OUR NETWORK

Hindari Makanan Ini agar Lambung Tetap Sehat Saat Berpuasa

Hindari Makanan Ini agar Lambung Tetap Sehat Saat Berpuasa
Foto: fimela.com

Berpuasa merupakan ibadah yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain pengaturan pola makan, berpuasa juga menjadi salah satu cara detoksifikasi tubuh kita, Ladies. Mengubah jam makan dengan mengaturnya pada waktu-waktu tertentu dapat menjadi sarana membersihkan metabolisme tubuh kita lho. Dengan catatan, kamu harus benar-benar bisa mengatur pola konsumsi saat sahur, berbuka, maupun pada saat makan di malam hari. Tentu saja kamu harus bisa memenuhi tubuhmu dengan nutrisi yang seimbang agar kesehatanmu tetap terjaga.

Baca juga: Mengonsumsi Belimbing Ternyata Banyak Manfaatnya Loh!

Dilansir dalam DokterSehat.com dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Ali Imron mengatakan bahwa saat berpuasa, seseorang harus menjaga pola makannya agar tidak diserang dispepsia atau nyeri lambung. Puasa hanya akan memberi manfaat besar bagi kesehatan jika mengonsumsi karbohidrat kompleks, protein, serat, dan air dalam jumlah yang cukup baik saat buka maupun saat sahur.

Hindari Makanan Ini agar Lambung Tetap Sehat Saat Berpuasa
Foto: hellosehat.com

Namun, tak jarang kita justru lost control saat berbuka puasa. Nggak dimungkiri ya, Ladies, rasa lapar yang mendera ditambah lapar mata karena aneka takjil yang begitu menggoda membuat kita berlebihan dalam berbuka. Rasanya semua makanan ingin dimakan dalam satu waktu setelah adzan berkumandang ya, Ladies? Alhasil, lambung kita lah yang jadi korbannya. Duh, nggak nyaman banget deh.

Untuk menghindari hal itu, menurut Dr. Ali, ada beberapa makanan yang harus kamu hindari agar lambung kamu tetap sehat Ladies. Apa aja sih? Simak yuk!

1. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gas

Agar terhindar dari dispepsia atau nyeri lambung saat berpuasa, sebaiknya kamu harus menghindari makanan yang mengandung banyak gas seperti makanan berlemak, makanan berserat, sayur kol dan sawi, nangka, pisang ambon, buah-buahan yang dikeringkan, serta minuman bersoda.

2. Hindari makanan yang memicu pengeluaran asam lambung

Selain makanan ber-gas, kamu juga perlu menghindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung seperti kopi, minuman sari buah sitrus, dan susu.

Baca juga: Hati-hati, 10 Minuman Ini Bisa Membuat Perutmu Kembung!

3. Hindari makanan yang sulit dicerna

Makanan yang sulit dicerna seperti kue tart, keju, dan daging kambing sebaiknya juga tidak dikonsumsi karena dapat memperlambat pengosongan isi lambung.

4. Hindari makanan yang merusak dinding lambung

Makanan yang secara langsung dapat merusak dinding lambung seperti makanan pedas dan makanan yang mengandung cuka juga sebaiknya harus kamu hindari. Selain itu, kamu juga perlu mengurangi beberapa bahan seperti beras ketan, mie, bihun, bulgur, jagung, ubi, singkong, tales, dan dodol yang bisa merusak lambung secara langsung.

Nah, itulah beberapa makanan yang harus kamu hindari agar lambung tetap sehat dan kamu terhindar dari dispesia saat berpuasa. Banyak juga ya, Ladies. Jangan khawatir Ladies, sebenarnya kamu masih bisa menyiasatinya kok. Konsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan serta di waktu yang tepat bisa membantu menghindari gejala nyeri lambung. Masih bisa makan takjil kok, Ladies. Tapi, jangan berlebihan ya. Selamat berpuasa!

Sumber: doktersehat

Comments