OUR NETWORK

6 Rekomendasi Lipstik Cokelat untuk Berbagai Warna Kulit

6 Rekomendasi Lipstik Cokelat untuk Berbagai Warna Kulit
Foto: bestproducts

Dahulu, lipstik berwarna coklat bukanlah barang utama yang dicari para pengguna makeup, baik selebriti, model, maupun masyarakat umum. Sebaliknya, kini, lipstik berwarna coklat nude hingga coklat gelap menjadi barang yang pasti dimiliki para pengguna makeup, setidaknya satu buah. Meski semua shade warna ini tampak netral, ternyata tidak semua orang langsung cocok dengan seluruh shadeMakeup artist, Matin Maulawizada, menyatakan, kecocokan warna ini pada seseorang tergantung pada warna bibir yang dimiliki orang tersebut. So, buat kamu yang ingin memiliki lipstik warna coklat yang kekinian ini, tapi masih bingung shade coklat mana yang cocok denganmu, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi dari Refinery29 dan Matin untuk menentukan warna lipstik yang tepat sesuai dengan warna kulit dan bibirmu, Ladies. Check it out!

Baca juga: Tips Memilih Warna Lipstik Pink Sesuai Undertone Kulit

Fair with Pink Undertones

Buat kamu yang memiliki bibir berwarna merah muda alami, Matin merekomendasikan sentuhan coklat ala tahun 90-an di bibirmu. Di mana, warna coklat persik dengan rona latte akan memaksimalkan kecantikan bibirmu. Matin merekomendasikan kamu untuk mengoleskan Urban Decay Vice Lipstick in 1993 di bibirmu dan melapisinya dengan lipgloss berwarna pucat untuk membuat warnanya sedikit lebih menonjol. Adapun, bagian bibir yang perlu kamu tambahkan lapisan gloss itu ialah bagian “pouty” di dalam bibir bawahmu. Pasalnya, bagian inilah yang akan menangkap cahaya dari luar. Matin juga merekomendasikanmu untuk menggunakan lip pencil pada bagian tertentu dan menambahkan warna bibir di atasnya.

Baca juga: Cara Tepat Menggunakan Lip Liner

Deep with Blue Undertones

Matin merekomendasikan cocoa tint untukmu para pemilik warna kulit coklat gelap, yang dibuat untuk menciptakan tampilan super-monokromatik. Seperti warna yang ditawarkan oleh Laura Mercier Crème Smooth Lip Colour in Cocoa. Paduan lipstik ini dan warna kulitmu akan menciptakan tampilan yang disebut Matin sebagai perfect nude.

“Ini semacam memadukan warna bibir dengan bagian kulit lainnya. Ini adalah warna paling cantik dan elegan untuk seorang perempuan. Di mana, tidak ada gradasi warna, tidak ada pemisahan, hanya satu warna yang yang sangat indah di kulitnya,” jelasnya.

Buat kamu pemilik bibir berwarna gelap dengan blue undertone, Matin menyarankan untuk tidak menggunakan warna yang terlalu terang. Jika kamu ragu mana warna yang serupa dengan kulitmu, maka, akan lebih aman jika kamu memilih warna yang lebih gelap dari kulitmu. Hindari penggunaan warna yang terang karena dapat membuat penampilanmu tampak pucat.

Medium with Warm Undertones

Buat kamu pemilik bibir berwarna warmer undertones dan kulit yang berwarna seimbang, kamu memiliki keunggulan yang tidak dimiliki pemilik warna bibir yang lain! Yap, hampir seluruh shade warna coklat yang ada akan cocok kamu kenakan.

Akan tetapi, jangan sampai hal ini membuatmu malas berkreasi dan menciptakan menciptakan tampilan yang berbeda, Ladies. Sebagaimana yang dilakukan oleh Matin, untuk mempercantik bibir yang warnanya sangat menguntungkan ini, ia berani menggunakan warna tembaga metalik untuk menciptakan tampilan fun dan unexpected. Dalam hal ini, Matin berkreasi dengan menggunakan NYX Wicked Lippie in Wrath.

Karena bibir tipe ini sudah berwarna berry alami, maka, akan tampak semburat warna merah samar di bibir. Inilah bagian terbaik dari warna bibir ini bagi Matin. Karena semburat merah alami dari bibir yang muncul ketika mengenakan lipstik, memberikan kesan hidup pada riasan tersebut. “Warna alami dari bibir yang muncul itu membuat warna coklat dari lipstik tidak tampak begitu coklat, hal ini bagus karena membuat warna bibir tidak hanya cantik, tetapi juga menjadi hidup dengan kata lain riasannya tidak tampak mati,” ucapnya.

Medium with Olive Undertones

Matin menegaskan, buat kamu pemilik warna bibir ini, kamu dapat menggunakan spectrum coklat berwarna terang atau gelap, tergantung pada bagaimana riasan yang kamu buat. Meski begitu, kamu perlu menghindari penggunaan warna coklat yang terlalu terang atau pucat karena itu akan membuat wajahmu tampak datar.

Karena warna alami bibir ini hampir pink kemerahan, warna coklat dapat menjadi tambahan yang sempurna untuk menghidupkan warna wajah dan menciptakan kesan yang lebih hangat pada penampilan. OCC Cosmetic Colour Pencils in Penny Royal mungkin dapat menjadi salah satu produk yang dapat membantumu menciptakan tampilan ini.

Pale with Yellow Undertones

Buat kamu yang memiliki warna bibir pink terang dan kulit yang agak pucat, warna coklat yang cocok untuk kamu kenakan ialah shade coklat medium ke terang. Untuk menciptakan tampilan yang hidup pada riasanmu, penting untuk menerapkan pigmen coklat pada bibirmu. Namun, alih-alih menggunakan lipstik, lebih baik kamu menggunakan lip pencil di seluruh bibirmu. Hal ini akan memberikan efek matte yang cantik, Ladies! Adapun, salah satu lip pencil yang dapat membantumu ialah MAC Lip Pencil in Oak. Atau, kamu bisa mengaplikasikan concealer atau foundation pada bibir sebelum menggunakan lip color untuk menghilangkan kesan pucat pada wajah dan kulitmu.

Olive with Red Undertones

Terdapat kesalahan persepsi mengenai perempuan yang berkulit pucat harus mengenakan lipstik dengan shades yang sangat gelap. Bagi Matin, justru kunci dari kecantikan ialah tampil dengan riasan yang soft, sehingga tidak terlalu tampak vampy atau tampak berat. Menurutnya, pemilik warna bibir dan kulit jenis ini, perlu menghindari warna yang memiliki tone kuning di dalamnya, dan menggantikannya dengan warna coklat yang condong ke rona merah. Liquid lipstick super matte seperti Jeffree Star Cosmetics Velour Liquid Lipstick in Dominatrix mungkin dapat membantumu memperoleh tampilan ini.

Baca juga: Warna Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang

Akan tetapi, perlu diingat, ketika mengenakan lipstik dengan efek super matte, ada kemungkinan bibirmu akan kering. Untuk itu, kamu perlu menjaga kelembapan bibirmu, salah satunya bisa dilakukan dengan cara mengoleskan lip balm sebelum mengaplikasikan lipstik.

So, dari ulasan keenam tipe ini, apakah kamu sudah menemukan warna bibir dan lipstik shade coklat yang cocok untukmu, Ladies?

Sumber: refinery29, Foto cover: bestproducts

Comments

Loading...