OUR NETWORK

Mengonsumsi Belimbing Ternyata Banyak Manfaatnya Loh!

Mengonsumsi Belimbing Ternyata Banyak Manfaatnya Loh!
Foto: parenting.firstcry.com

Apakah kamu salah satu penikmat belimbing, Ladies? Tahukah kamu kalau belimbing yang rasanya sedikit asam itu ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh? Mari simak ulasan berikut ini…

Belimbing adalah salah satu buah yang merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Dalam satu buah belimbing, terdapat kandungan vitamin C, antioksidan seperti polifenol, potassium, vitamin A, protein, dan kalsium. Belimbing juga termasuk buah yang rendah kalori dan kaya akan serat.

Dari kandungannya, terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapat jika kamu rutin mengonsumsi belimbing. Berikut beberapa manfaat belimbing bagi tubuh.

Baik untuk menurunkan berat badan

Mengonsumsi Belimbing Ternyata Banyak Manfaatnya Loh!
Foto: home.bt

Karena belimbing rendah kalori namun kaya akan serat, maka belimbing sangat recommended untuk dikonsumsi ketika kamu sedang dalam program diet, Ladies. Kandungan seratnya berfungsi untuk menahan rasa lapar lebih lama. Dan ketika dikonsumsi secara rutin, belimbing mampu memaksimalkan sistem metabolisme tubuh sehingga mempercepat penurunan berat badan.

Membantu melancarkan pencernaan

Serat yang terkandung di dalam belimbing berfungsi untuk merangsang sisa-sisa makanan yang terdapat di dalam tubuh, sehingga mempermudah kotoran untuk dikeluarkan. Serat ini juga mampu mengeluarkan racun yang terdapat di usus besar serta dipercaya mampu mempermudah usus untuk menyerap nutrisi.

Pencegah kanker

Kandungan polifenol pada buah belimbing ampuh melawan radikal bebas berlebih yang dapat menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif sendiri dapat menyebabkan terjadinya berbagai kerusakan sel dalam tubuh, hingga akhirnya menyebabkan munculnya berbagai penyakit, salah satunya adalah kanker.

Baca juga: 11 Cara Ini Dapat Menurunkan Risiko Kanker, Apa Saja?

Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi Belimbing Ternyata Banyak Manfaatnya Loh!
Foto: livewellsd.org

Belimbing juga mampu memelihara jantung. Dengan kandungan zat natrium dan kalium yang terdapat dalam buah belimbing, mampu mengontrol tekanan darah serta detak jantung. Ketika tekanan darah normal, jantung dapat memompa darah dengan stabil, dengan aliran darah yang normal. Ini sangat baik untuk kesehatan jantung, Ladies.

Mengontrol kadar insulin

Serat dalam buah belimbing sangat berguna untuk memperlambat pelepasan glukosa ke dalam darah, sehingga buah belimbing sangat bagus untuk orang yang memiliki riwayat diabetes, karena dapat mengontrol kadar gula ke dalam darah.

Meningkatkan sistem imun

Tubuh manusia membutuhkan asupan vitamin C setiap harinya. Nah, perlu diketahui Ladies, kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah belimbing mampu mencukupi kebutuhan asupan vitamin C tubuh sebesar 50 persen loh.

Meningkatkan kepadatan tulang dan gigi

Belimbing juga memiliki kandungan zat besi, magnesium, fosfor, seng, serta kalsium yang mampu menambah kepadatan tulang serta gigi. Dengan begitu, belimbing sangat baik dikonsumsi sebagai pencegahan osteoporosis serta radang sendi.

Sebagai obat sariawan

Mengonsumsi Belimbing Ternyata Banyak Manfaatnya Loh!
Foto: ostrnum.com

Dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, buah belimbing sangat cocok digunakan untuk mengobati sariawan. Maka dari itu Ladies, mengonsumsi belimbing ketika sariawan mampu membantu untuk meredakan sariawan tersebut.

Baca juga: Penyebab dan Berbagai Cara Mengatasi Sariawan

Menghindari masalah lambung

Buah belimbing diketahui memiliki manfaat untuk meringankan masalah perut seperti maag. Lambung sendiri diketahui memiliki lapisan di dindingnya. Pada dinding lambung atau lapisan mukosa lambung terdapat kelenjar yang menghasilkan asam lambung. Guna melindungi lapisan mukosa lambung dari asam lambung, dinding lambung dilapisi oleh lendir (mukus) yang tebal.

Nah, buah belimbing diketahui memiliki sifat anti-luka karena mengandung lendir (mukus) yang dibutuhkan oleh lambung. Sehingga mengkonsumsi belimbing dapat mencegah terjadinya kerusakan lambung.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk rutin mengonsumsi belimbing, Ladies? Jangan lupa dibarengi oleh olahraga ya. Supaya kamu siap selalu menghadapi rintangan apapun yang mencoba menghadang. Karena tubuh yang sehat tetap harus dibantu dengan olahraga rutin. Setuju, Ladies?

 

Sumber: Liputan6

Comments

Loading...