test
OUR NETWORK

2 Hal yang Diyakini sebagai Penyebab Utama Kulit Keriput dan Kendur, Hindari Sekarang Juga! 

Jika Ladies memperhatikan di wajahmu muncul lebih banyak tanda penuaan dini (seperti kerutan atau garis halus) daripada biasanya, dokter kulit menegaskan bahwa ada dua faktor penting untuk dipertimbangkan yang dapat berkontribusi terhadap hal ini, selain penuaan alami. Mereka ada hubungannya dengan hidrasi (atau kekurangannya!) dalam pola makan dan rutinitas perawatan kulitmu, Ladies.

Apakah itu?

Simak ulasan dari Dr. Simran Sethi, MD, pendiri RenewMD dan kulit oleh Dr. Simran Sethi, dan Dr. Angela Casey, MD, dokter kulit bersertifikat dan pendiri lini perawatan kulit remaja, Bright Girl.

2 Kesalahan Umum yang Menyebabkan Kulit Keriput dan Kendur Lebih Cepat

1. Asupan makanan yang tidak sehat

2 Hal yang Diyakini sebagai Penyebab Utama Kulit Keriput dan Kendur, Hindari Sekarang Juga! 
Foto: freepik

Apakah Ladies menyukai biskuit kemasan, keripik kentang, atau kentang goreng beku? Meskipun lezat, banyak dari jenis makanan ringan ini memiliki kandungan garam super tinggi yang menurut Sethi tidak akan membantu menghidrasi kulit. Kondisi ini selanjutnya akan menyebabkan kerutan lebih cepat bersamaan dengan retak dan terkelupas. 

“Karena tekanan osmotik, garam menarik air keluar dari sel, termasuk sel kulit, menyebabkan kulit kering,” jelas Sethi.

Alih-alih garam, Dokter Sethi menyarankan pasiennya untuk mencoba membumbui makanan dengan lemon, lada hitam atau merah dan bumbu kering. Sethi menambahkan bahwa seiring waktu, tubuh akan berhenti menginginkan kadar garam yang lebih tinggi sambil tetap terhidrasi.

Selain itu, jika Ladies banyak mengonsumsi makanan olahan yang manis, kebiasaan ini juga dapat menyebabkan kerutan lebih cepat. Sepertinya, kata Sethi, makanan manis favoritmu adalah yang paling mengeringkan kulit, terutama jika dimakan berlebihan.

Gula tamabahan sering kali berasal dari tebu, bit gula, dan jagung (yang semuanya diproses secara besar-besaran untuk mengisolasi gula). Ladies mungkin mengetahuinya dengan nama lain, seperti sukrosa, glukosa, dan sirup jagung fruktosa tinggi.

Kelebihan konsumsi gula rafinasi, kata Sethi, menyebabkan kerusakan intrinsik pada protein kolagen dan elastin di kulit melalui pembentukan Advanced Glycation End Products (AGEs). “Ini mengurangi integritas dan elastisitas kulit, membuatnya rentan terhadap dehidrasi dan kerutan,” katanya.

2. Tidak memakai sunscreen setiap hari

2 Hal yang Diyakini sebagai Penyebab Utama Kulit Keriput dan Kendur, Hindari Sekarang Juga! 
Foto: freepik

Pada usia berapa pun, melindungi kulitmu dari sinar matahari yang berbahaya sangatlah penting, terutama jika Ladies ingin mencegah kulit kendur atau mendorong elastisitasnya. 

“Obat terbaik untuk kolagen kulit Anda adalah pencegahan, yaitu tabir surya,” kata Casey. “Broad spectrum sunscreen (melindungi dari sinar UVA dan UVB) dengan SPF 30 atau lebih tinggi mencegah sinar UV matahari menembus ke dalam kulit Anda dan menyebabkan kerusakan kolagen dan serat elastis.”

Kolagen adalah sejenis protein dan merupakan protein struktural paling melimpah pada hewan, ia menjelaskan, “Kolagen bertindak sebagai perancah dan penyangga di dalam kulit Anda; ketika kolagen itu kuat, kulit Anda akan tampak halus, cerah, dan sehat.”

Jika Ladies tidak mengoleskan tabir surya ke wajah setiap hari setelah membersihkan wajah, Casey mencatat, ini dapat membuatmu rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari, yang berarti lebih banyak bintik hitam, kulit kendur, dan garis-garis halus. “Tabir surya tidak bisa ditawar,” dia menekankan. Ia merekomendasikan tabir surya SPF 30 atau lebih tinggi dengan perlindungan UVA/UVB spektrum luas.

Pencegahan, tambahnya, adalah benar-benar obat terbaik untuk kesehatan kulit kamu, Ladies.

Selamat mencoba, Ladies!

 

Sumber: shefinds.com

Must Read

Related Articles