Free Porn
xbporn
OUR NETWORK

5 Manfaat Niacinamide yang Harus Kamu Ketahui!

Semua orang menyukai perawatan kulit multitasker—bahan yang membuat kandungan lain bekerja lebih baik dan menghemat waktu pengolesan serum (tanpa mengorbankan khasiat yang diinginkan). Dan entah apakah Ladies pecinta perawatan kulit atau hanya ingin mengetahui bahan-bahan yang ampuh, kamu pasti ingin mempelajari semua manfaat niacinamide. 

Di sini, para ahli menguraikan kemudahan penggunaan, sifatnya yang lembut, dan manfaat niacinamide yang utama bagi kulit. Yuk, simak ulasan mengenai manfaat niacinamide di bawah ini, Ladies!

Apa itu niacinamide?

Niacinamide (juga dikenal sebagai nikotinamida) adalah bentuk vitamin B3. “Ini juga disebut niacin, yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan dan fungsi sel-sel dalam tubuh Anda,” kata Annie Gonzalez, M.D., dokter kulit bersertifikat di Riverchase Dermatology di Miami. 

Kamu dapat mengonsumsi niasin dalam makanan seperti dada ayam, saus marinara, salmon, dan nasi merah, dan mengonsumsinya membantu tubuhmu mengubah makanan yang kamu makan menjadi energi, katanya.

Namun, manfaatnya berlimpah ketika kamu mengoleskan vitamin ini ke kulitmu, Ladies. “Sama seperti sel-sel di tubuh Anda yang menggunakan B3 untuk meningkatkan fungsinya, kulit juga menggunakannya untuk mengoptimalkan berbagai proses, seperti memperbaiki DNA yang rusak, meregenerasi energi sel, dan mengurangi efek sinar UV dari matahari,” jelas Dr. Gonzales.

Manfaat niacinamide

5 Manfaat Niacinamide yang Harus Kamu Ketahui!
Foto: freepik

Niacinamide menawarkan banyak manfaat restoratif dari dalam ke luar, tetapi juga dapat memberikan daya apung baru yang istimewa pada kulit. Yuk simak ulasan manfaat niacinamide di bawah ini, Ladies!

1. Niacinamide meningkatkan tone kulit dan memudarkan bintik hitam

Jika kamu memiliki bercak hitam, kerusakan akibat sinar matahari, atau bintik-bintik penuaan, kamu pasti ingin menutupinya. “Dalam konsentrasi tertentu, niacinamide diperkirakan mampu memblokir enzim yang bertanggung jawab memproduksi pigmentasi, atau melanin, dan memperbaiki warna kulit,” kata Dr. Gonzalez.

Sebuah studi tahun 2016 di Journal of Drugs in Dermatology mengamati produk yang mengandung campuran pencerah kulit, termasuk retinol, antioksidan resveratrol, dan niacinamide. Penggunaan selama empat minggu mengurangi hiperpigmentasi, meningkatkan kejernihan kulit, dan meratakan warna kulit, para peneliti menyimpulkan.

2. Niacinamide menenangkan jerawat yang marah

Niacinamide dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak dan sebum untuk mengurangi jerawat, kata Purvisha Patel, M.D., dokter kulit bersertifikat dan pendiri Visha Skincare.

Terlebih lagi, niacinamide dikenal sebagai anti-inflamasi, sehingga ideal untuk menenangkan bintik-bintik jerawat dan meminimalkan kemerahan. Ditambah lagi, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa gel nikotinamida sama efektifnya dengan antibiotik topikal untuk mengobati jerawat.

3. Niacinamide melawan penyebab stres yang berbahaya

Sinar UV, polusi, stres, kurang tidur, dan faktor lainnya dapat menimbulkan radikal bebas (molekul tidak stabil) yang merusak sel-sel kulit sehat. “Hal ini menyebabkan tanda-tanda penuaan dini seperti perubahan warna dan kerutan,” kata Dr. Gonzalez. Niacinamide memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan ini atau bahkan membalikkan sebagian kerusakan tersebut.

4. Niacinamide meningkatkan hidrasi

“Jika digunakan bersama dengan bahan pelembap umum, seperti gliserin dan asam hialuronat, niacinamide dapat meningkatkan kemampuan produk untuk menghidrasi,” kata Dr. Gonzalez.

Niacinamide juga mendukung produksi ceramide, lemak alami di kulit, yang dapat membantu meningkatkan pelindung kulit, mencegah kehilangan air dan serangan potensi iritasi. Manfaatnya: Kulitmu menjadi kurang reaktif dan rentan terhadap sensitivitas.

5. Niacinamide mengurangi iritasi

Salah satu hal terbaik tentang niacinamide adalah ia mendukung penggunaan anti-penuaan yang berpotensi menyebabkan iritasi yang meningkatkan pergantian sel kulit, termasuk retinol dan asam alfa hidroksi (AHA), seperti asam glikolat. “Ini dapat menenangkan kulit dan membatasi iritasi yang disebabkan oleh exfoliant yang lebih kuat,” kata Dr. Patel.

Apakah niacinamide memiliki efek samping? 

5 Manfaat Niacinamide yang Harus Kamu Ketahui!
Foto: freepik

Kabar baiknya adalah niacinamide sangat lembut. “Ini adalah bahan yang sangat aman. Biasanya tidak menyebabkan iritasi, dan secara anekdot, saya belum menemukan pasien yang tidak dapat menoleransinya,” kata Angela Lamb, M.D., seorang profesor di departemen dermatologi di Mount Sinai di New York City. Sekali lagi, bahkan orang dengan kulit sensitif, seperti penderita rosacea, dapat menggunakan niacinamide. Faktanya, sering ditambahkan ke pelembap rosacea karena sifat anti-inflamasinya.

Cara menggunakan niacinamide dalam rutinitas perawatan kulitmu

Saat berbelanja, carilah serum atau pelembab dengan 2 hingga 10% niacinamide, rekomendasi Dr. Gonzalez. 

Untuk menggunakannya: setelah mencuci kulit, usapkan toner bebas alkohol, kemudian, gunakan anti penuaan berbahan kandungan “aktif” (seperti retinol, vitamin C, atau hydroxy acid) dan akhiri dengan mengoleskan niacinamide.

Jika kamu menggunakan serum, kamu bisa mencampurkannya dengan pelembap favorit dan mengaplikasikan keduanya sekaligus, saran Gonzalez. Ratakan pada wajah, leher, dan sekitar mata untuk kulit yang lebih tenang dan bercahaya.

Selamat berburu produk niacinamide favoritmu, Ladies!

 

Sumber: prevention.com

Must Read

Related Articles