OUR NETWORK

5 Kesalahan yang Membuat Pertumbuhan Rambut Terhambat

5 Kesalahan yang Membuat Pertumbuhan Rambut Terhambat
Foto: southernliving.com

Menumbuhkan rambut yang panjang, tebal, dan juga sehat bisa jadi sangat susah jika kamu salah dalam hal perawatan. Ada banyak faktor yang membuat pertumbuhan rambut jadi terhambat, bahkan malah rontok. Berikut ini ada beberapa hal yang mungkin bisa kamu perhatikan lain kali supaya rambut bisa cepat tumbuh sesuai dengan yang diinginkan.

1. Kulit Kepala Sangat Kotor

5 Kesalahan yang Membuat Pertumbuhan Rambut Terhambat
Foto: science.howstuffworks.com

Mencuci rambut secara berlebihan memang tidak bagus. Namun, terlalu jarang melakukannya juga tak akan baik untuk pertumbuhan rambut. Penumpukan kotoran, debu, minyak rambut akan merusak kulit kepala. Hal buruk yang bisa terjadi bisa saja peradangan atau penyumbatan pada folikel rambut. Dan kedua hal tersebut bisa dibilang sangat membatasi pertumbuhan rambut, bahkan menyebabkan kerontokan.

Maka dari itulah, pastikan untuk mencuci rambut menggunakan shampo jika sudah waktunya dicuci. Jika dirasa penumpukan kotoran sudah sangat mengkhawatirkan, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan clarifying shampoo atau bisa juga scrub rambut untuk kulit kepala.

2. Tidak Melakukan Pemijatan Pada Kulit Kepala

Jika ingin menumbuhkan rambut dengan lebih cepat, salah satu tipsnya adalah melakukan pemijatan kulit kepala dengan teratur. Dengan begitu, bisa membuat sirkulasi darah jadi lancar. Sehingga nutrisi untuk kulit kepala juga cukup terpenuhi, rambut jadi tumbuh sesuai dengan yang diinginkan. Faktanya, di luar sana sudah dilakukan penelitian kecil-kecilan yang menunjukkan bahwa melakukan pijatan kepala pada pria meningkatkan pertumbuhan rambut.

Baca juga: Mengapa Wajib Lakukan Scalp Detox dan Cara Terbaik Peawatan Kulit Kepala

3. Tidak Mengonsumsi Suplemen

5 Kesalahan yang Membuat Pertumbuhan Rambut Terhambat
Foto: spunout.ie

Seperti halnya bagian lain di dalam tubuh manusia, rambut juga memerlukan nutrisi yang cukup untuk melakukan pertumbuhan. Salah satu suplemen yang perlu untuk diminum jika ingin menumbuhkan rambut adalah asam amino. Rekomendasi suplemen adalah kolagen. Jika ditambah dengan vitamin B, maka akan membuat pertumbuhan rambut makin lancar. Dalam sebuah penelitian kecil-kecilan, dilaporkan jika seorang perempuan dengan rambut yang sangat tipis mengalami pertumbuhan rambut yang signifikan lantaran mengonsumsi suplemen dengan kandungan biotin di dalamnya.

4. Menggunakan Heat Styling Tools Hampir Setiap Hari

Hal lainnya yang mengganggu pertumbuhan rambut adalah penggunaan berbagai alat pengatur rambut bersuhu panas secara berlebihan. Apalagi menggunakannya dalam suhu panas yang sangat tinggi, rambut bisa kehilangan kelembaban dan berbagai nutrisi di dalamnya. Tidak hanya menghambat pertumbuhan rambut, kebiasaan kurang baik ini bahkan bisa membuat rambut rusak parah.

Baca juga: 5 Produk Heat Protectant yang Sangat Recommended

5. Tidak Merawat Akar Rambut

5 Kesalahan yang Membuat Pertumbuhan Rambut Terhambat
Foto: hairandtreatmentsolution.blogspot.com

Kunci dari pertumbuhan rambut yang lebat terdapat pada akarnya. Maka dari itulah penting sekali melakukan perawatan pada akar. Caranya? Salah satu yang paling disarankan adalah menggunakan bahan-bahan alami. Ini juga untuk meminimalisir penumpukan bahan kimia di dalamnya. Caranya? Banyak sekali, salah satunya adalah menggunakan jojoba oil untuk membuat sel-sel rambut tumbuh dengan lebih cepat.

Perhatikan hal-hal di atas supaya pertumbuhan rambut bisa maksimal ya. Jika dirasa tidak ada perubahan sama sekali, kamu bisa meminta bantuan profesional ya.

 

 

Sumber: Mind Body Green, Reader’s Digest

Comments

Loading...