OUR NETWORK

Tips Mudah untuk Generasi Milenial Supaya Jauh dari Stres

Tips Mudah untuk Generasi Milenial Supaya Jauh dari Stres
Foto: zippollusa.com

Saat ini, sosial media, dunia kerja dan lain-lain didominasi oleh generasi milenial. Persaingan datang dari lini apa saja, karena itulah stres bisa melanda kapan saja. Berbicara bukti, sekarang ini depresi di kalangan gerenasi milenial meningkat. Banyak kalangan muda yang sudah mulai kehilangan rambutnya di usia yang cukup muda karena stres, mudahnya terserang penyakit, dan lain-lain. Bisa dibilang, mental generai milenial sekarang itu sedang menderita. Stres merupakan salah satu dampaknya. Untuk membuatmu jauh-jauh dari stres, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Apa sajakah itu?

Kekuatan Mengatakan ‘Tidak’

Tips Mudah untuk Generasi Milenial Supaya Jauh dari Stres
Foto: entitymag.com

Sebagai manusia yang hidup dalam budaya Timur, kita memang seringkali susah mengatakan ‘tidak’. Penolakan harus disertai dengan alasan yang panjang ataupun pengalihan. Dan ini seringkali yang membuat kita tertekan, diakui atau tidak. Tidak enakan akan membuat kita tambah stres nantinya. Maka dari itulah, mulai sekarang ini berusahalah untuk mengatakan ‘tidak’ jika memang benar-benar tidak sedang dalam kondisi bisa membantu. Baik itu dalam pekerjaan ataupun hubungan, kata ‘tidak’ bisa melegakanmu. Tak perlu merasa bersalah berkepanjangan jika menurutmu itu memang yang tepat untuk dilakukan.

Membuat Buku Harian

Tips Mudah untuk Generasi Milenial Supaya Jauh dari Stres
Foto: writingcooperative.com

Menulis buku harian memang old school banget ya. Namun, percaya atau tidak, cara ini bisa menjauhkanmu dari yang namanya stres, kecemasan, dan juga depresi. Malahan, membuat jurnal harian ini akan meningkatkan mood. Kamu akan lebih tahu prioritas, masalah, dan bahkan penyelesaiannya. Dengan menuliskan jurnal setiap hari, kamu akan dengan mudah melihat apa yang terjadi, bisa jadi dilihat penyebabnya. Jika penyebabnya sudah ditemukan, akan lebih mudah untuk ditangani. Cara lama namun masih cukup bisa diandalkan.

Melakukan Yoga di Dalam Ruangan

Tips Mudah untuk Generasi Milenial Supaya Jauh dari Stres
Foto: healthista.com

Kamu mungkin sudah mendengar banyak manfaat dari yoga. Salah satunya mengurangi yang namanya stres. Melakukan yoga dalam ruangan di bawah 10 menit secara rutin, bisa mengurangi gejala depresi. Tak perlu gerakan yang sulit, kamu bisa melakukan gerakan dasar yang mudah terlebih dahulu. Bisa meningkatkan konsentrasi juga selama seharian penuh.

Membuat Daftar Penghargaan Diri Sendiri

Tips Mudah untuk Generasi Milenial Supaya Jauh dari Stres
Foto: theamaingoffice.com

Ini penting namun seringkali kita lupakan, membuat daftar penghargaan diri. Kerap kali kita merutuki nasib dan menghujat diri dengan kegagalan-kegagalan yang terjadi. Jika hal ini terus kamu lakukan akan membuatmu makin terpuruk. Untuk menghargai diri sendiri dan membangun kepercayaan diri, sebelum tidur tulislah setidaknya 10 hal baik yang terjadi dalam seharian. Dan saat kamu nantinya merasa buruk, sedang nge-down banget, bisa merefleksikan diri dan bisa membuat mood kembali.

Namun, waspada kalau stres kamu berlanjut dan kamu terus-terusan mengalami mood swing. Dikhawatirkan, kamu sudah mengalami yang namanya depresi.

Baca juga:

Bad Mood VS Depresi: Kenali Tanda dan Bedanya!

12 Tipe Depresi yang Perlu Kamu Ketahui

Tanda Kalau Kamu Mulai Stress

Hidup memang penuh dengan hal-hal tak terduga, jadi apapun yang terjadi tetap percaya bahwa semua akan baik-baik saja. Supaya hidupmu dilingkupi dengan rasa syukur dan bisa menatap masa depan lebih cemerlang.

Sumber: healthline

Comments

Loading...