OUR NETWORK

Bahaya Handbag Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui

Bahaya Handbag Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui
Foto: fashionoid.net

Tas tangan (handbag) merupakan salah satu barang yang tidak dapat dipisahkan dari wanita. Bahkan, banyak wanita yang seringkali merasa kurang percaya diri jika tidak menyertakan handbag untuk mendukung penampilannya. Selain demi mendukung penampilan, handbag juga seringkali dapat menjadi penanda kepribadian maupun status sosial seorang wanita. Nggak heran Ladies kalau hampir semua wanita termasuk Ladies senang mengenakan handbag.

Baca juga: 6 Jenis Tas yang Sebaiknya Kamu Miliki

Akan tetapi, baru-baru ini sebuah penelitian justru menunjukkan sesuatu yang cukup mengejutkan. Rupanya handbag yang sering kamu bawa kemanapun itu bisa membahayakan kesehatanmu lho, Ladies. Kok bisa? Berikut penjelasannya!

Penyebab handbag-mu dapat membahayakan kesehatan

Bahaya Handbag Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui
Foto: fimela.com

Aspinal of London melakukan survei terhadap 1.000 wanita di Inggris dan menemukan bahwa banyak perempuan membawa beban yang berat dalam handbag mereka setiap harinya. handbag rata-rata memiliki berat 3,04 kg. Menurut penelitian, membawa beban sebanyak itu di pundak kita setiap hari berisiko menyebabkan kelelahan dan sakit punggung. Penelitian ini telah terbukti pada sebanyak 63% wanita di Inggris. Temuan juga menunjukkan bahwa sebagian besar wanita tidak tahu berapa banyak beban dalam handbag yang mereka bawa. Rata-rata mereka mengesampingkan beratnya sekitar 323 gram.

Selain itu, Doug Jones, fisioterapis di Manchester Institute of Health & Performance, yang dioperasikan oleh HCA Healthcare UK, juga menjelaskan bahwa membawa tas yang terlalu berat dapat memiliki efek seumur hidup bagi kesehatan kita. Penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata wanita membawa 17 barang setiap hari, dengan satu dari enam membawa laptop dan pengisi daya yang berat. Satu dari sepuluh wanita juga membawa tas olahraga tambahan selama kurang lebih dua atau tiga hari seminggu. Tentu saja hal ini dapat menambah berat dalam tas mereka yang sebenarnya sudah cukup berat.

Menyebabkan ketegangan dan rasa sakit pada lengan dan bahu

Bahaya Handbag Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui
Foto: hellosehat.com

Dilansir dari situs Woman and Home Doug Jones mengatakan bahwa implikasi jangka panjang membawa tas berat secara teratur meliputi: sakit leher dan punggung bagian atas, kelelahan bahu dan peregangan saraf di leher dan lengan, yang dapat menyebabkan peradangan pada akar saraf. “Membawa tas tangan yang berat atau tas olahraga di satu lengan juga dapat menyebabkan kejang otot dan sesak, yang kemudian menyebabkan ketegangan dan rasa sakit pada lengan dan bahu,” tuturnya Doug lebih jauh.

Beralih ke ransel

Bahaya Handbag Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui
Foto: brilio.net

Menurut para ahli, beralih ke ransel dapat menjadi salah satu cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah handbag ini. Pasalnya, ransel justru lebih bisa membuat berat beban dalam tas lebih merata. Dengan demikian, kamu juga dapat terhindar dari rasa sakit baik pada bahu maupun lengan. Sebab, beban yang kamu bawa lebih merata dan beralih dari hanya satu lengan/bahu ke keduanya.

Baca juga: Nostalgia 90-an dengan Tas dan Aksesoris Bertema Rugrats

Selain itu, peregangan harian setelah hari yang panjang dan rutinitas yang menyibukkan juga dapat sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit akibat penggunaan handbag ini.

Nah, gimana Ladies? Kamu bisa meninggalkan handbag-mu di rumah dan menggantinya dengan ransel? The choice is yours, Ladies.

 

Sumber: womanandhome.com

Comments