OUR NETWORK

Alis Bisa Tumbuh Kembali Setelah Kerontokan Hebat? Begini Kata Para Ahli

Alis Bisa Tumbuh Kembali Setelah Kerontokan Hebat? Begini Kata Para Ahli
Foto: popsugar.com

Memiliki alis yang tebal merupakan sebuah anugerah ya, Ladies. Tapi sayangnya, karena berbagai faktor alis juga bisa menipis. Memang benar sekarang sudah banyak produk makeup yang bisa digunakan untuk permak alis jadi sedemikian rupa. Tapi kalau memiliki alis asli jadi tambah percaya diri ya? Nggak perlu ribet-ribet menggambar alis atau sulam. Lalu bagaimana, apakah alis bisa tumbuh kembali setelah mengalami kerontokan?

Begini Pendapat Ahli

Alis Bisa Tumbuh Kembali Setelah Kerontokan Hebat? Begini Kata Para Ahli
Foto: beautysyn.com

Kerontokan dan pertumbuhan rambut di tubuh memiliki banyak sekali faktornya yang mendasarinya. Menurut Joey Healy seorang brow expert yang berbasis di New York, untuk full regrowth atau tumbuh sepenuhnya seperti sedia kala membutuhkan waktu. “Umumnya, bisa empat sampai enam minggu. Tapi ada pula beberapa orang yang memiliki alis tumbuh 8-10 minggu. Bahkan ada klien tertentu yang bersabar membiarkan alisnya tumbuh secara perlahan dalam setahun,” paparnya. 

Tapi jika tidak tumbuh, bisa saja folikel rambut mengalami kerusakan atau mati. Jadi tidak akan tumbuh kembali. Whitney Bowe, M.D., seorang Board-Certified Dermatologist memaparkan jika alis memang menipis seiring bertambahnya usia, namun yang paling banyak penyebabnya adalah akibat pencabutan terlalu banyak. Tidak hanya mencabut, merapikan, waxing, dan beberapa perawatan alis melakukan pencabutan dari akar, sehingga ada begitu banyak trauma yang terjadi. 

Baca juga: Ternyata Ketombe Bisa Ditemui di Alis Juga Lho!

Jadi tidak perlu kaget berlebihan jika alis tidak tumbuh kembali. Selain itu ada masalah lainnya yang mengintai, yakni jaringan parut. Healey menyebutkan jika rambut tidak akan tumbuh pada luka bakar atau bekas luka. Misalnya saja melakukan tindikan di alis, ini akan menyebabkan luka pada kulit dan meninggalkan bekas. Folikel rambut terganggu, susah untuk rambut kembali tumbuh. 

Tips Menumbuhkan Kembali Alis

Alis Bisa Tumbuh Kembali Setelah Kerontokan Hebat? Begini Kata Para Ahli
Foto: thelasspa.com

Healy menegaskan untuk tidak terlalu berharap atau setidaknya mengatur harapan. Jadi jika tumbuhnya secara perlahan, atau belum tumbuh sama sekali, jangan kecewa atau frustasi. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendorong pertumbuhan.

  1. Sabar karena semuanya butuh waktu, ada yang memerlukan pertumbuhan 10 minggu bahkan 1 tahun lebih seperti yang dijelaskan sebelumnya
  2. Gunakan serum penumbuh alis yang bagus
  3. Pastikan merawat area yang ingin ditumbuhkan dengan produk mengandung antioksidan tinggi
  4. Berinvestasi pada makeup yang bagus, terutama untuk area di sekitar mata dan alis.

Dalam proses menumbuhkan alis, kuncinya adalah kesabaran dan ketelatenan ya. Sampai sekarang ini para peneliti sedang berusaha mencari apa saja yang mendorong pertumbuhan alis dan faktor-faktor penghambatnya. Jadi, sebagai tindakan pencegahan rawatlah alismu sedini mungkin ya. 

Sumber: Mind Body Green

Comments

Loading...