OUR NETWORK

Ini 7 Penyebab Kulit Kering yang Perlu Ladies Waspadai

Ini 7 Penyebab Kulit Kering yang Perlu Ladies Waspadai

Semua wanita menginginkan kulit halus nan lembab yang jika dipandang akan terlihat segar. Tapi sayangnya nggak semua cewek memiliki kulit halus dan lembut, ada beberapa yang berjuang mati-matian dengan kondisi kulit kering. Karena, kulit kering yang diderita bikin penampilan jadi terlihat nggak menarik. Kulit kering ini biasanya terjadi pada bagian tubuh terbuka seperti halnya, kaki, tangan, dan juga wajah. Lalu apa sih sebenarnya yang membuat kulit kita jadi kering?

1. Terlalu sering bersih-bersih.

Ini 7 Penyebab Kulit Kering yang Perlu Ladies Waspadai
Foto: dermstore.com

Pembersihan yang berlebihan adalah salah satu penyebab utama kulit jadi sangat kering. “Kulit memiliki pelindung alami yang terdiri atas minyak, air, dan sesuatu yang disebut sebagai natural moisturizing factors,” kata Lily Talakoub, M.D., seorang dermatologist di McLean Dermatology and Skincare Center. Lily menyebutkan jika kita terlalu sering membersihkan tubuh dengan cleanser, sabun, body wash ataupun sejenisnya, ini akan mengikis moisturizer alami di kulit, dan ini jadi penyebab kulit kering.

2. Mandi dengan air yang terlalu panas.

Ini 7 Penyebab Kulit Kering yang Perlu Ladies Waspadai
Foto: dailytipsonline.in

Hal lainnya yang membuat kulit jadi kering adalah penggunaan air yang terlalu panas. “Paparan air panas bisa mengikis kelembaban alami kulit dan bisa menyebaban iritasi dan inflamasi,” kata Joshua Zeichner, M.D., Director of Cosmetic and Clinical Research in Dermatology pada Mount Sinai Medical Center. Selain air panas, mandi terlalu lama juga bisa menyebabkan kulit kering. Jadi, hindari kedua hal itu, Ladies. Mandi air hangat boleh aja, tapi sebaiknya nggak terlalu sering ya.

3. Kurang minum.

Ini 7 Penyebab Kulit Kering yang Perlu Ladies Waspadai
Foto: health.com

Foto: health.com

Ini terdengar sangat sepele Ladies, tapi air memang sangat penting untuk kulit. “Menghidrasi tubuh dengan air merupakan cara yang tepat untuk menjaga cairan tetap bergerak secara efsien melalui kapiler,” papar Engelman. Saat udara sedang dingin, cairan di tubuh lebih cepat menguap, maka dari itu tetaplah minum secara cukup. Selain minum, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang bagus untuk kulit yang mengandung minyak omega-3 dan omega-6, contohnya saja salmon, flaxseed, dan minyak alga.

4. Terlalu sering scrubbing atau exfoliating.

Ini 7 Penyebab Kulit Kering yang Perlu Ladies Waspadai
Foto: nayaglow.com

Tanpa Ladies sadari ternyata proses scrubbing ataupun juga exfoliating yang terlalu sering bisa merusak permukan kulit. Untuk membuat kulit tetap aman, lakukan exfoliasi atau scrubbing dua kali dalam seminggu. Setelah melakukan kegiatan itu jangan lupa untuk mengaplikasikan banyak pelembab di tubuh agar tetap terjaga kelembutannya. Selain pelembab yang biasanya kamu pakai, tambahkan minyak essensial seperti almond oil, olive oil, dan lain-lain. Ini untuk memberikan kelembaban yang lebih maksimal setelah tubuh ‘dibersihkan.’

5. Mengonsumsi obat tertentu yang buat kulit kering.

Ini 7 Penyebab Kulit Kering yang Perlu Ladies Waspadai
Foto: medimetry.com

Ternyata tanpa Ladies ketahui banyak obat yang memberikan efek kering pada kulit. “Beberapa obat mengeringkan kulitmu, itu merupakan efek samping penggunannya, contohnya saja obat jerawat seperti benzoyl peroxide atau retinoid, atau obat-obat lainnya yang biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi bisa mengeringkan kulitmu,” papar Jerome Garden, M.D., the director of Physicians Laser and Dermatology Institute di Chicago.

6. Mengaplikasikan moisturizer di waktu yang kurang tepat.

Ini 7 Penyebab Kulit Kering yang Perlu Ladies Waspadai
Foto: naturalskincaresolution.com

Selain memilih pelembap yang tepat, Ladies juga perlu memastikan penggunaan moisturizer ini pada waktu yang tepat. Waktu terbaik untuk memakai moisturizer adalah saat kulit masih lembab setelah mandi. “Setelah mandi, keringkan kulit dengan menggunakan handuk lalu pakai pelembab untuk mengunci kelembabanya,” kata Jerome Garden. Kalau kamu pakai di kulit setelah kering, pelembab akan mudah ‘menguap.’

7. Keturunan.

Beberapa orang memang secara genetik dilahirkan memiliki kulit yang lebih rentan kering dibanding yang lainnya. “Para ilmuan banyak menemukan mutasi protein essensial yang menjadi penghalang pembentukan bahan-bahan pelindung kelembaban kulit. Dan mutasi ini menyebabkan kulit kering,” jelas Garden. Bagi kamu yang memiliki kecenderungan ini, disarankan menggunakan pelembab yang memiliki kandungan ceramides, protein pelembab yang bagus untuk kulit kering.

Jika sudah tahu penyebabnya, segera cari solusi yang sesuai dan cocok agar kulitmu tidak semakin kering. Jika kulit sudah lembap dan cantik, tetap pertahankan supaya tetap sehat ya.. Semoga informasi yang sudah disampaikan bermanfaat buat kamu, Ladies!

Sumber: Self.com, Vaseline.co.id

Comments