OUR NETWORK

5 Cara Mudah Beauty Addict Kurangi Penggunaan Plastik

5 Cara Mudah Beauty Addict Kurangi Penggunaan Plastik

Plastik menjadi salah satu masalah yang cukup serius di berbagai belahan dunia, tak terkecuali dengan Indonesia. “Dan industri kecantikan merupakan salah satu penyumbang utama polusi ini,” kata Cait Bagby, pendiri dari World Threads Traveler, sebuah media online yang membantu konsumen untuk membeli produk fashion dan kecantikan. Sebuah kenyataan yang cukup mencengangkan ya, Ladies? Kayaknya udah saatnya kita mencari cara alternatif untuk kurangi penggunaan plastik.

Tampil cantik sih boleh-boleh saja ya, tapi ya jangan lupa juga buat peduli sama lingkungan. Kira-kira bagaimana cara kita para beauty addict untuk bisa berkontribusi ikut dalam mengurangi penggunaan plastik yang jumlahnya kian hari kian meningkat ini ya? Tak perlu khawatir, inilah 5 tips mudah untuk sedikit mengurangi produksi sampah plastik, keep scrolling ya.

1. Pilih Produk Tanpa Kemasan atau Package Free

5 Cara Mudah Beauty Addict Kurangi Penggunaan Plastik
Foto: byrdie.com

Apa ada produk kosmetik atau kecantikan yang package free? Jawabannya… tentu ada. Salah satu brand ternama yang menyediakan produknya yang tanpa kemasan sebut saja Lush, terutama untuk beauty items seperti halnya sampo dan juga sabun. Tidak hanya Lush saja, Bagby menyebutkan banyak juga brand lainnya yang menawarkan sabun tanpa kemasan. Selain itu juga bisa beralih pada penggunaan pisau cukur yang bisa beberapa kali pakai, pemanfaatan menstrual cups atau juga kain khusus untuk menstruasi.

2. Lebih Memilih Kemasan Kaca

5 Cara Mudah Beauty Addict Kurangi Penggunaan Plastik
Foto: webpackaging.com

Jika memiliki kemasan dari kaca, bisa didaur ulang, reuse, atau akan bisa pecah seiring berjalannya waktu. Banyak juga kok brand ternama dunia yang memilih kaca sebagai kemasannya. Sebut saja Tata Harper, Pangea Organics, Grown Alchemist, Tammy Fender, dan juga S.W. Basics. Bisanya sih Ladies, selain lebih worth it karena bisa digunakan untuk wadah lain, kemasan dari kaca ini memiliki bentuk yang kece-kece.

3. Beli Produk Refill

Buat Ladies yang sudah memiliki kemasan produk tertentu, untuk pembelian selanjutnya bisa mengambil yang versi refill. Banyak juga kan produk refill yang ditawarkan oleh brand kecantikan. Selain lebih aman di lingkungan, produk refill biasanya juga lebih murah. Jadi, bisa berkontribusi terhadap lingkungan sekaligus menghemat pengeluaran.

4. Beralih ke Produk dengan Kemasan dari Bahan Biodegradable

5 Cara Mudah Beauty Addict Kurangi Penggunaan Plastik
Foto: straight.com

Hal yang tak kalah penting lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan lingkungan dari plastik adalah dengan beralih ke produk-produk yang memiliki kemasan dari bahan biodegradable. Sebut saja dari bahan bambu, kayu ataupun juga kardus bisa juga untuk dipilih. bahan-bahan yang sudah disebutkan sebelumnya akan terkikis oleh waktu.

5. Bisa Pertimbangkan untuk Memilih Plantable Packaging

5 Cara Mudah Beauty Addict Kurangi Penggunaan Plastik
Foto: botanicalpaperworks.com

Di Indonesia memang belum. Di luar negeri pun masih termasuk jarang. Kemasan plantable packaging ini terbuat dari bahan kertas yang di dalamnya terdapat biji yang bisa ditanam. Bisa biji sayuran, bunga ataupun juga tumbuhan. Contoh brand yang tengah mengembangkan konsep ini adalah Elate Cosmetics dari Kanada yang bisa dibilang benar-benar mengedepankan konsep ramah terhadap lingkungan.

Tuh kan Ladies, banyak cara mudah yang bisa kita lakukan untuk turut berkontribusi menjaga lingkungan. Cantik itu harus, tapi peduli dengan lingkungan adalah sesuatu yang sangat bijak untuk dilakukan.

Sumber: Byrdie, Foto cover: byrdie.com

Comments

Loading...