OUR NETWORK

Ilmu Bela Diri Yang Bisa Dipelajari Wanita

Ilmu Bela Diri Yang Bisa Dipelajari Wanita

Saat ini kejahatan makin merajalela. Segala hal dapat terjadi di mana saja dan dapat menimpa siapa saja, terutama kaum wanita yang sering banget jadi sasaran. Untuk menghindarinya, kamu sebagai wanita zaman now, perlu mencari solusi nih, Ladies. Salah satu caranya dengan mempelajari ilmu bela diri. Ilmu bela diri sebenarnya banyak sekali lho manfaatnya, salah satu nya adalah melindungi diri sendir dari berbagai macam kejahatan. Siapa di antara kamu yang sudah memulai mempelajari ilmu bela diri? Yuk, kita bahas apa saja ilmu bela diri yang dapat dipelajari oleh wanita.

1. Tae Kwon Do

Mungkin hampir semua orang pasti sudah mengetahui olahraga yang satu ini ya, Ladies. Taekwondo adalah olahraga  bela diri yang berasal dari negara K-Pop alias Korea. Taekwondo dikenal sebagai salah satu seni bela diri yang paling mematikan. Dalam bahasa Indonesia, taekwondo berarti meninju dan menendang. Wanita dapat dengan mudah mempelajari seni bela diri ini dikarenakan teknik menendangnya. Dalam taekwondo terdapat beberapa teknik pertahanan diri yang cukup mudah dikuasai oleh wanita.

2. Kempo

Kempo adalah ilmu bela diri yang berasal dari Jepang.  Pada awalnya, seni bela diri ini biasa dipelajari oleh seorang biksu untuk pertahanan dirinya. Kempo juga mengajarkan teknik serangan yang halus dan dilarang untuk menyakiti terlebih dahulu. Oleh karena itu, kempo sangat cocok sekali untuk dipelajari oleh kaum wanita.

3. Aikido

Ternyata bukan hanya kempo yang terkenal dari negeri Sakura ini yaitu Jepang, masih banyak lagi seni bela diri yang terkenal dan dapat dipelajari oleh wanita. Salah satunya adalah aikido. Aikido merupakan seni bela diri dengan teknik melumpuhkan lawan dengan kuncian, elakan bahkan bantingan. Nah, untuk kamu yang sedang mencari seni bela diri yang cocok untuk dipelajari, aikido bisa menjadi solusinya!

4. Brazilian Jiu Jitsu

Sesuai dari namanya, teknik bela diri yang satu ini memang berasal dari negara Brazil. Sedangkan teknik dalam ilmu bela diri ini adalah teknik bergulat, pertarungan lantai, bantingan, kuncian, dan cekikan. Filosofinya juga nggak kalah keren, Ladies. Yaitu bagaimana lawan yang lebih kecil, lebih lemah, dan lebih lambat dapat menghadapi lawan yang besar dan kuat.

Baca juga: 5 Manfaat Olahraga Angkat Beban

5. Krav Maga

Krav Maga merupakan seni bela diri yang dikembangkan untuk tentara dan pasukan pengamanan Israel. Tekniknya diturunkan dari berbagai ilmu bela diri seperti tinju, gulat, aikido, judo, dan karate. Tetapi berbeda dengan seni bela diri yang lain, di dalam Krav Maga adalah pengguna tidak dibatasi untuk melakukan apapun, dan boleh menyerang pada bagian tubuh manapun dengan teknik tertentu. Hanya saja Krav Maga biasanya mengajarkan untuk si wanita menyerang kepada area sensitif pria seperti leher, dan selangkangan untuk mempertahankan diri pada keadaan terjepit. Hmm, ngeri juga ya!

6. Wing Chun

Pernah melihat aksi Donnie Yen dalam film Ip Man? Nah, seni bela diri yang kamu lihat di film itu adalah Wing Chun, Ladies. Jackie Chan dan mendiang Bruce Lee juga merupakan aktor laga lain yang juga mempraktikan bela diri ini. Wing Chun juga mengajarkan teknik bela diri yang dari jarak dekat tanpa harus mengeluarkan tenaga besar.

Dari seni bela diri di atas yang telah kita pelajari, tidak ada salahnya jika kamu mempelajari salah satunya ya, Ladies. Selain dapat menjadi salah satu solusi di saat keadaan mu sedang terjepit, ilmu bela diri juga dapat membuatmu lebih percaya diri dan tentunya membuat tubuh bugar. Tertarik mencoba yang mana, Ladies?

 

Foto: Amazon.com

Comments

Loading...