OUR NETWORK

Hati-hati! Tekanan Darah Tinggi Sudah Banyak Menjangkit Anak-anak dan Remaja

Hati-hati! Tekanan Darah Tinggi Sudah Banyak Menjangkit Anak-anak dan Remaja

Hipertensi atau gangguan darah tinggi sekarang ini sudah bukan milik kaum dewasa dan orang tua saja. Faktanya, banyak generasi muda dan anak-anak yang didiagnosis penyakit satu ini. Berdasarkan data dari American Academy of Pediatrics, sekitar 3,5% anak-anak dan remaja memiliki kondisi tekanan darah tinggi yang seringkali tidak diketahui. Dan biasanya, anak dengan kelebihan berat badan atau obesitas yang terserang. Bahkan, juga terjadi pada mereka yang memiliki berat badan normal.

Baca juga: Kampanye CERAMAH: Cek Tekanan Darah di Rumah

Ternyata, munculnya darah tinggi ini tidak serta merta datangnya. Banyak faktor yang menjadi pemicu munculnya darah tinggi. Berikut ini beberapa penyebab munculnya darah tinggi. Perlu kita ketahui sama-sama nih, Ladies. Supaya bisa melakukan pencegahan!

Pola Makan yang Buruk

Hati-hati! Tekanan Darah Tinggi Sudah Banyak Menjangkit Anak-anak dan Remaja
Foto: healthline.com

Pola makan memang sangat memengaruhi kondisi kesehatan tubuh Ladies. Misalnya saja kamu sering mengonsumsi kuliner yang berlemak dan mengandung banyak sekali garam. Misalnya saja kuliner-kuliner yang tidak sehat seperti halnya junkfood, jeroan, dan ragam makanan berminyak. Emang enak banget sih ya makan soto yang isinya jeroan, pakai nasi hangat. Jangan keseringan, Ladies. Tanpa kamu sadari, makanan-makanan itu akan membuat tekanan darahmu meningkat. Apalagi jika tidak diimbangi dengan olahraga atau minum air cukup.

Kebiasaan Merokok di Usia Muda

Selain pola makan yang buruk, kebiasaan lain yang memicu timbulnya darah tinggi adalah merokok di usia yang masih sangat belia. Nikotin yang berada di dalam rokok bisa menghambat pasokan darah bersih ke otak. Dan nikotin ini bisa mencemari darah dan menghambat kinerja jantung. Bisa juga melukai dinding pembuluh darah. Duh, ngeri banget yah.

Malas Melakukan Aktivitas Fisik

Hati-hati! Tekanan Darah Tinggi Sudah Banyak Menjangkit Anak-anak dan Remaja
Foto: popsugar.com

Hal lain yang menjadi pemicu munculnya tekanan darah tinggi adalah malas melakukan aktivitas fisik. Racun-racun yang seharusnya dikeluarkan lewat keringat tertahan di dalam tubuh lantaran tidak melakukan banyak aktivitas fisik. Tidak hanya itu, karena malas berolahraga saraf tubuh akan menyempit dan pasokan darah baru menjadi kekurangan pasokan oksigen. Bisa-bisa jika begini terus tekanan darah akan meningkat dengan hebat.

Faktor Genetika

Ini yang paling sering memicu adanya tekanan darah tinggi di usia muda. Salah satu orang tua ataupun juga keduanya merupakan penderita hipertensi yang sudah ataupun belum sembuh. Anak yang memiliki orang tua dengan tekanan darah tinggi sangat berpotensi diturunkan penyakitnya. Jadi, jika orang tuamu memiliki riwayat darah tinggi, waspada saja hindari makanan-makan pemicunya.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh Gejala Hipotensi

Itulah beberapa hal yang jadi pemicu munculnya tekanan darah tinggi di usia yang masih belia. Jadi, jika tidak ingin terkena, lakukan olahraga rutin dan jangan malas untuk menerapkan pola hidup yang sehat ya, Ladies.

 

Sumber: Halo Sehat, Detik, Foto cover: healthline.com

Comments

Loading...