OUR NETWORK

Ini 6 Penyebab Kamu Sering Merasa Kelelahan

Ini 6 Penyebab Kamu Sering Merasa Kelelahan

Sebagai seseorang yang memiliki segudang aktivitas yang perlu untuk diselesaikan, tentunya kita perlu tubuh yang fit untuk menghadapi berbagai tantangan. Tapi bagaimana jika tubuh masih terus merasa kelelahan meskipun kita sudah menerapkan pola tidur yang benar? Tentu saja ini menjadi masalah tersendiri nantinya. For your information nih Ladies, ternyata tidur bukan satu-satunya yang memengaruhi munculnya rasa lelah. Inilah 6 penyebab lainnya tubuh sering merasa kelelahan meski sudah cukup tidur.

1. Terlalu Banyak Meminum Kopi

Ini 6 Penyebab Kamu Sering Merasa Kelelahan
Foto: aarp.org

Kopi memang bakal membuat kamu terjaga untuk bisa lebih fokus mengerjakan berbagai beban kerja ataupun tugas. Tapi jika jumlahnya terlalu banyak tentu saja akan membuat kamu susah untuk tidur. Apalagi kamu mengonsumsinya beberapa saat sebelum tidur, ini akan benar-benar mengganggu pola istirahatmu jika kamu memang selama ini tidak tahan dengan yang namanya kopi atau jenis kafein lainnya.

2. Hormon yang Tidak Stabil

Penyebab lainnya mungkin bisa jadi lantaran kondisi hormon sedang tidak stabil. Tapi menurut GP Jane Leonard, MBChB yang berbasis di London menyebutkan jika rasa lelah ini mungkin bisa jadi lantaran kelenjar adrenal. Kelenjar adrenal membantu memproduksi dan meregulasi hormon. Tapi stres setiap hari mampu membuat fungsi-fungsinya tidak berjalan baik. Dan ini bisa menjadi salah satu penyebab kenapa tubuh selalu merasa kelelahan setiap harinya.

3. Tidak Cukup Bersantai

Ini 6 Penyebab Kamu Sering Merasa Kelelahan
Foto: foodmatters.com

Bisa jadi juga sepanjang hari kamu bekerja terlalu keras dan terus-menerus memikirkan pekerjaan atau beban lainnya. Kamu menghadapi berbagai masalah dan itu membuatmu merasa cemas. Memang benar tubuh sudah istirahat di atas tempat tidur, tapi pikiran melayang ke mana-mana dan membuatmu tidak nyenyak tidur. Jangan sampai seperti ini ya, Ladies. Kamu memang perlu bekerja keras tapi jika sudah waktunya istirahat ya, kamu harus  mengendurkan semua beban atau pikiran.

4. Diet yang Tak Seimbang

Hal lainnya yang bisa jadi penyebab kelelahanmu adalah diet yang tidak seimbang. Kekurangan nutrisi di dalam tubuh bisa membuat kamu cepat lelah dan cepat mengantuk. Maka dari itulah selalu penuhi nutrisi tubuh. Diet boleh banget ya, Ladies, tapi jangan sampai tidak seimbang. Penuhi nutrisi harian seperti halnya karbohidrat, protein, serta, kalsium untuk tubuh secara baik dan cukup. Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen jika merasa sudah cukup mengonsumsi berbagai nutrisi, tapi masih saja merasa kelelahan.

Baca juga:

Hindari Kesalahan Ini Ketika Ingin Memulai Diet

5. Tidak Minum Cukup Air

Ini 6 Penyebab Kamu Sering Merasa Kelelahan
Foto: healthline.com

Air merupakan salah satu elemen yang bisa dibilang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tapi apa jadinya jika kita sering mengabaikannya? Salah satu dampak buruknya adalah kamu akan terus merasa kelelahan meskipun dirasa tidak melakukan banyak hal. Saat tubuh mengalami dehidrasi, itu akan menyebabkan volume darah berkurang sehingga memperlambat yang namanya penyaluran oksigen dan nutrisi penting tubuh.

Baca juga:

Malas Minum Air Putih? Ketahui Dampak Buruknya Seperti Berikut

6. Jarang Berolahraga

Kamu bisa jadi mengalami kelelahan lantaran tubuh kurang melakukan pergerakan alias olahraga. Ada banyak penelitian yang menghubungkan antara rutinitas olahraga dengan kesehatan. Salah satunya yakni penelitian yang menunjukkan jika gejala pasien kanker membaik setelah rutin berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat. Kamu bisa memulainya dengan yang ringan-ringan dulu seperti berjalan-jalan, tapi usahakan untuk rutin melakukannya.

Hal-hal itulah yang mungkin menjadi penyebab kenapa kamu masih merasa kelelahan meskipun sudah tidur cukup. Hidup perlu untuk seimbang ya, Ladies. Bekerja keras sangat boleh sekali, tapi jika sudah waktunya istirahat jangan terus memikirkannya. Tubuh juga perlu santai, makan-makanan yang penuh nutrisi, minum air yang cukup sampai berolahraga teratur.

Sumber: Byrdie, Sindo News, Foto cover: drinklavit.com

Comments

Loading...