OUR NETWORK

10 Cara untuk Mengontrol Penyakit Tekanan Darah Tinggi

10 Cara untuk Mengontrol Penyakit Tekanan Darah Tinggi
Foto: pexels.com

Penyakit darah tinggi sudah bukan penyakit orang tua saja nih, Ladies. Mereka yang terbilang masih muda, berumur 20-30an juga dapat mengalami penyakit tersebut lho. Eits, jangan panik, bagi kamu yang terdiagnosa mengalami tekanan darah tinggi, beberapa hal ini bisa kamu lakukan untuk mengontrol tekanan darah kamu.

Baca juga: Hati-hati! Tekanan Darah Tinggi Sudah Banyak Menjangkit Anak-anak dan Remaja

1. Olahraga secara teratur

Lakukan olahraga rutin seperti lari 150 menit per minggu. Ingat, harus rutin ya, Ladies. Jika kamu berhenti tiba-tiba, kemungkinan tekanan darahmu akan naik kembali. Lakukan olahraga aerobik seperti berjalan kaki, jogging, berenang, atau pun menari seperti zumba.

2. Turunkan berat badan

Banyak kasus di mana kenaikan berat badan berpengaruh pada peningkatan tekanan darah. Berat badan berlebih juga menyebabkan gangguan pernapasan saat tidur (apnea).

Secara umum, seorang pria dengan ukuran pinggang di atas 102 cm dan wanita di atas 89 cm memiliki resiko tekanan darah tinggi lebih besar dari yang tidak. Selain itu kamu juga menurunkan tekanan darah sebesar 1 mm Hg setiap penurunan 1 kg berat badan. Tapi jangan terlalu kurus juga ya, Ladies. Pastikan berat kamu masih dalam batas BMI normal (20 – 22).

3. Pola makan yang sehat

Mulailah untuk diet dengan tinggi serat, buah, dan sayur serta kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Tipsnya, kamu bisa mencoba berbagai hal ini.

  • Buat buku diary tentang makanan yang dimakan
  • Tingkatkan konsumsi potassium yang bersumber dari sayuran hijau
  • Belanja bahan makananmu dengan cermat
10 Cara untuk Mengontrol Penyakit Tekanan Darah Tinggi
Foto: pexels.com

4. Turunkan konsumsi sodium

Batasan konsumsi sodium per hari yaitu 2.300 mg. Namun batasan ideal untuk orang dewasa yaitu 1.500 mg per hari. Sebagai perbandingan, 1 sendok teh garam sama dengan 2.300 mg sodium lho, Ladies.

5. Batasi konsumsi alkohol dan kafein

Jika kamu mengonsumsi kedua hal tersebut, mulai dikurangi ya, Ladies. Satu cangkir alkohol dapat menurunkan sedikit tekanan darah, tapi konsumsi berlebihan akan memberi efek sebaliknya. Kafein juga terbukti meningkatkan tekanan darah. Jadi, kamu sudah harus mengetahui batasnya ya, Ladies.

6. Berhenti merokok

Ada segudang penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. Demi kesehatanmu, sebaiknya kamu berhenti merokok ya, Ladies. Nggak bisa langsung benar-benar berhenti? Ya nggak masalah, Ladies. Bertahap aja…

7. Turunkan tingkat stres

Stress memang menjadi pemicu berbagai penyakit, salah satunya darah tinggi. Lakukan kegiatan relaksasi favoritmu seperti membaca buku atau meditasi di rumah ketika kamu tengah stres.

8. Cek tekanan darah secara berkala di rumah dan lakukan kunjungan dokter secara teratur

Check up itu penting, Ladies. Lebih baik mencegah daripada terkena serangan darah tinggi mendadak. Sekarang sudah banyak dijual alat pengukur tekanan darah yang bisa dipakai di rumah. Jangan lupa juga untuk mengecek ke dokter ya.

10 Cara untuk Mengontrol Penyakit Tekanan Darah Tinggi
Foto: pexels.com

9. Mintalah dukungan orang-orang tercinta

Dukungan keluarga dan sahabat akan sangat membantu dirimu dalam usaha kamu mengatur tekanan darah. Mereka dapat mengingatkan kamu untuk mengonsumsi makanan yang baik dan menemani kamu saat check up ke dokter. Jika perlu, kamu juga bisa ikut support group sesama penderita tekanan darah tinggi, untuk sama-sama saling mengingatkan dan memberi dukungan.

Baca juga: Kampanye CERAMAH: Cek Tekanan Darah di Rumah

Nah, itu tadi beberapa cara untuk mengontrol penyakit tekanan darah tinggi, Ladies. Walaupun mungkin tidak bisa kembali ke tekanan normal lagi, setidaknya kamu bisa mengontrolnya dengan cara-cara tadi ya.

 

Sumber: mayoclinic

Comments

Loading...