OUR NETWORK

5 Cara Seru Menggunakan Pigmen Makeup

5 Cara Seru Menggunakan Pigmen Makeup

Di antara produk makeup lainnya, pigments mungkin tidak sepopuler eyeshadow, eyeglitter, atau bahkan highlighter padat. Padahal, pigmen adalah produk serbabisa yang dapat digunakan di banyak area tubuh, termasuk bibir! Dengan pigmen pun, Ladies dapat menyelaraskan eyeshadow, highlighter, dan lipstik dengan satu produk saja. Wow! Penasaran kan dengan cara kerja si pigmen ini. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasannya di bawah ini.

Apa itu pigmen?

Pigmen adalah bubuk halus dan lembut yang merupakan bahan utama dalam eyeshadow. Perbedaannya, pigmen tidak mengandung pengikat yang membuat eyeshadow dapat dipadatkan di dalam pan. Pigmen umumnya memiliki warna yang lebih pekat daripada eyeshadow karena pengikat dalam eyeshadow biasanya akan mengurangi warna pigmen. Pigmen biasanya memiliki hasil akhir shimmery atau glittery, tetapi bisa juga matte.

5 Cara Menggunakan Pigmen

1. Mata

5 Cara Seru Menggunakan Pigmen Makeup
Foto: youtube.com

Apabila Ladies tidak memiliki banyak waktu untuk dandan tetapi ingin tampil glamour, tambahkan saja pigmen di bagian lower lid. Untuk hasil yang rapi, Ladies bisa menggunakan kuas yang flat dan kaku. Jangan lupa, sebelum mengaplikasikan ke mata, ketuk kuas terlebih dahulu agar tidak overdosis. Untuk penggunaan di kelopak mata, Ladies bisa menggunakan brush yang lebih fluffy agar warna pigmen lebih merata. Selain itu, Ladies bisa juga menggunakan pigmen berwarna terang di inner corner mata atau di area brow bone.

Baca juga: Rekomendasi Cream Eyeshadow yang Super Awet

Rekomendasi Cream Eyeshadow yang Super Awet

2. Pipi

5 Cara Seru Menggunakan Pigmen Makeup
Foto: styletone.com

Pigmen adalah produk serbaguna yang luar biasa. Selain untuk mewarnai mata, pigmen pun akan terlihat super kece di tulang pipi sebagai highlight. Ladies penggemar highlight yang blinding dan pigmented? Pigmen jawabannya! Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan cheek highlighter brush sebagai alat bantu, ambil pigmen seperlunya (don’t forget to tap off the excess, Ladies!), kemudian sapukan ke area tulang pipi. Pastikan Ladies memilih pigmen dengan warna yang terang yang dapat memperindah kompleksi dan warna kulitmu!

3. Bibir

5 Cara Seru Menggunakan Pigmen Makeup
Foto: pinterest.com

Yup, ternyata pigmen bisa banget loh digunakan di bibir. Pigmen dapat dicampurkan dengan lip gloss untuk membuat DIY pewarna bibir. Caranya, ambil sedikit lip gloss transparan ke bagian punggung tangan atau alas apapun, kemudian dengan menggunakan kuas, campurkan warna pigmen favoritmu hingga lip gloss memiliki konsistensi seperti pasta. Aplikasikan pasta pigmen tersebut dengan menggunakan kuas bibir, jangan menggunakan aplikator lip gloss karena akan memengaruhi warna lip gloss. Pigmen pun dapat ditambahkan dengan lipstik untuk mempermuda atau menggelapkan warna lipstik, mengubah undertone, atau memberikan efek shimmer. Mix and match-kan sesukamu, Ladies!

4. Eyeliner

5 Cara Seru Menggunakan Pigmen Makeup
Foto: swatchandreview.com

Meskipun berbentuk bubuk halus, ternyata pigmen dapat digunakan sebagai liquid eyeliner. Untuk membuat eyeliner dari pigmen, Ladies harus mem-foil-nya terlebih dahulu. Ladies bisa menggunakan setting spray ataupun obat tetes mata untuk melakukan langkah ini. Caranya mudah saja, tuangkan pigmen ke atas alas (Ladies bisa menggunakan punggung tangan, kaca, piring, atau apapun yang memiliki permukaan rata), kemudian tambahkan 1-2 tetes obat mata, atau langsung menyemprotkan setting spray pada kuas eyeliner hingga pigmen menempel pada kuas. Selanjutnya, gunakan pigmen tersebut seperti eyeliner.

Baca juga: 7 Model Eyeliner Sesuai Bentuk Mata

7 Model Eyeliner Sesuai Bentuk Mata

5. Rambut dan kuku

5 Cara Seru Menggunakan Pigmen Makeup
Foto: glaminati.com

Pigmen bahkan bisa digunakan pada rambut dan kuku juga loh Ladies. Benar-benar serba bisa ya! Biasanya sih penampilan ekstra ini hanya diaplikasikan untuk acara spesial ya, seperti festival, tahun baru, atau mungkin prom night. Untuk penggunaan di rambut, gunakan kuas untuk menambahkan sedikit pigmen pada produk rambut apapun dengan konsistensi yang cair. Semakin cair konsistensi produk rambut yang digunakan, maka semakin mudah pula pigmen tercampur dengan merata. Untuk penggunaan di kuku, Ladies bisa langsung menaburkan pigmen ke permukaan cat kuku yang masih basah, atau tambahkan ke cat kuku bening untuk memiliki warna cat kuku personal.

Nah, itu dia lima cara seru menggunakan pigmen makeup. Jangan berkecil hati kalau percobaan pertama atau keduamu gagal ya, Ladies. Ingat pepatah practice makes perfect. Teruslah mencoba dan berkreasi selayaknya seorang seniman! Siap untuk mencoba?

Sumber: MakeupGeek, Foto cover: rosyness.com

Comments

Loading...