OUR NETWORK

Inilah Cara Terbersih Keringkan Tangan Setelah Mencucinya

Inilah Cara Terbersih Keringkan Tangan Setelah Mencucinya
Foto: texsstandart.com

Baru-baru ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) Sudah menetapkan virus corona menjadi pandemik. Yakni penyebaran penyakit yang terjadi secara global di berbagai belahan dunia. Karena sudah termasuk level lebih tinggi dibandingkan dengan epidemik, WHO menyarankan semua negara di dunia meningkatkan kesiagaan guna mencegah wabah lebih luas lagi.

Selain pemerintah, tentunya kita sendiri juga perlu andil dari diri sendiri. Misalnya, saja dalam hal rutin mencuci tangan. Meskipun virus yang disebut juga dengan Covid-19 disebut pandemi namun cukup mudah pencegahannya, salah satunya dengan menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan secara teratur menggunakan sabun.

Baca juga: Tips Mencegah Penularan Virus Corona di Tempat Kerja

Hanya perlu 20 detik saja pencucian tangan menggunakan sabun, bisa mematikan virus corona. Tidak hanya itu saja, ternyata proses pembersihan yang benar juga sangat penting. Supaya virus bisa mati dengan mudah, upaya pencegahan virus corona bisa dimaksimalkan.

Pentingnya Mengeringkan Tangan Setelah Mencucinya

Inilah Cara Terbersih Keringkan Tangan Setelah Mencucinya
Foto: blowmotion.co.uk

Berdasarkan sebuah penelitian di tahun 2018 yang diunggah di Journal of Infection Prevention, tidak mengeringkan tangan dengan benar dalam area medis bisa meningkatkan risiko terinfeksi. Seperti halnya tangan yang basah meningkatkan kesempatan infeksi silang dan kontaminasi terhadap lingkungan.

Kondisi tangan yang basah atau lembap memang meningkatkan penularan bakteri. Maka dari itulah mengeringkannya sangat penting. Tapi perlu diketahui juga, pencucian secara berlebihan menggunakan air hangat bisa menghilangkan minyak alami di kulit, menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah. Dan ini juga meningkatkan risiko infeksi yang lebih besar lagi.

Cara Tepat Mengeringkan Tangan

Inilah Cara Terbersih Keringkan Tangan Setelah Mencucinya
Foto: businessinsider.com

Setelah mencuci tangan dengan sabun, ada beberapa cara tepat untuk mengeringkannya. Berdasarkan WHO, tangan seharusnya dikeringkan dengan paper towel atau pengering udara yang hangat.

Baca juga: Ini yang Penting Kamu Ketahui Tentang Hand Sanitizer

Namun, ada sebuah penelitian yang menyebutkan jika hand dryers malah membuat kuman menyebar, maka dari itulah sebaiknya untuk dihindari, terutama saat berada di areal rumah sakit atau klinik. Dan salah satu pilihan yang benar-benar lebih aman adalah dengan menggunakan paper towel sekali pakai.

Mengeringkan tangan memang terlihat pekerjaan yang sepele Ladies. Namun ini penting dilakukan supaya kesehatan tubuh tetap terjaga dengan optimal. Apalagi sekarang ini virus corona sedang mewabah di mana-mana, perlu untuk ekstra waspada ya. Semoga kamu dan keluarga selalu dilindungi Yang Maha Kuasa.

 

 

Sumber: Mind Body Green, CNBC Indonesia

Comments

Loading...