test
OUR NETWORK

Efek Samping Menakutkan dari Slugging di Bawah Mata yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Ladies mungkin pernah mendengar atau mencoba teknik slugging. Teknik ini bermula dari tren lendir siput di dunia kecantikan, yang akhirnya memunculkan tren slugging.

Slugging persis seperti apa kedengarannya–mirip dengan bagaimana siput menghasilkan sekresi kental yang melapisi tubuhnya dan trotoar apa pun yang disentuhnya, slugging dalam perawatan kulit melibatkan menyegel rutinitas pelembab-serum-pelembab pembersih malam dengan lapisan produk oklusif seperti Vaseline atau Aquaphor. 

Tujuan dari slugging adalah untuk menciptakan penghalang hidrasi yang intens yang membantu produk bekerja lebih efektif sekaligus melindungi kulitmu dari kehilangan kelembapan.

Dalam banyak kasus, slugging bekerja dengan sangat baik, terutama jika Ladies memiliki kulit kering, pecah-pecah, atau kulit pasca prosedur. Namun slugging bukan tanpa risiko, salah satunya adalah pori-pori tersumbat yang dapat menyebabkan jerawat dan masalah lainnya. 

Dan jika Ladies berpikir untuk melakukan slugging di bawah mata, perhatikan peringatan dari ahli perawatan kulit ini sebelum melakukannya.

Namun sebelumnya, yuk ketahui manfaat slugging di bawah mata di sini!

Manfaat slugging untuk kulit bawah mata

Efek Samping Menakutkan dari Slugging di Bawah Mata yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
Foto: freepik

Slugging terbukti bermanfaat, yang merupakan salah satu alasan mengapa teknik ini terus menjadi metode yang populer. “Teknik ini dapat mempertahankan kelembapan dan memberikan pelindung pada kulit halus di bawah mata.” Demikian kata pakar kecantikan dan rambut Caleb Backe dari Maple Holistics.

Menurut Backe, beberapa manfaatnya antara lain:

  1. Hidrasi: Dengan mencegah kekeringan, yang dapat menyebabkan kerutan dan garis halus, under-eye slugging dapat menjaga kulit di bawah mata tetap terhidrasi.
  2. Nourishment: Dengan menggunakan pelembap atau minyak oklusif, Ladies dapat memberikan komponen bergizi seperti vitamin, antioksidan, dan asam lemak esensial untuk area bawah mata
  3. Perlindungan: Lapisan oklusif dapat berfungsi sebagai pertahanan terhadap polutan dan iritasi lingkungan. Ini dapat membantu mencegah penuaan dini dan kerusakan kulit.

Ladies sudah tahu manfaat slugging, kini saatnya kamu mengetahui risiko efek samping darinya, Ladies.

Risiko efek samping slugging

Ada beberapa kelemahan potensial yang bisa datang akibat slugging di bawah mata, antara lain:

  1. Milia: “Milia [adalah] benjolan putih kecil yang dapat berkembang pada kulit di bawah mata saat folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak,” kata Backe. Risiko milia dapat meningkat dengan slugging di bawah mata, terutama jika Ladies cenderung rentan terhadap kondisi tersebut.
  2. Mata bengkak: Jika Ladies bangun dengan mata lebih bengkak dari biasanya saat menerapkan slugging, ini mungkin bukan kebetulan. “Jika Anda memiliki kecenderungan untuk menahan air, mengoleskan pelembap atau minyak yang tebal di bawah mata Anda dapat membuat kulit Anda tampak bengkak,” kata Backe.
  3. Jerawat: “Jika Anda memiliki kulit berminyak atau cenderung berjerawat, slugging di bawah mata mungkin tidak cocok untuk Anda,” catat Backe. “Lapisan oklusif dapat menjebak bakteri dan minyak, yang dapat menyebabkan berjerawat.”

Cara efektif untuk menjaga area bawah mata tetap terhidrasi

Meskipun slugging dapat bekerja dengan baik untuk banyak orang, ini bukan untuk semua orang. Jika Ladies menemukan bahwa slugging di bawah mata membuat kulitmu lebih buruk, Ladies memiliki banyak pilihan lain yang dapat meningkatkan tingkat hidrasi kulit dan membuatmu terlihat dan merasakan yang terbaik di pagi hari.

“Pertama dan terpenting, minum cukup air sangat penting untuk membuang racun dan memperbaiki penampilan kulit Anda secara keseluruhan,” Backe menekankan. “Selain itu, menggunakan krim mata yang menghidrasi yang mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat, gliserin, dan ceramide dapat membantu menjaga kulit di bawah mata tetap terhidrasi. Sangat penting untuk memilih produk yang diformulasikan khusus untuk area bawah mata untuk menghindari iritasi.”

Untuk menghindari pengupasan minyak alami kulit dan menyebabkan kekeringan, cara terbaik adalah menggunakan pembersih yang lembut dan air hangat saat membersihkan kulit di sekitar mata. 

“Menerapkan kompres dingin, seperti masker mata dingin atau waslap yang dibasahi air dingin dapat membantu mengurangi bengkak dan meningkatkan sirkulasi,” kata Backe. Terakhir, cukup tidur nyenyak setiap malam sangat penting untuk menjaga kulit tampak sehat di bawah mata. Karena kurang tidur dapat menyebabkan lingkaran hitam dan bengkak.

Slugging di bawah mata memiliki banyak manfaat, tetapi kerugiannya mungkin membuktikan bahwa itu bukan teknik yang tepat untuk Anda.

 

Sumber: shefinds.com

Must Read

Related Articles