OUR NETWORK

Susah Fokus dan Mudah Terdistraksi? Begini Atasinya!

Susah fokus dan mudah terdistraksi saat melakukan sesuatu membuat pekerjaan kita jadi lama selesai. Gangguan pasti terjadi dimanapun yang dapat menghalangi tingkat produktivitas kita. Bahkan, gangguan-gangguan tersebut dapat menambah beban seperti stres pada diri kita. Untuk itu kita membutuhkan beberapa teknik dalam menangani semua gangguan tersebut.

Kesulitan untuk fokus biasanya dialami dari waktu ke waktu. Banyak hal yang dapat mempengaruhi tingkat konsentrasi kita seperti kebiasaan sehari-hari. Oleh karena itu, apabila kamu merupakan orang yang mudah terdistraksi kamu dapat memahami bagaimana cara mengatasinya disini. Yuk simak!

Faktor yang membuat kita susah fokus

Cara untuk menghindari Susah fokus
Sumber: pexels.com

Banyak hal yang dapat mempengaruhi tingkat konsentrasi dan membuat kita mudah untuk terdistraksi. Apabila kita fokus terhadap sesuatu yang sedang dikerjakan akan berdampak besar dalam meningkatkan produktivitas kita. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan Anda terganggu di tempat kerja:

1. Tertekan

Ketika kamu melihat tumpukan tugas atau list jadwal yang harus kamu lakukan, biasanya membuat perasaan menjadi tertekan. Hal ini membuat kamu menjadi lebih stres dan menyebabkan penundaan. Stres dapat membuat kamu lebih mudah terganggu dengan memikirkan daftar tugas yang harus kamu selesaikan. Meningkatkan fokus dan berkonsentrasi pada tugas kamu saat ini dapat membantu mengurangi stres terkait pekerjaan.

2. Lingkungan kerja

Lingkungan kerja juga dapat berkontribusi pada kemampuan kita untuk fokus. Mencari tempat yang nyaman dan mendukung kamu untuk fous merupakan hal yang penting. Kamu harus mengetahui lingkungan seperti apa yang dapat mendukung kamu untuk tetap fokus. Sehingga, kamu pekerjaan kamu akan cepat terselesaikan.

3. Masalah manajemen waktu

Masalah manajemen waktu juga dapat membuat kamu susah fokus. Bagaimana cara kamu mengatur dan menyusun hari kerja kamu menentukan tingkat produktivitas saat itu. Kamu bisa membuat daftar tugas dan memprioritaskan tugas terpenting yang akan dikerjakan lebih dulu. Sehingga, kamu tidak mudah terdistraksi dan tetap fokus pada pekerjaan.

4. Multitasking

Melakukan tugas terlalu banyak atau multitasking dapat membuat kamu susah untuk fokus dan mudah terdistraksi. Maka dari itu, kamu bisa fokus terhadap satu pekerjaan terlebih dahulu agar kamu tidak mudah terdistraksi.

Selain itu, beberapa faktor lainnya seperti lapar, kurang tidur, kesehatan badan dan sebagainya juga membuat kita susah fokus dan mudah terdistraksi. Maka dari itu, kamu perlu menjaga kondisi kesehatan kamu agar tidak mengganggu fokus saat melakukan pekerjaan.

Baca juga: Menurut Penelitian, Kamu Tetap Bisa Fokus dengan Bantuan Kopi Tanpa Meminumnya

Cara mengatasi susah fokus dan tidak mudah terdistraksi

Gangguan buat Susah fokus
Sumber: pexels.com

Gangguan memiliki dampak yang besar terhadap tingkat fokus dan produktivitas kita. Dengan meningkatkan fokus, kamu dapat mengurangi stres dan mencegah pekerjaan yang menumpuk. Kamu dapat mencegah susah fokus dan mudah terdistraksi dengan begini caranya!

  1. Ingatlah apa visi dan tujuan kamu
  2. Atur jadwal pekerjaan kamu sebelum memulai
  3. Prioritaskan tugas
  4. Segera kerjakan dan tidak menundanya
  5. Pecahkan tugas-tugas besar
  6. Kendalikan gangguan internal kamu
  7. Hapus gangguan eksternal
  8. Komunikasikan dengan orang-orang di sekitar kamu untuk tidak mengganggu
  9. Tingkatkan disiplin dengan latihan fokus
  10. Setel pengatur waktu dan istirahatlah

Menjaga fokus kita dapat meningkatkan kualitas pekerjaan dan dapat membantu menyelesaikan tugas dengan lebih efisien, sehingga dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat. Kamu bisa menerapkan beberapa tips di atas untuk mencegah susah fokus dan mengatasi kebiasaan kamu untuk tidak mudah terdistraksi ya, Ladies.

 

Sumber: indeed, lifehack

Must Read

Related Articles