test
OUR NETWORK

Beberapa Kondisi Kulit dan Artinya Bagi Kesehatan Kamu

Kulit adalah organ terbesar yang ada di tubuh. Kulit juga berperan sebagai pelindung tubuh. Karena itu beberapa kondisi kesehatan dapat terlihat gejalanya pada kulit. Berikut beberapa kondisi kulit yang dapat terjadi dan artinya bagi kesehatan kamu!

1. Penebalan di ketiak dan leher

Beberapa Kondisi Kulit dan Artinya Bagi Kesehatan Kamu
Foto: healthdigest

Kondisi ini disebut dengan acanthosis nigricans, menyebabkan penebalan kulit berwarna cokelat terang di daerah leher, ketiak, dan terkadang di daerah paha. Menurut dermatologist, Tsippora Shainhouse, ini bisa jadi gejala diabetes tipe 2. Kondisi yang terjadi di diabetes tipe 2 yakni tubuh kesulitan untuk memproses hormon insulin yang diperlukan untuk memproses glukosa. 

Sekitar 10-15% gejala diabetes tipe 2 berhubungan dengan Acanthosis nigricans. Penyebab Acanthosis nigricans tidak hanya diabetes tapi juga karena penggunaan obat glucocorticoids dan pil KB. Jika kondisi kulit ini terjadi, disarankan untuk mengecek ke dokter.

2. Jerawat di dagu dan daerah rahang

Beberapa Kondisi Kulit dan Artinya Bagi Kesehatan Kamu
Foto: healthdigest

Kondisi kulit ini dapat menjadi tanda PCOS (polycystic ovary syndrome). PCOS cukup umum terjadi pada wanita di usia subur. Hal ini disebabkan oleh ketidakstabilan hormon dimana hormon androgen meningkat. Akibat yang dapat terjadi yakni ketidakstabilan periode menstruasi dan ketidaksuburan. Kondisi PCOS dapat terlihat secara fisik berupa peningkatan berat badan, rambut menipis, dan jerawat di dagu serta rahang.

Sekitar 10% wanita di masa subur mengalami PCOS namun tidak menyadarinya sampai mereka mengalami kesulitan mengandung. Jika kamu mengalami menstruasi tidak rutin dan jerawat di daerah dagu dan rahang, kamu bisa mengkonsultasikannya ke dokter. Banyak wanita dapat mengatasi PCOS dengan terapi hormon dan perubahan diet.

3. Ruam di kulit

Beberapa Kondisi Kulit dan Artinya Bagi Kesehatan Kamu
Foto: healthdigest

Dermatitis Herpetiformis atau duhring disease adalah salah satu kondisi kulit berupa ruam kecil dan gatal yang terjadi di daerah siku, lutut, kulit kepala, dan pantat. Sebagian besar duhring disease terjadi karena sensitivitas tinggi oleh gluten. Walaupun banyak penderita duhring disease mengalami gejala yang sama seperti celiac disease, hampir 20% dari mereka teridentifikasi negatif saat melakukan test celiac disease. Kondisi ini biasanya hilang dengan diet gluten free.

4. Kulit kering dan bulu mata menipis

Beberapa Kondisi Kulit dan Artinya Bagi Kesehatan Kamu
Foto: healthdigest

Kulit kering dan penipisan bulu mata atau madarosis dapat menjadi tanda penyakit tiroid walau tidak semua demikian ya, Ladies. Selain kedua gejala tersebut, gejala tiroid lain yang mungkin terjadi yakni intoleran pada dingin, penipisan rambut, kelelahan, dan depresi. Kondisi ini dapat diatasi dengan perubahan diet dan resep hormon tiroid dari dokter.

Baca juga: Mata Berair Terus-Menerus? Ini Penyebabnya dan Cara Penanganannya

5. Kulit mudah memar

Beberapa Kondisi Kulit dan Artinya Bagi Kesehatan Kamu
Foto: healthdigest

Jika kulit kamu sering memar tanpa alasan, ada kemungkinan ini tanda blood disorder seperti hemophilia. Bisa juga dikarenakan kekurangan vitamin seperti vitamin C dan vitamin K.

Penting untuk tidak melakukan self diagnose atau mendiagnosa diri sendiri ketika kamu mengalami kondisi tadi. Konsultasikan ke ahli medis atau dokter yang kamu percaya ya, Ladies. Stay healthy!

 

Sumber: health digest

Must Read

Related Articles