Setelah mengetahui bentuk tubuhmu, pasti Ladies ingin tahu kan jenis pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh Ladies? Dengan memilih pakaian yang tepat, Ladies bukan hanya akan tampak lebih menarik, tetapi juga akan semakin percaya diri. Dijamin deh, Ladies tidak akan sibuk iri dengan bentuk tubuh orang lain karena sudah nyaman dengan bentuk tubuh sendiri.  

1. Lurus

Tips Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

What to Wear: Bentuk tubuh lurus sebetulnya dapat mengenakan pakaian jenis apapun, namun dress adalah jenis pakaian yang paling sesuai dengan bentuk tubuh ini. Dress bukan hanya akan mempercantik tubuh, tetapi juga membuat Ladies lebih elegan. Jangan ragu bermain dengan warna, potongan, dan jenis kain pakaian ya, Ladies. 😉

What not to wear: Hindari pakaian yang mempertegas bagian pinggang, kaku, dan shapeless.

2. Pir

Tips Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

What to wear: Jangan ragu untuk mengenakan pakaian cerah dengan potongan leher boat-neck. Ilusi dari kerah akan membuat bahu Ladies tampak lebih lebar. Ladies juga bisa bermain aksesoris seperti gelang dan kalung.

What not to wear: Tidak semua jenis potongan dan corak pakaian dapat Ladies kenakan. Hindari balloon dress, cigarette pants, dan rok ketat.

3. Apel

Tips Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

What to wear: Bentuk tubuh apel sangat cocok dengan pakaian berbahan kain yang lembut, dress model A-line, atasan yang panjangnya melebihi tulang pinggul, dan pakaian dengan detail kerut, kalung yang tidak lebih dan kurang panjangnya dari area dada, blazer dengan bagian bahu yang tegas, boot-cut jeans, flared bottom jeans, high heels, strappy sandals, wedges, dan bahkan platform shoes. Intinya, ada banyak pilihan bagi pemilik tubuh apel ini!

What not to wear: Meskipun ada banyak pilihan, namun ada beberapa jenis pakaian yang sebaiknya Ladies hindari, antara lain pakaian yang terlalu ketat, berbahan cukup kasar, shapeless, dan pakaian dengan detail di pinggang. Hindari juga pakaian dengan kerah turtle atau round, off-shoulder, boat necks, halter necks, jeggings, sepatu boots, kitten heels, kalung yang dekat ke area leher, dan sabuk lebar.

4. Sendok

Tips Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

 

What to wear: Pilihlah pakaian yang memiliki warna lebih terang di bagian atas tubuh tetapi lebih gelap di area tengah dan bawah tubuh, strapless, wide necks, atasan dengan detal di area dada, rok A-line, celana jenis boot cut, kalung dan anting chunky, jaket dengan area bahu yang tegas, dress yang tidak terlalu longgar, sepatu peep toes, flat shoes, dan ballerina shoes dengan pointed toes.

What not to wear: Celana jenis tapered (longgar di atas dan semakin menyempit di bagian bawah kaki), atasan dan dress yang terlalu longgar, narrow shoulder tops, rounded toes shoes, strappy sandals, dan kitten heels.

5. Jam pasir

 

Tips Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

What to wear: Lucky you! Pemilih jenis tubuh ini bisa mengenakan pakaian apa saja dari mulai flowy dresses, rok lipit, rok pensil, rok ¾, sepatu boots, strappy sandals, high heels, peep toes. Untuk aksesoris, Ladies bisa mengandalkan kalung yang jatuh hingga ke pusar.

What not to wear: Jauhi aksesoris yang mencolok dan baju yang terlalu longgar.

6. Oval

Tips Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

What To Wear: Kenakan pakaian dengan square neck, V-neck, atau U-neck. Untuk memberikan ilusi ramping di area tengah tubuh, Ladies bisa mengenakan atasan dengan motif vertical stripes, atasan jenis peplum dan tunik, jaket dengan kerah lebar, rok jenis fish cut atau flared, celana cargo dengan saku di sekitar pinggul. Ingin mengenakan aksesoris? Ladies bisa banget bereksperimen dengan anting panjang yang ramping, juga kalung yang jatuh hingga area belahan dada.

