OUR NETWORK

Manfaat Alami Masker Alpukat dan Cara Pembuatannya di Rumah

Selain nikmat dinikmati sebagai jus atau dimakan langsung, alpukat termasuk buah yang memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan nutrisi pada buah alpukat dapat membantu melembabkan kulit yang kering serta menghaluskannya. Ladies sekarang dapat memanfaatkan buah ini untuk menjadi masker wajah. Kandungan alami yang banyak pada buah alpukat seperti vitamin (vitamin B6, C, E, K, beta karotin, potasium, zink selenium, lutein, dan folat), antioksidan, dan juga asam lemak yang sangat baik untuk kesehatan kulit ladies. Beberapa manfaat alami masker alpukat yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

1. Melembapkan kulit

Buah alpukat memiliki nutrisi alami yang dapat menjadi pelembab alami bagi kulit terutama pada kulit kering. Kandungan asam lemak Omega 9 dan vitamin C pada buah alpukat berfungsi untuk menjaga kelembaban epidermis sehingga kulit akan tetap halus dan kenyal. Selain itu, vitamin C pada buah alpukat akan memproduksi kolagen dan elastin agar kulit tetap elastis dan kencang. Lemak yang dihasilkan buah Alpukat sering dimanfaatkan sebagai bahan baku hand and body lotion, oil bath, hingga kondisioner pada rambut. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat wajah cerah bercahaya dan sehat.

2. Mencerahkan dan menghaluskan kulit

Selain melembapkan, kandungan minyak dalam buah alpukat dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel-sel baru untuk kulit lebih kencang, serta melancarkan peredaran darah untuk menghaluskan kulit wajah dan kandungan biotin dalam buah akan mencegah kekusaman pada kulit.

3. Menghilangkan bekas jerawat dan noda hitam

A post shared by Nitta Adinata (@nittaadinata) on

Buah alpukat memiliki kandungan enzim tinggi dengan vitamin C dan E. Kandungan ini dapat mengangkat kotoran penyebab timbulnya jerawat yang menyumbat pori-pori dan mengeluarkan racunnya dari dalam kulit, serta meregenerasi sel-sel kulit agar dan membuat kulit lebih bercahaya.

4. Mengurangi tanda-tanda penuaan dan kerutan

Kandungan antioksidan dan sterolins dalam buah alpukat dapat membantu mengeluarkan racun yang menumpuk di dalam tubuh akibat polusi, radiasi, dan pola hidup yang menyebabkan munculnya garis-garis halus kerutan dan tanda-tanda penuaan. Selain itu, kandungan kolagen dan mineralnya akan merawat elastisitas kulit Ladies sehingga akan tampak awet muda dan kencang.

5. Mengobati kerusakan kulit akibat radikal bebas dan sengatan sinar UV

Setelah beraktivitas seharian, Ladies tentu ingin meng-istirahatkan tubuh dan merawat kulit wajah yang telah terpapar sinar matahari dan polusi seharian, bukan? Jika ingin mencegah kerusakan kulit dari radikal bebas dan sinar UV sekaligus menyegarkan, maka masker Alpukat adalah solusinya. Kandungan vitamin E-nya menghasilkan antioksidan kuat yang akan menjaga kulit dari radiasi sinar matahari, polusi, dan radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan kulit Ladies.

Cara Pembuatan Masker Alpukat Sederhana di Rumah

Jika Ladies ingin mendapatkan khasiat dari masker alpukat ini, maka Ladies tidak perlu repot-repot untuk ke spa atau membelinya, karena Ladies dapat mencoba sendiri membuatnya di rumah dengan teknik sederhana dan lebih hemat. Berikut ini langkahnya.

Bahan:

  • Siapkan 1-2 buah alpukat yang sudah matang
  • Tambahkan 2 sendok makan madu, yogurt, susu, perasan jeruk nipis, putih telur atau irisan mentimun sesuai kebutuhan perawatan Ladies

Cara pembuatan dan perawatan:

  • Kerok daging alpukat dan masukkan dalam wadah.
  • Hancurkan secara manual atau menggunakan blender hingga daging alpukat menjadi halus.
  • Tambahkan bahan lain sesuai pilihan dan kondisi kulit. Seperti madu untuk merawat kelembutan dan kelembaban kulit, yoghurt atau susu untuk mencerahkan kulit, jeruk nipis untuk menghaluskan kulit, mentimun untuk mengatasi masalah kulit dan menyegarkannya, atau tomat yang berfungsi ampuh mengatasi jerawat.
  • Campur merata dengan olahan masker alpukat hingga mengental.
  • Bersihkan wajah dengan air hangat agar pori-pori kulit terbuka.
  • Oleskan hingga menyeluruh ke seluruh permukaan wajah dan diamkan selama 15-30 menit hingga mengeras.
  • Bilas dengan air hangat hingga tak ada bekas yang tersisa dan keringkan dengan handuk bersih.

Dengan langkah – langkah itu, Ladies dapat membuat sendiri masker alpukat yang diinginkan. Masker juga dapat disimpan di pendingin untuk pemakaian selanjutnya. Lakukan perawatan dengan rutin selama 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.

Foto cover: Pixabay

Must Read

Related Articles