OUR NETWORK

Cara Membersihkan Pelbagai Jenis Makeup, Panduan Lengkap dan Mudah Dilakukan

Cara Membersihkan Pelbagai Jenis Makeup, Panduan Lengkap dan Mudah Dilakukan
Foto: asprinkleoflavender.blogspot.com

Tidak hanya tangan dan baju saja yang perlu rutin dibersihkan saat corona seperti sekarang ini, tetapi juga makeup. Seperti yang kita ketahui bersama, wanita menggunakan berbagai jenis makeup setiap harinya. Maka dari itulah, perlu setidaknya melakukan pembersihan setidaknya seminggu sekali. Terutama bagi kamu yang pernah bepergian atau sakit baru-baru ini. Apalagi jika ada orang yang meminjam alat makeupmu, segera bersihkan supaya tertular bakteri dan virus. Walaupun kalau bisa sih jangan share alat makeupmu dengan orang lain ya, Ladies.

Dr. Robb Akridge, co-founder dari Clarisonic dan seorang skin expert berbasis di Amerika, jika ingin makeup bag bersih dan tersanitasi dengan baik, salah satu jalan yang paling simpel dan gampang adalah tidak berbagi makeup atau brushes dengan orang lain. Alat-alat yang bisa dibersihkan adalah brushes dan aplikator.

Baca juga: Berbagi Produk Kecantikan, Amankah?

Tidak hanya brush saja yang perlu dibersihkan, produk makeup yang kamu gunakan juga perlu dibersihkan. Mulai dari concealer, foundation, mascara, eyeliners, dan lain-lain. Gabriel De Santino, seorang makeup artist dan CEO dari Gabriel Cosmetics, menyebutkan salah satu cara terbaik untuk menjaga makeup tetap bersih adalah mencuci tangan sebelum menggunakannya dan membuangnya jika telah habis masa pakainya. Tapi jika ingin melakukan pembersihan yang lebih mendalam, yang kamu perlukan adalah isopropil alkohol berkadar 70 persen. Berikut ini selengkapnya.

Membersihkan Powder

Cara Membersihkan Pelbagai Jenis Makeup, Panduan Lengkap dan Mudah Dilakukan
Foto: jesroque.com

Powder merupakan penyelamat berbagai jenis kulit wanita. Bahkan bisa digunakan untuk kulit berjerawat dan sensitif sekali pun. Maka dari itulah, banyak wanita menggunakannya. Cara membersihkannya mudah sekali, namun lakukan dengan hati-hati. Semprotkan alkohol di bagian atasnya, tipis saja, tak perlu sampai benar-benar ‘banjir’ ya, Ladies. Lalu biarkan kering di udara bebas.

Membersihkan Lipstik

Cara membersihkan lipstik juga tidak kalah mudahnya. Hanya semprot lipstik yang terbuka atau biasa digunakan dengan alkohol isopropil, kemudian lap halus sampai bersih. Alkohol jenis ini bisa digunakan untuk berbagai macam kosmetik, misalnya saja jika ingin membersihkan lip liner atau eyeliner juga tinggal semprotkan saja.

Membersihkan penjepit bulu mata, cukup bersihkan residu atau sisa-sisa kotoran dengan kapas dengan menggunakan alkohol. Biarkan sampai benar-benar kering dengan sendirinya. Biasanya bisa digunakan kembali setelah 24 jam.

Membersihkan Maskara

Cara Membersihkan Pelbagai Jenis Makeup, Panduan Lengkap dan Mudah Dilakukan
Foto: trendtram.com

Sementara untuk maskara, Gabriel lebih menyarankan untuk membuangnya jika merasa ada masalah. Area di sekitar mata sangatlah riskan, jangan sampai karena sayang mascara, kesehatannya jadi terabaikan. Pastikan untuk segera membuang mascara jika sudah habis masa pakainya, jangan sampai menyebabkan infeksi terhadap mata. Dan tentunya bersihkan mascara secara menyeluruh setelah selesai beraktivitas ya, Ladies.

Baca juga: Cara Paling Gampang Membersihkan Maskara Waterproof

Membersihkan Produk Cairan/Cream dalam Tube atau Jar

Cara lainnya untuk menjaga produk kosmetik tetap bersih adalah jangan memasukkan jari-jari ke dalamnya. Bagaimana pun bersihnya tanganmu, memasukkannya ke dalam produk-produk kosmetik akan memicu munculnya bakteri. Selalu gunakan aplikator untuk memutus mata rantai kuman-kuman atau virus.

Selalu jaga kebersihan ya, Ladies. Jika sudah memiliki banyak aktivitas di luar ruangan, selalu perhatikan protokol kesehatan. Cantik itu perlu, bersih dan sehat itu wajib ya!

 

Sumber: Byrdie, Vogue

Comments

Loading...