What not to wear: Hindari penggunaan celana tipe tapered, atasan longgar, pakaian dengan garis-garis lebar, ruffles, rok lipit, jaket longgar, kaus ketat, pakaian dengan kerah tinggi dan turtle neck, cardigans, kalung dan anting chunky, round toed shoes, heavy boots, dan flat shoes.

7. Berlian

 

Tips Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

What to wear: Jika Ladies memiliki bentuk tubuh jenis berlian, keseimbangan area lingkar dada dengan area lain adalah kunci. Ladies bisa memilih celana dan rok yang akan membuat Ladies tampak langsing. Selain itu, Ladies juga bisa mengenakan atasan dan dress yang cocok dipadukan dengan sabuk, flowy cuff sleeve tops yang jatuh hingga area bokong, fluttered sleeves, celana berwarna gelap, rok potongan A-line atau lurus, jaket dengan area bahu yang tegas, sabuk lebar, kalung dan anting chunky, medium high heels, dan wedges.

What not to wear: Rok pensil, celana tapered, pakaian bercorak lebar dan besar, atasan yang mencolok, pola dan motif vertikal, syal tebal di sekitar leher, dan heavy boots.

8. Top hourglass

Tips Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

What to wear: Seimbangkan bentuk tubuh dengan mengenakan pakaian berkerah V. Ladies juga bisa memberikan ilusi lebih ramping dengan mengenakan atasan berwarna gelap. Ladies juga boleh banget mengenakan rok jenis dan sepanjang apapun.

What not to wear: Hindari penggunaan jaket dan celana yang terlalu longgar, loose fitting clothes, boxy shirts, pakaian kaku, square necks, boat necks, detail di area payudara, dan rok atau celana bermotif garis lebar.

9. Skinny

Tips Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

What to wear: Celana tapered semata kaki, balloon skirts, baggy jeans, harem pants, dress berwarna cerah, tunik, flowy dress, low waist jeans, bat-winged tops, kain yang halus dan flowy, rok panjang, rok pensil, balloon tops, peplum tops, platform heels, pencil heels, wide stripes, broad stripes, thigh-high boots, leather jackets, jeans dengan saku di pinggang,dan sandal warna-warni.

What not to wear: Hindari pakaian yang ketat, block heels, aksesoris gelang besar dan tebal, pakaian yang longgar, celana berwarna hitam, dan big floral prints.

10. Atletik

Tips Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

What to wear: Celana panjang dan rok selutut yang pas, dress dengan ikat pinggang, off-shoulder tops and dresses, boat necks, tube tops, high neck, pakaian olah raga, sports shoes, chunky shoes, anting yang ramping dan panjang, kalung collar bone panjang, medium heel pumps, dan pencil heels.  

What not to wear: Hindari atasan dan jaket dengan padded shoulder, jaket longgar, boxy shirts, V-neck dan U-neck, spaghetti straps, halter neck, strappy sandals, flats, dan chunky earrings.

11. Lollipop

Tips Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

What to wear: Kenakan pakaian yang akan memberi ilusi pinggul dan bahu yang lebar. Ladies bisa memilih pakaian dengan kerah V, off-shoulders, boat necks, pencil skirt, dress yang ramping dan flowy, pseudo-leather jackets, peplum tops, mantel dengan sabuk, tapered pants, high heels, walking shoes, dan wedges.

What not to wear: Atasan dan rok longgar dan boxy, rok panjang, kalung chunky, high-waisted pants, bell bottoms, heavy sweaters, dress atau atasan empire, bolero jackets, dan turtle neck.

12. Terompet kecil

Tips Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

What to wear: Atasan dengan ruffles di area leher, peplum tops, low waist jeans, pakaian bermotif garis miring, rok dengan saku depan, dress berbahan satin, V-necks, dress dan rok A-line, fish cuts, kalung dan sepatu chunky, kalung ramping dan panjang, long dresses, high-waist pants, bell bottoms, dan sequined skirts.

What not to wear: Dress dan atasan yang longgar dan shapeless, pencil skirts, celana tapered, spaghetti and noodle straps, lengan ¾, garis horizontal yang melewati bahu, pakian dengan area pinggang yang longgar, dan padded shoulders.

So, there’s your complete guide, Ladies. Yuk, mix and match lagi.

 

Sumber: Stylecraze, Foto: Pinterest, Foto cover: styloss.com

Komentar Kamu