OUR NETWORK

CDC Nilai Vaksin Flu dan Tdap Penting untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

CDC Nilai Vaksin Flu dan Tdap Penting untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin
Foto: thebalkanista.com

Ketika masa kehamilan, tentunya kesehatan bayi dalam kandungan merupakan hal yang utama bagi para ibu. Mulai dari pemenuhan nutrisi hingga olahraga yang baik bagi kesehatan kandungan rutin dilakukan. Akan tetapi, kebanyakan calon ibu, khususnya di Amerika, seringkali melupakan salah satu langkah penting dan mudah untuk bayinya, yakni vaksin.

Dilansir dari She Knows, U.S. Centers for Disease Control (CDC) menyatakan bahwa selain asupan makanan dan olahraga, vaksin juga penting untuk menunjang kesehatan bayi dan ibu hamil.

CDC merekomendasikan para ibu hamil untuk memperoleh vaksin flu dan whooping cough (Tdap) vaccines. Mengingat kedua penyakit ini sangat umum diderita manusia tapi bisa menjadi cukup berbahaya. Selain menjaga kesehatan ibu dan bayi saat dalam kandungan, vaksin ini juga melindungi bayi ketika ia lahir. Bayi yang baru lahir kan cenderung mudah terserang flu atau batuk rejan, Ladies. Dan bayi yang telah menderita penyakit ini, perlu dirawat di rumah sakit dan memiliki risiko yang besar terhadap kematian.

Berdasarkan laporan CDC, hingga saat ini baru sebanyak 54% ibu hamil di Amerika yang mendapatkan vaksin flu sebelum atau selama kehamilan, dan sebanyak 55% memperoleh Tdap selama kehamilan. Sedikitnya sebanyak 35% ibu hamil telah memperoleh suntikan kedua vaksin tersebut. Akan tetapi, masih ada sebanyak 38% ibu hamil yang belum mendapatkan Tdap. CDC menyatakan, 38% ibu hamil ini mengaku tidak mengetahui bahwa vaksin tersebut diperlukan.

CDC Nilai Vaksin Flu dan Tdap Penting untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin
Foto: nordicnaturals.com

Menyadari hal tersebut, CDC menegaskan bahwa kedua vaksin ini penting dan memberikan banyak manfaat selama kehamilan.

Adapun beberapa kelebihannya ialah mengurangi risiko ibu dirawat di rumah sakit sebesar 40%, mengingat penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya bagi ibu hamil; melindungi kesehatan bayi, jika kamu divaksin selama kehamilan, kamu akan memberikan antibodi kepada bayimu juga sehingga hal ini akan menjadi pelindung yang melawan flu dan batuk rejan bahkan setelah ia dilahirkan; risiko rawat inap bayi yang baru lahir turun hingga kurang dari 72% akan dirawat di rumah sakit karena flu dan kurang dari 78% kemungkinan terkena batuk rejan jika ibunya menerima vaksin saat hamil.

Baca juga: Vaksin Jerawat, Alternatif Baru Pengobatan Kulit Berjerawat

Mengingat berbagai kelebihannya ini, CDC menegaskan bahwa vaksin flu dan Tdap sangat penting bagi ibu hamil. Nah, untuk para ibu hamil yang ingin memperoleh vaksin ini, CDC menganjurkan untuk menyuntikkan vaksin flu selama setiap trimester kehamilan dan merekomendasikanmu untuk mendapatkan vaksin Tdap di bagian awal trimester ketiga.

 

Sumber: Sheknows

Comments

Loading...