OUR NETWORK

Menurut Penelitian, Kamu Tetap Bisa Fokus dengan Bantuan Kopi Tanpa Meminumnya

Menurut Penelitian, Kamu Tetap Bisa Fokus dengan Bantuan Kopi Tanpa Meminumnya
Foto: marketwatch.com

Nggak semua orang bisa mengonsumsi kopi. Buat kamu yang tidak bisa minum kopi, ada banyak efek yang bisa dirasakan. Mulai dari sakit perut sampai tidak bisa tidur. Tapi, tenang saja, Ladies, banyak orang merasakan hal yang sama. Kopi tidak seratus persen buruk. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar akan, kafein yang terdapat di dalam kopi bermanfaat juga untuk tubuh.

Dan tenang saja, sebuah penelitian terbaru menyebutkan jika kamu tetap bisa mendapatkan manfaat dari kopi, terutama  meningkatkan daya kerja otak, tanpa harus mengonsumsinya. Bagaimana bisa?

Baca juga: Viral Indomie Donat Goreng, Begini Resep Mudah Membuatnya

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Consciousness and Cognition, para peneliti menempatkan para pesertanya untuk berpikir tentang kopi dan melakukan brainstorming nama untuk merek kopi baru. Ternyata, hal tersebut cukup merangsang gairah fisiologis dalam tubuh dan bisa mengubah orang berpikir dan merasakan. Dan ini bisa memberikan tingkat fokus yang baik, tanpa harus mengonsumsinya.

Menurut Penelitian, Kamu Tetap Bisa Fokus dengan Bantuan Kopi Tanpa Meminumnya
Foto: pinchofyum.com

Secara lebih spesifiknya, para peneliti menemukan kopi membuat para partisipan bisa melihat segala sesuatu lebih jelas dan detail. Artinya, kopi membuat mereka berpikir lebih tajam.

Para peneliti berpikir hal tersebut ada hubungannya dengan fakta bahwa kebanyakan kita semua, terutama di Amerika, mengasosiasikan kopi identik dengan produktivitas and kewaspadaaan. Selain itu, para peneliti menemukan jika berpikir tentang kopi saja meningkatkan detak jantung peserta.

Baca juga: Harga-Harga Indomie di Berbagai Negara

Ternyata, ini bukan satu-satunya penelitian yang menyebutkan efek kopi bisa meningkatkan otak tanpa mengonsumsinya. Tahun yang lalu, penelitian lainnya menemukan jika aroma kopi sudah cukup meningkatkan keterampilan penalaran analitis. Mahasiswa sarjana yang terpapar aroma kopi memiliki nilai yang lebih tinggi saat harus menyelesaikan 10 soal Aljabar dibandingkan mereka yang tidak. Dan sebuah penelitian yang lebih tua, dari tahun 2008 lalu menyebutkan jika tikus yang kurang tidur dan hanya mencium aroma kopi bisa mengaktifkan gen di otak mereka yang bisa mengurangi stres karena kelelahan.

Terkait penelitian ini, para peneliti masih terus melakukan perkembangan dan mempelajari berbagai koneksi mengenai aroma kopi dan peningkatan konsentrasi. Nah, buat kamu yang tidak bisa mengonsumsi kopi, ada setitik cahaya cerah nih. Masih bisa mendapatkan manfaatnya hanya dengan mencium aromanya atau memikirkannya saja. Mau dicoba?

 

Sumber: mindbodygreen

Comments

Loading...