test
OUR NETWORK

Air Beras, Rahasia Andalan untuk Mendapatkan Glass Skin ala TikTok

Jika kamu menghabiskan waktu menelusuri tips skincare di TikTok, kemungkinan besar kamu akan menemukan pembuat konten yang menggembar-gemborkan potensi air beras untuk memberimu glass skin yang halus dan bercahaya. 

Meskipun air beras tampaknya baru saja memasuki era zeitgeist, sebenarnya air beras telah menjadi bahan perawatan kulit yang populer selama ratusan tahun di budaya Asia. Ada banyak bukti yang mendukung manfaatnya. Apakah hal tersebut sejalan dengan ulasan hangat yang beredar di media sosial? Simak ulasannya di bawah ini!

Apa itu air beras?

Apa itu air beras? Air beras adalah cairan yang dibuat dengan merendam beras, lalu disaring untuk memisahkan air yang dihasilkan. Dalam skincare biasanya berfungsi sebagai toner atau membantu menenangkan kulit. 

“Air beras telah digunakan selama berabad-abad di seluruh Asia karena manfaatnya bagi kecantikan,” kata dokter kulit bersertifikat Howard Sobel, MD. Kemampuan kandungan pati, vitamin, dan antioksidannya yang tinggi dapat digunakan untuk merawat kulit dengan mencerahkan hiperpigmentasi atau bintik hitam dan warna kulit tidak merata, mengencangkan, serta menenangkan peradangan dan jerawat kulit. 

Meskipun bahan perawatan kulit ini mudah dibuat sendiri, kamu juga bisa membeli produk perawatan kulit yang mengandung air beras, seperti toner susu beras.

Manfaat air beras untuk kulit

Air Beras, Rahasia Andalan untuk Mendapatkan Glass Skin ala TikTok
Foto: freepik

Berikut ini adalah manfaat yang bisa kamu raih dari penggunaan air beras pada kulit, Ladies!

1. Perlindungan radikal bebas

Air beras kaya akan antioksidan, yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari efek berbahaya sinar matahari. 

“Dalam sebuah penelitian, ia mampu memblokir pembentukan radikal bebas dari paparan sinar UV,” kata dokter kulit bersertifikat dan pendiri Dr. Loretta Loretta Ciraldo, MD. 

“Ini menjanjikan sebagai bahan perawatan kulit yang efektif untuk membantu mencegah photoaging,” lanjutnya. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa bila dikombinasikan dengan beberapa ekstrak tumbuhan lain, air beras berfungsi sebagai tabir surya. Namun, ahli kulit tidak menyarankan penggunaan cara ini. “Selalu gunakan mineral SPF untuk melindungi kulit secara menyeluruh dari penyebab stres lingkungan dan sinar matahari yang merusak,” kata Sobel.

2. Sifat Anti-Penuaan

“[Air beras] juga terbukti menghalangi aktivitas elastase, salah satu enzim yang memecah serat elastis dan menyebabkan kerutan dan kendur seiring bertambahnya usia,” kata Ciraldo. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui hal ini, guna lebih memahami potensi manfaat anti-penuaan air beras.

3. Hidrasi

Air beras memiliki sifat menghidrasi dan dapat membantu menghaluskan permukaan kulit serta memperbaiki teksturnya.

4. Menenangkan Iritasi

Tingginya pati dan vitamin, air beras dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi. Penelitian ini terbatas, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa air beras mungkin memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi kondisi seperti kulit kering dan eksim.

“Meskipun tidak ada penelitian konklusif yang membuktikan manfaat ini, masuk akal jika larutan kaya nutrisi yang mengandung bahan yang menghidrasi dan anti-inflamasi akan membantu mengatasi kondisi ini,” kata dokter kulit bersertifikat Arash Akhavan, MD.

5. Dapat memudarkan hiperpigmentasi

Diperlukan lebih banyak penelitian, tetapi air beras mungkin memiliki efek mencerahkan kulit, yang berpotensi membantu memudarkan hiperpigmentasi. 

“Inositol adalah gula yang ditemukan dalam air beras yang telah terbukti dalam penelitian memiliki potensi efek mencerahkan atau mencerahkan kulit,” kata Akhavan. “Diperkirakan penggunaan air beras juga memiliki manfaat ini pada penderita hiperpigmentasi.”

Potensi efek samping air beras

Air Beras, Rahasia Andalan untuk Mendapatkan Glass Skin ala TikTok
Foto: freepik

Kecuali kamu alergi terhadap beras, dokter kulit mengatakan tidak banyak efek samping yang perlu kamu khawatirkan saat menggunakan air beras untuk kulit. Jika kamu memiliki kulit yang sangat kering atau dehidrasi, air beras mungkin bukan pilihan terbaik karena dapat menimbulkan efek mengeringkan, kata Sobel.

Bagi sebagian orang, air beras mungkin meninggalkan sedikit rasa lengket di kulit. Jika kamu ingin menghindari hal ini, Ciraldo merekomendasikan penggunaan produk secara hemat dan memastikan produk benar-benar kering sebelum mengaplikasikan produk lain.

Bagaimana cara menggunakan air beras untuk kulit

Air beras memiliki manfaat paling banyak untuk kulit sebagai toner, dan cocok digunakan satu atau dua kali sehari setelah pembersihan. Untuk meniadakan efek pengeringan dan menjaga kulitmu tetap terhidrasi, sebaiknya gunakan serum dan/atau pelembab setelahnya, kata Sobel. Tentu saja, seperti kebanyakan produk perawatan kulit, kamu sebaiknya memulai dengan uji tempel pada area kecil kulit untuk melihat bagaimana reaksi kulitmu.

Untuk membuat air beras sendiri, Akhavan menyarankan untuk merendam setengah cangkir beras dalam dua gelas air dan membiarkannya selama 30 hingga 60 menit. Setelah disaring, air beras siap digunakan sebagai toner. Jika kamu memilih cara DIY, ketahuilah bahwa kamu perlu membuat air beras segar secara teratur agar tidak rusak. “Air beras yang didiamkan dapat terkontaminasi bakteri sehingga berpotensi menyebabkan infeksi kulit,” kata Akhavan.

Jika membuat air beras sendiri bukan pilihan untukmu, pergilah ke toko dan cari produk yang mengandung air beras atau ekstrak beras. Bagi banyak orang, ini adalah cara yang lebih mudah dan rendah perawatan untuk memasukkan air beras ke dalam rutinitas perawatan kulit harian mereka.

Sumber: byrdie.com

Must Read

Related Articles