OUR NETWORK

6 Tips Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Supaya Virus Tak Mendekat!

6 Tips Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Supaya Virus Tak Mendekat!
Foto: realhomes.com

Virus corona yang awalnya bersumber dari Wuhan, China sekarang sudah masuk ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Update terbaru pada saat artikel ini ditulis pada tanggal 17 Maret, jumlah penduduk di Tanah Air yang telah positif corona mencapai 134 orang. Data ini berdasarkan konferensi pers yang disampaikan oleh Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah untuk kasus corona, pada Senin (16/3/2020) bertempat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara. 

Baca juga: Jadi Pusat Kasus Virus Corona Terbanyak, Eropa Bangun Bangsal Darurat

Covid-19 telah dinyatakan sebagai pandemik oleh WHO dan semua negara sedang mengupayakan segala yang terbaik demi melindungi warganya. Dan sebagai individu yang tetap ingin sehat dan terjauhkan dari virus yang telah menelan banyak korban ini, salah satu caranya adalah dengan tetap menjaga kekebalan tubuh. Berikut ini cara-cara yang bisa kamu lakukan.

1. Perhatikan Asupan Gizi 

6 Tips Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Supaya Virus Tak Mendekat!
Foto: lawrenceville-doctors.com

Asupan gizi atau pola diet sangat memengaruhi kesehatan tubuh. Maka dari itulah ini merupakan aspek utama yang perlu untuk dijaga. Apapun yang masuk ke dalam tubuh diupayakan untuk sementara waktu, khususnya pada masa krisis ini adalah hanya mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi. Kurang-kurangi junk food dan segala jenis makanan yang ‘sekadar enak’.

Berdasarkan Cleveland Clinic, kondisi sistem kekebalan tubuh bisa dalam waktu terbaiknya saat asupan vitamin dan mineral seimbang. Jadi jangan hanya mem-boosting tubuh dengan vitamin C saja, tapi juga dengan jenis lainnya. Mulai dari vitamin A, C, E, folic acid, zat besi, dan lain-lain untuk mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh. 

2. Kurangi Stres

Tidak bisa dipungkiri jika berita yang beredar di media digital membuat semua orang jadi ketar-ketir. Takut terjadi hal-hal yang tidak terduga dan lain sebagainya. Namun, usahakan untuk mengatur stres supaya tidak memengaruhi sistem imun kamu.  Alihkan kecemasan dengan melakukan kegiatan menyenangkan, menonton drama, membaca buku, dan kegiatan lain di sekitaran rumah saja. Batasi asupan informasi yang kamu terima dan cek kebenarannya. Jangan terlalu fokus pada worst case scenario ya, Ladies. Fokus pada keadaan saat ini dan langkah apa yang bisa kamu lakukan.

3. Konsumsi Probiotik

6 Tips Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Supaya Virus Tak Mendekat!
Foto: medicalnewstoday.com

Berdasarkan sebuah penelitian dari European Journal of Nutrition, beberapa jenis probiotik mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena serangan flu. Lalu untuk jenis probiotik yang disarankan, Frank Lipman, MD menyarankan untuk mencari probiotik dengan 10-20 miliar organisme di dalamnya, contohnya adalah Culturelle Probiotic All Natural Dairy & Gluten Free Vegetable Capsules. Konsumsi satu kapsul per harinya. 

4. Tetap Aktif Bergerak Meski di Rumah

Olahraga secara teratur mampu menendang racun-racun yang terdapat di dalam tubuh. Ditambah lagi David Williams, DC, menjelaskan jika suhu panas saat berolahraga mampu membunuh patogen jahat sekaligus peningkatan metabolisme dan sel-sel tubuh dengan tujuan meningkatkan kesehatan. Jadi, meski berada di rumah, tetap aktif bergerak dan olahraga. Jadikan olahraga sebagai prioritas!

5. Tidur yang Cukup

6 Tips Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Supaya Virus Tak Mendekat!
Foto: unspalsh.com

Hal lainnya yang sangat perlu dilakukan adalah tidur dengan cukup. Para ahli di Mayo Clinic menyebutkan orang yang tidak mendapatkan tidur cukup bisa sakit dengan lebih mudah, dan gampang terpapar virus. Maka dari itulah, penuhi kebutuhan tidur dengan baik. Jangan kebanyakan begadang mentang-mentang work from home ya, Ladies…

6. Cuci Tangan Lebih Sering

Selalu digaung-gaungkan banyak orang, cucilah tangan lebih sering. Pastikan mencuci tangan dengan sabun. Sebenarnya sabun biasa cukup, asal kamu mencuci tangan dengan benar, minimal 20 detik ya, Ladies. Sabun anti bakteri di pasaran, dikhawatirkan malah akan membuat bakteri menjadi lebih tahan dan malah membuat kulit tangan jadi terlalu kering.

Baca juga: Inilah Cara Terbersih Keringkan Tangan Setelah Mencucinya

Semuanya harus dimulai dari diri sendiri supaya virus satu ini segera pergi dari Indonesia, atau bahkan muka bumi ya, Ladies. Lakukan tips-tips di atas dan juga ikuti anjuran dari para profesional dan pemerintah ya. 

 

Sumber: merdeka.com, byrdie

Comments

Loading...