OUR NETWORK

Manfaat Facial Steaming Menurut Para Ahli

Manfaat Facial Steaming Menurut Para Ahli
Foto: justtalkbeauty.com

Bila kamar uap merupakan salah satu perawatan favoritmu ketika datang ke salon, maka, konsep facial steaming atau uap wajah mungkin dapat menjadi pilihan yang cukup menarik untukmu. Dengan bahan dasar uap panas dari teh yang diterpakan pada wajah, konsep perawatan yang satu ini dapat menjadi alternatif yang lembut dan alami untuk mengeksfoliasi kulit matimu, Ladies.

Apalagi untuk kamu yang tengah berjuang melawan jerawat. Kulitmu yang sensitif dengan gesekan, pasti tidak akan bisa bersahabat dengan eksfoliator biasa. Sementara, formula yang terbuat dari seduhan paduan herbal kering di air mendidih ini dapat membantu mengeksfoliasi kulit wajahmu. Namun, tanpa perlu membuat banyak gesekan pada permukaannya. Cukup gantungkan handuk di atas kepala, dan biarkan wajahmu terpapar uap tersebut selama sekitar lima menit. Metode ini tidak hanya akan membantu proses eksfoliasi kulit, tetapi juga membantu bahan-bahan aktif yang digunakan untuk meresap secara mendalam.

Manfaat Facial Steaming Menurut Para Ahli
Foto: Fustany.com

Cosmetic chemist dan founder dari skin care brand Skin Owl, Annie Tevelin, menyarankanmu untuk melakukan perawatan ini selama dua kali seminggu setelah membersihkan wajah.

Selain itu, pada prosesnya, ia juga menyarankan untuk mengaplikasikan face oil terlebih dahulu di permukaan kulit, untuk membantu bahan-bahan yang digunakan pada facial steaming menembus masuk ke dalam kulitmu dan memberikan manfaat-manfaat terbaiknya.

Baca juga: Nggak Bisa Nyalon Karena Karantina? Lakukan Facial Sendiri di Rumah!

Senada dengan Tevelin, director of cosmetic dan clinical research di Mount Sinai Hospital New York, Joshua Zeichner, menyatakan, facial steaming dapat membantu melembabkan dan melembutkan lapisan kulit luar serta meningkatkan penetrasi bahan aktif ke dalam kulit. Meski tampaknya perawatan ini ideal untuk jenis kulit sensitif yang mudah teriritasi dari krim dan serum topikal, namun, ia tidak menyarankan metode ini dilakukan oleh orang dengan kulit yang rentan terhadap kemerahan. Pasalnya, uap panas dari perawatan ini dapat memicu “facial flushing”.

Pada praktiknya, perawatan ini sendiri dapat dilakukan dengan dua cara, yakni secara tradisional atau modern. Secara modern, kamu akan diselimuti steaming machines yang telah dilengkapi dengan campuran air dan daun herbal. Sementara secara tradisional, kamu perlu menempatkan wajahmu di atas semangkuk minuman herbal panas, selama lima menit. Setelah merasakan hawa panas pada wajah yang membuatmu berkeringat, kamu akan melihat wajahmu berubah warna menjadi agak merah muda. Namun, jangan khawatir, Ladies, ini hal yang wajar dan tidak berbahaya. Justru, kulitmu menunjukkan proses eksfoliasi atas sel-sel kulit mati yang telah terjadi secara halus. Sehingga, setelah kulitmu kembali berwarna normal, kamu akan merasakan sensasi kenyal dan halus pada kulit tersebut.

Caranya sangat mudah dan efektif, bukan? Nah, di tengah pandemi yang mengharuskan kamu berada di rumah, perawatan ini bisa jadi alternatif terbaik perawatan kulit yang bisa kamu aplikasikan di rumah, Ladies. So, selamat mencoba!

 

Sumber: Allure

Comments

Loading...