OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Gejala Kekurangan Vitamin A yang Bisa Dijadikan Alarm Bahaya

Gejala kekurangan vitamin A harus dijadikan perhatian khusus bagi siapa saja. Perlu diketahui kandungan tersebut mempunyai peran besar untuk tubuh karena, berpengaruh langsung terhadap indera penglihatan.

Kondisi kekurangan tersebut biasanya terjadi di negara berkembang. Hal ini memang patut menjadi kewaspadaan apalagi, dampak terbesarnya adalah kebutaan. Pasti kamu tidak ingin mengalaminya bukan?

Menurut ilmu kedokteran, vitamin A ini sendiri terdiri dari preformed, berupa retinol yang digunakan makanan nabati menjadi vitamin A sempurna. Biasanya ada di beberapa menu seperti sayuran dan buah.

Selanjutnya, provitamin A di mana beberapa kandungan makanan sudah ada didalamnya. Perlu diketahui kondisi kekurangan tersebut biasanya terjadi pada ibu hamil serta menyusui, anak, hingga bayi.

Gejala kekurangan vitamin A yang perlu diketahui

Gejala Kekurangan Vitamin A yang Bisa Dijadikan Alarm Bahaya
Sumber: kumparan.com

Menurut ilmu medis, ada beberapa gejala yang menjadi pertanda bahwa kamu perlu konsumsi beberapa makanan agar kadarnya semakin meningkat. Contohnya kondisi kulit menjadi kering, hal ini dapat dijadikan alarm bahaya pertama.

Jadi, kandungan ini sebenarnya mempunyai peran penting yaitu memperbaiki sel kulit sehingga mampu melawan peradangan. Keadaan tersebut menghindarkan kamu dari berbagai penyakit seperti eksim dan masih banyak lagi.

Ketika kondisi tersebut menyerang, misalnya saja terasa gatal sampai meradang. Kondisi ini menjadi pertanda bahwa kamu perlu konsumsi vitamin A. Hanya saja jangan dijadikan patokan, karena pertanda seperti ini satu sama lain bisa saja tidak sama.

Bukan hanya itu saja, masih ada beberapa hal yang perlu diketahui lebih lanjut lagi dan diwaspadai lebih agar keadaan kekurangan tersebut tidak berangsur semakin parah. Apa saja itu, coba simak di bawah ini.

Mata kering dan rabun senja

Gejala Kekurangan Vitamin A yang Bisa Dijadikan Alarm Bahaya
Sumber: klikdokter.com

Gejala kekurangan vitamin A berikutnya adalah mata kering. Kondisi ini ditandai dengan tidak mampu indera penglihatan dalam mengeluarkan produksi air mata. Jika dibiarkan begitu saja, bisa menimbulkan rasa kurang nyaman.

Perlu diketahui air mata sendiri merupakan pelumas agar kondisi area tersebut selalu lembab. Apalagi, kandungannya sendiri cukup kompleks yaitu ada minyak, lendir, garam, hingga protein. Jadi, kebutuhannya memang cukup penting.

Penurunan produksi tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu gejala kekurangan vitamin A. Oleh karena itu, segera lakukan antisipasi dengan melakukan pengobatan atau setidaknya minum suplemen.

Baca juga: Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Vitamin A

Selanjutnya adalah rabun senja, di mana menurut observasi terutama di negara berkembang. Peningkatannya setiap tahun selalu bertambah, karena konsumsi terhadap vitamin tersebut memang sangat kurang.

Bentuk pengobatannya sendiri sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu konsumsi baik buah, sayur dan suplemen agar keadaannya semakin membaik. Setidaknya, kondisi area penglihatan selalu lembab.

Infertilitas atau sulit mengandung

Gejala Kekurangan Vitamin A yang Bisa Dijadikan Alarm Bahaya
Sumber: halodoc.com

Poin berikutnya yang jadi pertanda adalah kesulitan mengandung, hal itu terjadi baik bagi pria atau wanita. Menurut penelitian pengaruh terbesarnya memang ada di kesehatan reproduksi bagaimana tingkat kesuburannya.

Selain itu, kekurangan vitamin A juga menjadi awal dari buruknya perkembangan bayi di dalam kandungan. Oleh karena itu, beberapa menu makanan yang disarankan pasti memiliki kadar yang cukup tinggi agar kebutuhan hariannya bisa tercapai.

Menurut penelitian ketika seseorang mengalami kekurangan kesuburan baik pria dan wanita, maka mereka membutuhkan antioksidan. Kondisi tersebut terjadi karena, tingkat stress oksidatifnya terlalu tinggi.

Bahkan beberapa study juga melaporkan, bahwa kekurangan ini akan menyebabkan wanita mengalami keguguran. Bahkan, ketika hal itu terjadi secara berulang bisa dipastikan bahwa, pemenuhan vitamin tersebut harus segera dilakukan.

Penyembuhan luka kurang maksimal

Gejala Kekurangan Vitamin A yang Bisa Dijadikan Alarm Bahaya
Sumber: timeindonesia.co.id

Salah satu penyebab utama mengapa penyembuhan luka tersebut kurang maksimal adalah kekurangan vitamin A. Kondisi ini terjadi karena, kandungan tersebut mampu mendorong pembentukan dari kolagen serta berbagai komponen lainnya.

Menurut hasil dari penelitian yang dilakukan ke tikus, perawatan menggunakan topikal ini memberikan dampak positif pada kulit. Salah satunya adalah mampu mempercepat penutupan luka terutama bagi yang terkena penyakit diabetes. Bahkan, saat diuji coba ke manusia hasilnya juga sama.

Gejala kekurangan vitamin A sebenarnya masih banyak lagi, seperti pertumbuhan jerawat juga bisa jadi salah satunya. Karena, peran kandungan tersebut cukup penting tidak ada salahnya mulai sekarang Anda memenuhi kebutuhan hariannya.

Must Read

Related Articles