OUR NETWORK

7 Tanda Tubuh Mengalami Defisiensi Omega-3

7 Tanda Tubuh Mengalami Defisiensi Omega 3
Foto: harpersbazaar.com

Tidak semua lemak jahat dan berbahaya bagi tubuh. Salah satu lemak baik yang sangat dibutuhkan tubuh adalah asam lemak omega-3. Lemak sehat ini dapat diperoleh dari pola makan yang sehat. Manfaat asam lemak omega-3 ini tidak main-main loh, Ladies. Bukan hanya kesehatan tubuh saya yang terjaga, tetapi juga kesehatan pikiran. Kekurangan asam lemak omega-3 dapat menyebabkan berbagai masalah, dari kulit kering, susah tidur, dan bahkan peningkatan risiko penyakit jantung. Lalu apa saja sih ciri tubuh yang kekurangan atau defisiensi omega-3? Simak ulasannya di bawah ini, Ladies!

1. Kulit kering

Salah satu rahasia kulit awet muda dan terhidrasi adalah lemak omega-3, yang dapat ditemukan secara alami dalam struktur dinding sel. Saat tubuh kekurangan omega-3, kulit pun akan menjadi mengering. Kok bisa seperti itu? Rupanya omega-3 berperan untuk membantu kulit menyerap nutrisi sehat dan mengeluarkan produk limbah yang berbahaya. Hasilnya, kulit pun akan sehat dan bercahaya.

Baca juga: Ini 7 Penyebab Kulit Kering yang Perlu Ladies Waspadai

2. Rambut yang tidak hidup

Omega-3 pun dapat ditemukan dalam folikel rambut. Lemak omega-3 memberi nutrisi pada rambut, mendukung penebalan rambut, dan mengurangi radang kulit kepala yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Saat rambut tubuh defisiensi omega-3, rambut pun akan kehilangan nutrisi-nutrisi tersebut sehingga akan terlihat kusam dan tidak bernyawa.

3. Kuku yang rapuh

Apabila kuku Ladies menjadi lunak, mengelupas, dan rapuh, berhati-hatilah sebab berarti ada sesuatu yang salah pada tubuh Ladies. Penyebab dari kuku yang abnormal tersebut bisa saja merupakan kekurangan omega-3. Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa omega-3 dari sumber hewani, seperti minyak ikan, lebih mudah diserap oleh tubuh daripada sumber nabati.

4. Insomnia

Sebuah penelitian dari Universitas Oxford menemukan bahwa orang dengan kadar omega-3 lebih tinggi memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Jadi, jika Ladies mengalami insomnia, bisa saja penyebabnya adalah kekurangan omega-3.

5. Konsentrasi yang buruk

Jika Ladies tidak mengonsumsi cukup lemak ikan atau suplemen omega-3, terdapat kemungkinan Ladies akan memiliki konsentrasi yang buruk. Banyak orang yang telah mengalami peningkatan konsentrasi secara signifikan hanya dengan mengonsumsi suplemen omega-3 setiap hari.

6. Kelelahan

Kelelahan selalu memiliki banyak sebab, tetapi sudah dapat dipastikan bahwa kekurangan omega-3 adalah salah satunya. Menurut Pusat Medis Universitas Maryland, kelelahan adalah gejala umum dari kekurangan omega-3.

7. Nyeri sendi

Asam lemak omega-3 yang bersalah dari minyak ikan adalah agen antiinfalamsi kuat. Hal inilah yang membuat omega-3 sangat penting bagi penderita nyeri sendiri. Dengan memastikan asupan cukup omega-3 setiap hari, proses penghancuran jaringan dan sendi, yang merupakan penyebab peradangan awal, akan terhenti.

Baca juga: Ini 6 Penyebab Kamu Sering Merasa Kelelahan

Bagaimana Ladies, setelah membaca ulasan di atas, Ladies jadi lebih semangat untuk mengonsumsi omega-3 bukan? Ladies bisa mendapatkan asupan omega-3 dari berbagai sumber, seperti ikan makarel, salmon, tiram, telur, ikan herring, ikan sarden, walnut, kacang kedelai, tauge, fkaxseed, bayam, dan chia seed. Nah, selamat mencoba, Ladies!

Sumber: Harper’s Bazaar

Comments

Loading...