OUR NETWORK

5 Tips Mandi Lebih Cepat dan Efektif

5 Tips Mandi Lebih Cepat dan Efektif

Tahukah Ladies, aktivitas mandi singkat selama kurang lebih lima menit saja ternyata bisa menghabiskan 40 liter air loh. Duh, boros banget ya. Padahal mandi adalah aktivitas harian yang tidak mungkin ditinggalkan Ladies, kecuali di hari Minggu tentunya hihihi. Para ahli konservasi lingkungan sudah berulang kali mengingatkan masyarakat mengenai bahaya dari pemborosan air ini loh. Lalu, bagaimanakah cara yang tepat agar mandi lebih cepat dan efektif? Yuk, simak tips dari Vogue ini.

Baca juga: Pernah Dengar Tentang Mandi Detoks?

Pernah Dengar Tentang Mandi Detoks?

1. Jangan nyalakan air sampai kamu benar-benar siap.

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau ‘nyawa’ kita belum sepenuhnya terkumpul saat memasuki kamar mandi. Belum lagi jika suhu udara terasa dingin. Wah bisa-bisa Ladies semakin lama mengumpulkan ‘nyawa’-nya. Alhasil, Ladies pun belum akan sepenuhnya siap menghadapi dinginnya udara setelah air mandi. Oleh sebab itu, sebaiknya Ladies jangan dulu menyalakan air mandi sebelum benar-benar siap 100% untuk mandi. Di saat menunggu waktu siap tersebut, Ladies boleh banget kok melakukan aktivitas lain, seperti gosok gigi. Namun, ingat, jika Ladies melakukannya di wastafel, jangan menyalakan keran air saat menggosok gigi. Cukup nyalakan air saat hendak berkumur-kumur, atau tampung air di gayung/gelas.

2. Mencoba cleansing conditioner.

Daripada menggunakan sampo dan kondisioner secara terpisah, mungkin Ladie bisa mencoba menggunakan cleansing conditioner untuk menghemat waktu keramas. Bukan saja efisien secara waktu, tetapi juga produk ini baik untuk rambut kasar berkat formulanya yang lembut dan bebas detergen. Ladies tidak perlu menggunakan cleansing conditioner setiap hari kok, cukup gunakan sesekali saja saat buru-buru atau saat diperlukan, misalnya seminggu sekali.

3. Matikan air saat menggunakan sabun atau sampo.

Ini hal yang penting tetapi terkadang lupa dilakukan. Mematikan air saat menyabuni tubuh atau memijat sampo ke rambut sangatlah penting dilakukan agar tidak ada air yang terbuang sia-sia. Ladies juga bisa menggunakan teknik navy shower yaitu membasahi tubuh selama 30 detik, kemudian menggunakan sabun dan sampo, selanjutnya membasuh diri selama satu menit.

4. Multitasking.

Ladies perlu mencukur bulu kaki? Lakukanlah sambil keramas. Atau, bisa juga Ladies membilas rambut yang sudah dikeramas sekaligus dengan badan yang sudah disabuni, sambil cuci muka. Hihihi. Lakukan beberapa kegiatan membilas sekaligus agar jumlah air yang digunakan semakin sedikit ya, Ladies.

5. Membilas tubuh dengan air dingin.

Membilas tubuh dengan air dingin akan membantu menstimulasi sirkulasi darah, menutup pori-pori, mengunci kutikula rambut, dan tentu saja membuat Ladies keluar kamar mandi dengan ngebut!

Baca juga: Ladies, Ini Beberapa Cara Mengatasi Back Acne

Ladies, Ini Beberapa Cara Mengatasi Back Acne

Nah, sebenarnya dengan melakukan hal-hal yang terkesan ‘sepele’ ini, kita semua bisa ikutan menghemat air, Ladies. Jadi, kalau kamu masih termasuk orang yang betah banget di kamar mandi, coba pilah kebiasaan kurang baik mana yang sebenarnya bisa kamu tinggalkan.

 

Sumber: Vogue, Foto cover: reactual.com

Comments

Loading...