OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

10 Cara Atasi Kecemasan Saat Menjelang Persalinan, Pahami Hal Ini!

Kecemasan saat menjelang persalinan yang muncul dapat mengganggu proses persalinan loh Ladies. Bahkan jika kamu pernah memiliki anak sebelumnya, rasa khawatir akan persalinan tetap dapat kamu rasakan. Bahkan, kecemasan ini dapat menyebabkan masalah yang lebih serius. Sehingga, apabila ibu dari calon bayi tersebut mengalami kecemasan, hal ini harus segera diatasi.

Karena kecemasan tersebut akan menyebabkan persalinan dini atau terlambat, bayi yang lebih kecil, resiko untuk operasi caesar darurat, dan sebagainya. Nah, kalau kamu sedang mengalami hal ini, yuk simak bagaimana cara untuk mengatasinya!

Penyebab kecemasan saat menjelang persalinan

relaksasi kurangi Kecemasan saat menjelang persalinan
Sumber: istockphoto.com

Ada banyak faktor yang dapat menimbulkan kecemasan saat menjelang persalinan. Bahkan, sebanyak 10 persen dari semua wanita hamil akan merasakan ketakutan yang begitu kuat saat akan menghadapi persalinan. Hal ini termasuk normal untuk memiliki beberapa kecemasan. Namun, jika mengalami kecemasan secara terus-menerus dapat mempengaruhi proses persalinan loh, Ladies.

Kecemasan ini biasanya disebabkan karena khawatir tentang kesehatan bayi nantinya, potensi rasa sakit dan ketidaknyamanan, atau apakah mereka memerlukan epidural atau operasi caesar, dan lain sebagainya.

Saat mengalami serangan kecemasan ditandai dengan gejala seperti jantung berdebar-debar, pusing, sesak nafas, atau denyut jantung berdebar kencang, hingga mengalami mimpi buruk. Ini harus diatasi segera apabila kamu mengalaminya secara terus menerus, karena menjaga kesehatan penting saat masa kehamilan kamu ya Ladies.

Baca juga: Jaga Kesehatan saat Hamil dengan 5 Olahraga Ini

Cara mengatasi kecemasan menjelang persalinan

Menjaga diri Kecemasan saat menjelang persalinan
Sumber: pexel.com

Apabila kamu mengalami kecemasan tersebut secara terus menerus. Sebuah studi penelitian menemukan bahwa wanita yang takut melahirkan rata-rata mengalami persalinan 47 menit lebih lama dibandingkan wanita yang tidak cemas. Untuk itu, kamu dapat melakukan 10 cara mengatasi kecemasan saat menjelang persalinan, yaitu:

1. Lacak sumber kecemasan Anda

Mulailah identifikasi ketakutan atau sumber kecemasan kamu. Pengalaman atau trauma tertentu juga dapat menjadi faktor munculnya kecemasan saat akan menghadapi persalinan. Menurut sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam jurnal internasional OBGYN BJOG, yaitu memahami ketakutan kita adalah langkah pertama untuk yang  dapat membantu membantu loh Ladies.

2. Pertimbangkan terapi

Ketika kamu merasa cemas dan takut akan persalinan, kamu bisa mencobanya untuk menemui terapis. Karena Sebuah penelitian yang dilakukan di Finlandia menemukan bahwa wanita menjalani terapi kognitif (bicara) memiliki persalinan yang lebih pendek dan lebih sedikit operasi caesar yang tidak perlu daripada mereka yang tidak, Ladies.

3. Melakukan relaksasi

Berlatih self-hypnosis, bermeditasi, yoga, pijat, dan melakukan latihan pernapasan saat kamu sedang merasa cemas dapat membantu menenangkan selama kehamilan dan persalinan loh. Nah, selain itu kamu juga bisa mendengarkan kaset relaksasi sebagai pilihan efektif lainnya.

4. Bagikan ketakutan yang kamu rasakan

Nah, untuk mengatasi kecemasan saat menjelang persalinan, kamu bisa membicarakan ketakutan kamu dengan dokter ataupun bidan. Dengan menghadapi fakta yang dijelaskan dapat mengurangi kecemasan dan menenangkan pikiran kamu loh Ladies.

5. Buat jurnal

Ini benar-benar dapat membantu kamu untuk mengatasi kecemasan. Dengan menulis jurnal dapat mengalihkan kekhawatiran kamu dan melihat seberapa jauh kemajuan yang telah dicapai saat masa-masa kehamilan kamu.

6. Tidurlah

Hamil dapat menyebabkan tidurmu menjadi terganggu loh Ladies. Para peneliti menemukan bahwa kurang tidur dapat memperburuk kecemasan. Sehingga, pada masa-masa ini kamu membutuhkan tidur yang cukup ya Ladies.

7. Tingkatkan mood

Terkadang memikirkan hal yang tidak diketahui dapat membuat kamu menjadi lebih cemas. Untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan hal-hal yang dapat membuat perasaan kamu lebih baik dan bahagia. Kamu bisa menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta, atau mencoba berbagai hobi baru.

8. Tutup cerita negatif

Terkadang mendengarkan cerita mengerikan saat persalinan, menonton video menakutkan tentang persalinan, ataupun membaca proses persalinan yang menyeramkan, akan membuat kamu menjadi cemas dan takut. Sehingga, ada baiknya kamu menghindari mendapatkan informasi persalinan yang negatif ya Ladies.

9. Jaga Dirimu

Menjaga diri sendiri merupakan prioritas utama bagi kita. Sehingga, dengan latihan fisik dapat mengurangi stres dan meredakan ketegangan saat akan menghadapi persalinan. Kamu  bisa melakukannya dengan berjalan kaki, berenang, dan sebagainya untuk menghindari kecemasan.

10. Jelajahi pilihan

Beberapa wanita takut akan pengalaman melahirkan di rumah sakit. Sehingga, dengan memilih alternatif, seperti melahirkan bayi di pusat bersalin yang memungkinkan wanita untuk melahirkan dalam posisi yang berbeda akan mengatasi ketakutan dalam menghadapi persalinan loh.

Nah, beberapa cara di atas dapat kamu lakukan untuk mengatasi kecemasan saat menjelang persalinan ya, Ladies. Semoga cara-cara tersebut dapat memberikanmu ketenangan dan kelancaran saat melakukan persalinan nanti.

 

Sumber: parents, bellybelly

Must Read

Related Articles