OUR NETWORK

Hair Dusting, Kunci Hilangkan Rambut Rusak

Hair Dusting, Kunci Hilangkan Rambut Rusak

Rebonding, smoothing, blow, coloring, bleaching, dan lainnya yang kamu lakukan tanpa diiringi dengan perawatan yang rutin, dapat membuat rambutmu menjadi rusak dan kusam, Ladies. Kilau rambut yang menandakan kondisi rambut sehat pun akan menghilang seiring dengan banyaknya bahan kimia yang menimpa rambutmu. Rambut rontok, kusam, hingga bercabang muncul sebagai bukti dari dampak yang tak terhindarkan. Sebagaimana yang diketahui, rambut rusak atau bercabang, tidak dapat diperbaiki dengan perawatan apapun. Akhirnya, mau tidak mau kamu perlu memotong rambutmu sebelum kerusakan semakin parah, dan ini masih dianggap sebagai satu-satunya jalan untuk menghilangkan rambut rusak.

Baca juga: 10 Inspirasi Gaya Rambut Pendek ala Selebritis Hollywood

Namun, tidak bagi penata rambut dari LA, Sal Salcedo. Ia menyatakan, ada satu teknik rahasia yang dapat menghilangkan rambut rusak bercabang tanpa harus memotong rambut menjadi pendek. Teknik tersebut disebut dengan hair dusting. Teknik ini hanya memotong rambut yang rusak tanpa mengurangi panjang rambut. “Hal ini dapat dilakukan dengan memotong bagian paling bawah dari setiap helai rambut,” jelas Salcedo.

Menurutnya, teknik ini masih jarang dilakukan oleh para penata rambut. Hal ini dikarenakan, dalam proses pelaksanaannya, teknik ini memakan waktu yang cukup banyak. Di mana, teknik ini dilakukan hampir seperti dua tahap pemotongan rambut. “Ini lebih seperti teknik perawatan rambut dibandingkan pemotongan rambut secara keseluruhan,” ucapnya.

Hair dusting sendiri bukanlah teknik baru dalam dunia hairstyling.

Salcedo menyatakan, sudah ada beberapa budaya yang bahkan telah melakukannya dengan cara yang berbeda, seperti menggunakan api atau pisau cukur.

Foto: hellogiggles.com

Salcedo menjelaskan, pada tahap pertama pemotongan, ia mengambil beberapa helai rambut, kemudian menggunting bagian rambut yang rusak yang ada di antara helai rambut tersebut. “Lalu, saya melanjutkan memotong ujung-ujung rambut yang juga bercabang,” ucapnya. Ia menambahkan, dengan langkah-langkah yang dilakukannya, teknik ini bukanlah menipiskan rambut, melainkan menghentikan kerusakan dengan membuang bagian yang rusak.

Baca juga: Tips Membuat Rambut Lebih Sehat dan Berkilau

Teknik ini diakui Salcedo, dapat dilakukan pada semua jenis atau tekstur rambut. Hal yang terpenting ialah kamu harus menghaluskan rambutmu dahulu, agar bagian rambut yang rusak dan harus dibuang, dapat terlihat. So, jika kamu memiliki rambut rusak, jangan terburu-buru memotong rambutmu menjadi pendek, Ladies. Dengan mengaplikasikan teknik hair dusting, kamu bisa menghilangkan rambut rusakmu sekaligus menjaga panjang rambutmu. Selamat mencoba!

 

Sumber: refinery29.com , Foto cover: allthingshair.com

Comments

Loading...