yang kemudian membuat kulit dipaksa bekerja lebih keras dari sebelumnya. “Kulitmu akan menghasilkan lebih banyak minyak dan keringat selama musim panas, yang kemudian dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat,” jelasnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Jerawat Berdasarkan Tipenya

Tapi, hal ini tidak berarti kamu harus menghindari melakukan aktivitas di luar. Hal yang perlu kamu lakukan ialah dengan mengubah rutinitas perawatan kulitmu selama musim panas. Pilihlah produk perawatan yang dapat membantu kulitmu melawan panas dan kelembaban berlebih yang menyerang kulitmu, dan lakukan beberapa langkah yang dilansir dari HelloGiggles berikut ini untuk membebaskan kulitmu dari berbagai gangguan sepanjang musim panas, Ladies.

Ini Cara Mudah Hindari Breakout Saat Musim Panas Tiba
Foto: klubstrefa.pl

1. Hindari penggunaan sunscreen bertekstur tebal

Esthetician Haven Spa di New York, Hannah Naranjo, menyarankan untuk memilih produk sunscreen yang mengandung non-comedogenic SPF dan hindari penggunaan makeup yang tebal. Alihkan produk sunscreen-mu pada tekstur yang lebih ringan dengan formula non-oily atau gunakan SPF berbentuk powder atau mist selama beraktivitas di luar. Intinya ialah seluruh produk yang kamu kenakan ketika musim panas harus ringan, mulai dari serum, pelembap hingga hydrating sprays.

2. Toner dengan formula exfoliasi ringan

Toner merupakan langkah penting dalam proses pembersihan. Perannya pun semakin penting selama musim panas berlangsung. Percaya atau tidak, ketika kamu membersihkan wajah dengan pembersih, kotoran dan minyak yang ada pada wajahmu tidak terhapus dengan sempurna, Ladies. Setelah membersihkan wajah dengan pembersih, kamu perlu melanjutkannya dengan mengusapkan toner pada kulit wajahmu. Pasalnya, toner berfungsi untuk menghapus sisa-sisa makeup, sunscreen, minyak dan sel kulit mati yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari, membuka pori-porimu dan membiarkannya bernapas.

3. Gunakan retinoid

Retinoid merupakan obat yang ampuh melawan jerawat. Akan tetapi, dalam pemakaiannya terdapat anggapan yang menurut dianggap Dr. Yang tidak tepat. Sempat beredar kabar bahwa penggunaan retinoid perlu dihindari ketika musim panas tiba karena dapat membuat kulit lebih sensitif dari sebelumnya terhadap paparan sinar matahari. Menurutnya, retinoid tetap disarankan untuk digunakan ketika musim panas tiba.

“Walaupun retinoid akan membuat kulit lebih peka terhadap sinar matahari, kamu tetap perlu melanjutkan pemakaiannya sepanjang musim panas, karena ia sangat efektif dalam melindungi kulitmu dari jerawat. Cukup kenakan tabir surya dengan SPF yang tepat untuk melindungi kulitmu dari serangan sinar matahari,” jelasnya.

Ini Cara Mudah Hindari Breakout Saat Musim Panas Tiba
Foto: shutterstock.com

4. Hindari rambut penuh keringat berada di wajahmu

Sebagaimana yang telah diketahui selama ini bahwa keringat menyebabkan penumpukkan bakteri yang kemudian menyumbat pori-pori kulit merupakan penyebab utama kemunculan jerawat. Dan tentu saja untuk menghindarinya kamu tidak bisa mencegah keringat keluar dari tubuhmu di bawah suhu yang panas, tak terkecuali keringat pada rambutmu. Well, Ladies, hal penting yang perlu kamu lakukan ialah ikat rambutmu, cegah rambut berkeringat itu menyentuh wajahmu, maka, potensi munculnya jerawat di wajah akan semakin minim.

5. Jaga kebersihan wajah

Hal paling penting dalam menghindari munculnya jerawat selama musim panas ialah dengan menjaga kebersihan wajah. Hapus makeupmu sebelum berolahraga, bersihkan wajahmu setelah kamu berkeringat, dan cuci muka sebelum tidur.

Naranjo menyarankan untuk mencuci muka dengan menggunakan produk pembersih yang cocok dengan kondisi kulit sebanyak dua kali sehari secara rutin. “Jika kamu tidak tahu tipe kulitmu, maka, saya merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan esthetician,” ucapnya.

Baca juga: Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak yang Sensitif

Jika kamu masih mengalami breakout setelah melaksanakan kelima tips ini, Naranjo menyarankanmu untuk melakukan perawatan tambahan, seperti facial secara rutin untuk mengendalikan kemunculan jerawat. “Ahli estetika ialah ahli di bidang ini dan dapat membantumu meredakan gejolak ini,” ungkapnya.

Sumber: Hellogiggles

Comments

Loading...