OUR NETWORK
From Korea With Love Concert

Seberapa Sering Kamu Perlu Mengganti Pisau Cukur?

Sama seperti pria, wanita juga membutuhkan pisau cukur untuk membersihkan rambut-rambut yang tidak diinginkan. Misalnya saja di area kewanitaan, kaki, tangan, bahkan rambut-rambut halus di wajah. Khusus di area-area sensitif, seperti wajah dan area kewanitaan pisau cukur yang digunakan harus tajam, layak dan bersih. Maka dari itu penting sekali mengganti pisau cukur secara rutin.

Ada banyak alasan kenapa kamu perlu mengganti pisau cukur secara rutin. Contohnya saja pisau cukur kotor bisa menyebabkan jerawat, bisa meningkatkan risiko infeksi, dan lain sebagainya. Lalu sebenarnya, seberapa sering kamu perlu untuk mengganti pisau cukur?

Pisau cukur manual

Ada banyak sekali faktor yang menjadi alasan seberapa sering kamu perlu mengganti pisau cukur. Mulai dari kualitas pisau cukur itu sendiri, ketebalan dari rambut yang dipangkas, area yang dicukur, sampai seberapa bersih kamu membersihkan pisau cukur.

Namun secara umum berdasarkan American Academy of Dermatologist, kamu disarankan untuk membuang pisau cukur berkualitas setelah lima sampai tujuh kali pemakaian. Hal itu juga tergantung bagaimana kamu merawatnya. Tapi jika menggunakan pisau sekali cukur, itu akan lebih cepat rusak dan tidak disarankan untuk dipakai berkali-kali.

Ada beberapa tanda kapan kamu harus mengganti pisau cukur.

  • Terjadi iritasi pada kulit setelah bercukur
  • Pencukuran tidak rata
  • Kulit masih terasa kasar saat bercukur
  • Muncul rasa kulit tertarik saat proses pencukuran
  • Terlihat kotor dan susah dibersihkan

Baca juga: Hindari 8 Kesalahan Ini Ketika Mencukur Bulu Kaki

Pisau cukur elektrik

Lalu bagaimana jika yang dimiliki adalah pisau cukur elektrik? Jawabannya, kamu tidak perlu mengganti sesering versi manual. Biasanya, bahan yang digunakan untuk pisau cukur elektrik lebih padat dan lebih tahan lama. Sehingga bisa bertahan enam bulan atau bahkan bisa lebih. Dan lagi-lagi, tergantung seberapa sering kamu menggunakannya, kualitas pisau, ketebalan rambut, dan seberapa baik kamu merawatnya.

Jika kamu mencukur setiap hari, lebih baik mengganti selama empat bulan sekalu. Sementara jika pisau cukur dengan foil bisa bertahan lebih lama, hanya perlu mengganti setiap 12-18 bulan sekali.

 

Sumber: themanual

Must Read

Related Articles