OUR NETWORK
From Korea With Love Concert

Lakukan 5 Hal ini Sebagai Self Reward untuk Diri Sendiri

Self reward merupakan salah satu bentuk dalam menghargai diri sendiri atas kerja keras yang telah kita lakukan. Ini dilakukan biasanya untuk membangikitkan kembali motivasi dan semangat dalam mencapai tujuan kamu. Maka dari itu, untuk mengatasi kehampaan dalam mencapai suatu tujuan perlu dilakukan dengan memberikan penghargaan pada diri sendiri.

Namun, terkadang banyak orang yang berpikir bahwa penghargaan pada diri sendiri ini dirasa tidak begitu dibutuhkan. Bahkan tak jarang pula yang meras dengan memberikan penghargaan pada diri sendiri hanya akan membuang waktu dan uang secara sia-sia. Nah Ladies, yuk kita pahami mengapa kita harus memberikan penghargaan pada diri kita!

Mengapa self reward itu penting?

self reward itu penting
Sumber: istockphoto.com

Ada kalanya kita akan merasa lelah, bosan, ataupun stres di tengah proses untuk mencapai sesuatu. Bahkan, kita merasa seperti terjebak dan hampa dalam menjalani rutinitas sehari-hari kita. Maka dari itu, dengan melakukan self reward ini dapat membantu kita mengatasi masalah tersebut dan menmbangkitkan kembali motivasi kita dalam mencapai sesuatu loh Ladies.

Baca juga: Tips Mudah untuk Generasi Milenial Supaya Jauh dari Stres

Ini sama seperti yang dikatakan oleh Gretchen Rubin dalam buku terlarisnya, Better Than Before. Dalam buku tersebut Rubin menjelaskan, “Ketika kita memberi diri kita suguhan (penghargaan diri sendir), kita merasa berenergi, diperhatikan, dan puas, yang meningkatkan penguasaan diri kita dan penguasaan diri membantu kita mempertahankan kebiasaan sehat kita.”

Itulah mengapa memberi penghargaan pada diri sendiri ini dianggap penting. Selain itu, ada 3 alasan sederhana mengapa penting untuk menghargai diri sendiri atas usaha kamu, yaitu hadiah membuat kamu merasa lebih baik untuk kembali mencapai sesuatu, berfungsi sebagai penguatan positif, dan yang terakhir karena kamu pantas mendapatkannya.

Diri kamu butuh penghargaan akan hasil kerja keras yang selama ini telah kamu jalani. Sehingga, jangan pernah merasa bahwa kamu tidak pantas mendapatkannya ya Ladies. Karena dengan memberikan penghargaan pada diri sendiri ini juga dapat mengatasi masalah kesehatan mental.

Cara memberikan self reward pada diri sendiri

Dalam memberikan penghargaan pada diri kita sendiri, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Sehingga, kamu bisa merasa lepas dari perasaan hampa, stres dan sebagainya. Cara-cara dibawah ini juga dapat menghindari dampak dari keburukan dari self reward, yaitu:

1. Pergi ke tempat yang membuat kamu tenang

Lakukan 5 Hal ini Sebagai Self Reward untuk Diri Sendiri
Sumber: pexels.com

Dalam memberikan penghargaan pada diri sendiri, kamu tidak perlu membuang-buang uang untuk sesuatu yang sangat mahal. Karena untuk memberikan menghadiahi diri kita sendiri hanya dengan berpergian ke tempat yang bisa membuat diri kita tenang adalah salah satu cara yang dapat dilakukan. Seperti, menikmati alam yang sangat bagus untuk kesehatan mental dan emosional kamu, pergi berjalan-jalan, atau bahkan menyirami tanaman.

2. Menikmati makanan favorit kamu

Rayakanlah kerja kerasmu kali ini dengan menikmati makanan favorit kamu. Ini akan membangkitkan perasaan bahagia dalam diri kamu. Namun, perlu diingat bahwa jangan berlebihan dalam memakannya ya Ladies. Karena salah satu hal buruk dari memberikan penghargaan diri sendiri ini adalah terkadang kita “kalap” dengan memberikan hadiah secara berlebihan pada diri kita sendiri.

3. Istirahat dan meditasi

Dalam memberikan penghargaan pada diri kita, cara paling sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan beristirahat. Kamu bisa mempertimbangkan untuk tidur siang yang dapat mengembalikan energi kamu. 

Selain itu, meluangkan waktu sejenak untuk meditasi bisa menjadi cara yang bagus untuk mengisi ulang dan mengatur ulang energi kamu. Bahkan, hanya dengan melakukan lima menit meditasi sudah dapat membuat perbedaan dalam membangkitkan energi diri kamu loh Ladies.

4. Lakukan hal yang kamu sukai

Dalam memberikan self reward pada diri kita, dengan melakukan berbagai hal yang kamu sukai dapat mengistirahatkan sejenak semua pikiran yang membuat kamu stres. Kamu dapat menonton acara favoritmu, berolahraga, baca buku, dan sebagainya.

5. Habiskan waktu bersama orang terkasih

Self reward menghabiskan waktu bersama pasangan
Sumber: istockphoto.com

Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan menghabiskan waktu bersama orang terkasih kamu, seperti keluarga, sahabat, dan kekasih. Hal ini dapat membuat diri kamu melupakan sejenak hal-hal yang dapat memicu stres. Ini adalah salah satu cara yang juga minim biaya dalam memberikan diri penghargaan pada diri kamu.

Nah, memberikan self reward pada diri kita itu penting ya Ladies. Kamu akan menjadi lebih semangat dan termotivasi kembali saat mencapai sesuatu. Beberapa cara di atas dapat kamu lakukan sebagai bentuk untuk lebih mencintai dan menghargai diri sendiri.

 

Sumber: wellandgood, stunningmotivation

Must Read

Related Articles