OUR NETWORK

Baca Ini Sebelum Memutuskan Menggunakan Alat Pembersih Komedo Sendiri di Rumah

Baca Ini Sebelum Memutuskan Menggunakan Alat Pembersih Komedo Sendiri di Rumah
Foto: doktersehat.com

Komedo memang menyebalkan. Di satu sisi jika didiamkan berlama-lama akan membuat wajah terlihat kusam. Di sisi lain, untuk menghilangkan komedo di wajah, kita harus rutin ke tempat facial. Dan memang biaya yang dikeluarkan pun nggak sedikit. Kemudian muncul pula alat-alat yang memang diciptakan khusus untuk membersihkan komedo, yang mengklaim mampu membersihkan komedo dalam sekejap dengan hasil yang setara dengan pergi ke tempat facial. 

Baca juga: Komedo Membendel? Coba 9 Produk Terbaik Ini Untuk Menghilangkan Komedo

Tapi, kebanyakan dari produk-produk pembersih komedo yang ada di pasaran hasilnya kurang maksimal, maka muncul keraguan untuk menyisihkan sebagian uangmu untuk membelinya. Belum lagi untuk masalah kesehatan dan keamanannya. Untuk mengetahui apakah alat-alat seperti yang disebutkan diatas memang worth your time and money, kita ulas dari lima dermatologis bersertifikat untuk mempertimbangkan trend baru ini. Inilah yang mereka inginkan kamu untuk ketahui.

Menggunakan Alat Pembersih Komedo Harus Berhati-hati

Walau terasa sangat bermanfaat, apalagi untuk tipe kulit berminyak dan mudah berjerawat, Marisa Garshick, M.D., dermatologi bersertifikat dewan di New York, menyarankan kamu untuk ekstra hati-hati. Jangan mengkombinasikannya dengan scrub kasar atau eksfoliasi kimia yang mengiritasi kulit), apalagi kalau kulitmu termasuk sensitif. 

Dan walau Dr. Marisa membenarkan beberapa alat ini mampu menghilangkan komedo, ia memperingatkan sama pentingnya untuk nggak menggunakan alat ini terlalu sering atau ditekan berlebihan. Karena hal itu dapat mengakibatkan kerusakan yang tidak diinginkan terhadap kulitmu, tolong menggunakannya dengan lemah lembut. 

Menggunakan Alat Pembersih Komedo Bisa Memperburuk

Alat ini memang bertujuan untuk membersihkan kotoran, komedo dan bakteri. Namun, Peterson Pierre, dermatologis berbasis di California mengatakan, mencoba untuk membersihkan jerawat dan komedo secara agresif dengan alat pembersih komedo ini dapat memperburuk keadaan. “Bakteri dan nanah pada jerawat malah dapat masuk ke dalam kulit daripada mengeluarkannya, yang menyebabkan peradangan dan iritasi,” katanya. Ia juga menambahkan, hal ini dapat menyebabkan robekan pada kulit dan menyebabkan pembentukan kista. Yikes.

Alat Pembersih Komedo Dapat Mengelupas Kulit Dari Kelembapan Alami

Karena alat ini entah mengikis kulit atau menghisap kotoran dari pori, ada risiko potensi kehilangan kelembapan. Rhonda Klein, M.D., dermatologi dari Connecticut menjelaskan. Ia mengatakan alat pembersih komedo bisa membuat kulit menjadi lebih kering dari sebelumnya, jadi sangat penting untuk segera melembapkan kulit wajahmu setelah menggunakannya. 

“Alat ini bisa mengupas kulit secara berlebihan, jadi sangat penting untuk segera menghidrasi kulit setelah penggunaannya,” jelas Dr. Klein. “Saya menyarankan menggunakan produk asam hialuronat, yang bersifat non-komedogenik. 

Gelombang Ultrasonik Pada Beberapa Pembersih Komedo Mungkin Tidak Bekerja

Baca Ini Sebelum Memutuskan Menggunakan Alat Pembersih Komedo Sendiri di Rumah
Foto: bronzedbodyspraytan.com 

Walau ultrasonik pembersih komedo mengklaim menggunakan gelombang ultrasonik yang melonggarkan dan membersihkan pori, Caren Campbell, M.D., dermatologi berbasis di San Francisco mengatakan ia mewaspadai klaim yang dibesar-besarkan ini. 

“Saya tidak merasa gelombang ini menembus kulit (atau menghasilkan getaran yang cukup) untuk melonggarkan kotoran dan puing-puing pada pori,” katanya. “Memanaskan kulit bukanlah pilihan perawatan yang baik sejak hal ini mampu memperburuk kerusakan pembuluh darah dan kemerahan. Dan hal ini juga mampu memperburuk kondisi seperti rocasea dan melasma.”

Menjaga Alat Pembersih Pori Dirumah Tetap Steril Menjadi Persoalan 

Kebersihan adalah kekhawatiran lain seputar alat pembersih komedo. Morgan Rabach, M.D., seorang dermatologi di Manhattan menyarankan produk dalam rumah tidak akan mungkin bisa dibersihkan sebagaimana mestinya seperti kebersihan alat pada tingkatan medis. Yang mana bisa menjadi berita buruk terhadap kulitmu. “Pada ruang kerja dermatologi, kami mensterilkan setiap alat pada titik panas tertentu,” kata Dr. Rabach. “Membersihkan alat-alat itu dengan alkohol tentu saja tidak sama hasilnya.”

Ada Alternatif Yang Lebih Lembut

Baca Ini Sebelum Memutuskan Menggunakan Alat Pembersih Komedo Sendiri di Rumah
Foto: journal.sociolla.com

Dr. Rabach mengakui penghisapan menggunakan alat pembersih komedo memang membantu membersihkan pori-pori. Tapi ia menekankan mengingat risiko dari kontaminasi dan kerusakan kulit sama pentingnya dengan keuntungan dari alat pembersih komedo dan juga ada alternatif lain yang lebih penting. Daripada membeli alat perawatan kulit yang cukup mahal, ia menyarankan menggunakan produk yang lebih aman, seperti masker, eksfoliator fisik, dan eksfoliator kimia yang dijual bebas yang meresap ke kulit. 

Baca juga: Trik Mengatasi Komedo

Intinya, Serahkan Pembersihan Komedo Pada Ahlinya

Meskipun ide untuk menghapus komedo dengan alat futuristik mungkin sangat menggoda, Dr. Pierre mendesak untuk meninggalkan tipe dari ekstraksi ini kepada ahlinya. “Walau alat ini jauh lebih efektif daripada strip pembersih pori, tapi tidak ada yang mampu menggantikan teknik yang sesuai dengan prosedur,” jelasnya. “Kunjungi dermatolog secara teratur untuk mendapatkan pengobatan untuk mencegah munculnya jerawat, dan mendapatkan perawatan wajah dengan tingkatan medis untuk mengatasinya ketika itu terjadi.”

Nah, semoga ini bisa menjadi pertimbanganmu ya, Ladies.

Sumber: Hello Giggles

Comments

Loading...