Bibir Kering akibat Pakai Masker Seharian? Lakukan Perawatan Lip Mask Berikut!

Nggak kerasa ya, Ladies, sudah setahun pandemi terjadi di Indonesia. Memakai masker sudah jadi hal wajib yang nggak boleh terlewat saat kamu keluar rumah. Seiring dengan pemakaian masker, banyak efek samping yang terjadi seperti kacamata berembun, breakout, jerawat, hingga nyeri di telinga karena kaitan masker.

Ada isu lain nih yang juga mulai bermunculan karena kewajiban bermasker. Menurut Dr Tijion Esho dari The Esho Clinic, terdapat peningkatan 20% kasus bibir kering dan pecah-pecah pada pasien di kliniknya. Sebagian besar diakibatkan oleh pemakaian masker dalam waktu panjang. Ditambah lagi cuaca dingin serta stress yang dapat menambah parah bibir kering tersebut.

Jadi, apa aja nih yang bisa kamu lakukan saat bibir kamu kering? Berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti dari Dr Esho.

1. Pilih masker yang tepat

Bibir Kering akibat Pakai Masker Seharian? Lakukan Perawatan Lip Mask Berikut!
Foto: unsplash.com

Pilih masker yang dapat melindungi bibir dan kulit kamu. HIndari masker dengan bahan kasar dan dapat melukai kulit. Dr Esho merekomendasikan masker dengan bahan katun atau sutra yang lembut sehingga tidak menyebabkan luka saat bergesekan di kulit.

2. Minum air yang cukup dan tetap terhidrasi

Menurut Dr Esho, penggunaan masker menyebabkan peningkatan kelembapan di area yang tertutup masker, menyebabkan udara di daerah tersebut panas. Air pun menguap dan menyebabkan bibir dan kulit menjadi kering. Oleh karena itu pastikan kamu minum air minimal 2 liter setiap harinya untuk menjaga kulit kamu terhidrasi dengan baik. 

Baca juga: Kulit Kering dan Mengalami Dehidrasi Itu Beda Lho!

3. Eksfoliasi bibir secara teratur

Bibir Kering akibat Pakai Masker Seharian? Lakukan Perawatan Lip Mask Berikut!
Foto: unsplash.com

Bibir kering dan pecah-pecah bisa juga disebabkan oleh sel kulit mati yang menumpuk. Karena itu selalu lakukan eksfoliasi bibir secara teratur, Ladies. Caranya cukup mudah kok, campurkan madu dan gula kemudian balurkan di bibir. Selanjutnya gunakan sikat gigi dengan gerigi yang lembut lalu gunakan untuk menggosok bibir tadi. Bilas dengan air lalu aplikasikan lip balm atau coconut oil di bibir.

Baca juga: Ternyata Ini Loh Hal Sepele yang Bikin Bibir Kering

4. Lindungi bibir dari sinar UV

Jika kamu sering beraktivitas di luar atau outdoor, pastikan bibir kamu terlindungi dari sinar UV. nggak cuman buat kamu yang sering diluar, mereka yang stay at home juga tetap beresiko terkena sinar UV. Karena itu gunakan sun protection nggak cuman di badan, tapi juga di bibir setiap harinya ya.

Intinya yakni proteksi dan hidrasi ya, Ladies! Cukup mudah, kan? Jadi jangan jadi alesan nih buat nggak pakai masker karena bibir kering. Stay safe, stay healthy!

 

Sumber: Glamour

Must Read

Related Articles