OUR NETWORK

6 Manfaat dari Blackcurrant

6 Manfaat dari Blackcurrant
Foto: pixabay.com/Ina Lubeck Hertel

Blackcurrant menjadi salah satu makanan sehat paling dikonsumsi di Inggris, terutama dalam bentuk selai dan jus. Tanaman blackcurrant dikonsumsi mulai dari bagian biji hingga daunnya. Blackcurrant seed oil atau minyak biji blackcurrant paling dikenal dari berbagai bagian lain di tanaman tersebut. Kamu juga bisa membuat teh dari daunnya atau infusion dari bagian buahnya. Penasaran dengan manfaat dari blackcurrant? Cek di bawah ini, Ladies!

Baca juga: Manfaat Cantik dan Sehat dari Grapeseed Oil

1. Kaya Vitamin

6 Manfaat dari Blackcurrant
Foto: pixabay.com/silviarita

Blackcurrant kaya akan vitamin seperti vitamin A, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B1, dan vitamin E. Kandungan vitamin C pada blackcurrant 4 kali lebih banyak dibanding vitamin C di jeruk. Udah tau dong Ladies kalau vitamin C itu berguna banget untuk tubuh. Beberapa manfaat vitamin C antara lain untuk metabolisme protein dan pembentukan kolagen, dua komponen yang esensial untuk perawatan kulit dan anti aging.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Selain kandungan vitamin C nya yang besar, blackcurrant juga mengandung antioksidan dan antosianin yang berperan dalam imunitas tubuh. Daun dari tumbuhan blackcurrant juga punya banyak manfaat di antaranya:

  • Antimikroba
  • Anti inflamasi
  • Anti viral
  • Anti toksik
  • Antiseptik
  • Anti kanker

Salah satu penelitian memperlihatkan pemberian suplemen blackcurrant pada mereka yang berolahraga teratur dapat meningkatkan kerja imun responden tersebut. Mereka pun dapat berolahraga lebih lama dibanding dengan yang tidak diberikan suplemen.

Baca juga: Menurut Ahli, Ini Pilihan Antioksidan Terbaik

3. Menyehatkan Persendian dan otot

6 Manfaat dari Blackcurrant
Foto: pexels.com

Blackcurrant memiliki kandungan antosianin, polifenol, antioksidan, vitamin C, serta GLA (gamma-linolenic acid) yang tinggi. GLA diketahui berperan dalam meredakan inflamasi di tubuh. Konsumsi GLA dan antosianin dapat menurunkan rasa sakit, kaku, pegal dan luka pada persendian dan otot. Salah satu penelitian juga menunjukkan suplemen GLA efektif untuk menurunkan rasa sakit pada penderita rheumatoid arthritis.

4. Menyehatkan Kerja Jantung

Jus blackcurrant memiliki kandungan potassium dan GLA yang tinggi. Kedua komponen tersebut mampu menurunkan tekanan darah. GLA akan membantu sel di jantung menjadi lebih kuat dan memperkecil risiko penyumbatan pada pembuluh darah. Blackcurrant juga diketahui bagus untuk penyesuaian kembali tekanan darah setelah berolahraga. Karena itu Ribena, minuman berbasis blackcurrant di Inggris terkenal banget dan tersedia hampir di semua store komersil.

5. Menghaluskan Kulit

6 Manfaat dari Blackcurrant
Foto: pixabay.com/klimkin

Belum ada penelitian langsung pada hubungan konsumsi blackcurrant dengan kondisi kulit. Namun, menurut National Psoriasis Foundation, konsumsi blackcurrant seed oil per hari dapat memperlambat pembentukan psoriasis. Kamu juga bisa mengoleskan blackcurrant seed oil di daerah kulit yang kering, gatal, dan seperti dicubit.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Berdasarkan penelitian, GLA, asam linoleat, dan vitamin C bagus untuk meredakan mata kering. Pas banget nih karena blackcurrant punya semua komponen tadi, Ladies. Satu sendok makan blackcurrant dan meredakan kelelahan pada mata dua jam setelah mengonsumsinya.

Baca juga: 10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata Menurut Ophthalmologist

Jika kamu mengonsumsi blackcurrant segar, disarankan dalam bentuk jus dan diminum sehari sekali. Kamu juga bisa gabung dengan buah beri lain saat di blender. Stay healthy, Ladies!

 

 

Sumber: Healthline 

Comments

Loading...