OUR NETWORK

Hindari 8 Kesalahan Ini Ketika Mencukur Bulu Kaki

Hindari 8 Kesalahan Ini Ketika Mencukur Bulu Kaki

Memiliki kaki mulus tanpa bulu tak jarang menjadi keinginan Ladies agar tetap tampak cantik dan percaya diri ketika menggunakan celana atau rok yang memperlihatkan jenjang kaki tanpa balutan kain yang menghalangi keindahannya. Sehingga mencukur bulu kaki menjadi salah satu kebiasaan Ladies untuk mempercantik kulit kamu. Tapi, apakah kamu sudah mencukurnya dengan benar? Bagaimana jika selama ini cara kamu mencukur keliru sehingga dapat membahayakan kesehatan kulit kakimu? Untuk itu, demi kesehatan dan keindahan kakimu, hindari kedelapan kesalahan ini, ya.

Hindari 8 Kesalahan Ini Ketika Mencukur Bulu Kaki
Foto: pexels.com

1. Mencukur Terlalu Cepat

Hati-hati Ladies, meski kamu ingin segera menyingkirkan bulu-bulu yang ada di kakimu, usahakan jangan terburu-buru saat mencukur kaki, apalagi dengan pisau cukur yang masih baru. Hal ini dikarenakan, semakin cepat kamu mencukur, semakin besar potensi kakimu akan tergores, lho. Ada beberapa bagian di kakimu yang perlu kehati-hatian ekstra ketika mencukur, yakni sekitar lutut, dan pergelangan kaki. Pada beberapa bagian itu, lebih baik kamu mencukurnya secara perlahan ya, Ladies, agar kakimu tidak terluka.

Hindari 8 Kesalahan Ini Ketika Mencukur Bulu kaki
Foto: pixabay.com

2. Jarang Mengganti Pisau Cukur

Ladies, mengganti pisau cukur itu penting, lho. Pisau cukur yang jarang diganti justru dapat membahayakan kulit kamu. Dokter spesialis kulit, Jodi Levine, mengatakan, mata pisau yang tumpul dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi. Selain itu, pisau cukur lama dapat membawa bakteri yang menyebabkan infeksi, lho. Pisau cukur hanya boleh maksimal digunakan sekitar 10 kali. Atau, jika pisau cukur sudah terlihat kusam dan terdapat lapisan pelembap di bagian atas telah memudar, itu tandanya kamu harus mengganti pisau cukurmu, Ladies.

3. Jarang Melakukan Eksfoliasi

Kunci untuk mencegah bulu kaki tumbuh ke dalam ialah dengan cara melakukan eksfoliasi secara teratur. Dokter medis integratif, Frank Lipman menyatakan, eksfoliasi berfungsi mengangkat sel kulit mati, sehingga dapat mempercepat pembaharuan sel dan memungkinkan sel-sel kulit baru yang sehat untuk tumbuh. Eksfoliasi perlu dilakukan secara rutin sebanyak sekali atau dua kali dalam sepekan. Sebelum bercukur, lakukan eksfoliasi agar proses bercukur lebih mudah dan mulusss~

Baca juga: 10 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Eksfoliasi

10 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Eksfoliasi

4. Langsung Bercukur Ketika Masuk Kamar Mandi

Untuk kamu yang beranggapan bercukup lebih baik saat masuk kamar mandi, sehingga bisa langsung dibersihkan, segera hentikan. Mencukur bulu kaki lebih baik dilakukan ketika selesai mandi, Ladies. Caranya, biarkan bulu kaki terkena air hangat, sehingga bulu akan melembut dan folikelnya akan terbuka, dengan begitu mencukur bulu kaki akan menjadi lebih mudah.

Hindari 8 Kesalahan Ini Ketika Mencukur Bulu Kaki
Foto: idntimes.com

5. Menggunakan Sabun Sebagai Pelicin

Ladies, jika kamu menggunakan sabun sebagai pelicin saat akan mencukur bulu, segera hentikan. Sabun tidak melicinkan, justru ia menyumbat mata pisau. Lebih baik, kamu menggunakan krim khusus cukur. Dikutip dari Kompas.com, Zoe Diana Draelos menyatakan, krim cukur dirancang khusus untuk melembutkan bulu, memungkinkan penyerapan air, sehingga dapat mengurangi tekanan yang diperlukan untuk mencukur. Dalam keadaan darurat, kondisioner rambut juga dapat menjadi pengganti krim cukur, lho.

Baca juga: Hal-Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Hilangkan Bulu dengan Metode Laser

Hal-Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Hilangkan Bulu dengan Metode Laser

6. Menggunakan Pisau Cukur Secara Bergantian

Ladies jangan menggunakan pisau cukur secara bergantian, ya. Karena menggunakan pisau cukur orang lain dapat berisiko tertular penyakit bila terjadi luka. Selain itu, setiap orang memiliki desain pisau cukurnya sendiri yang belum tentu sama dengan pisau cukur orang lain.

7. Menggunakan Pisau Cukur Bermata Satu

Ladies, masing-masing pisau cukur memiliki fungsi yang berbeda, lho. Mata pisau pertama dirancang untuk mengangkat bulu, dan setiap mata pisau berikutnya berfungsi untuk memotong bulu lebih rendah, sehingga hasil yang diberikan pisau cukur bermata lebih dari satu cenderung lebih halus dan bersih dibandingkan pisau cukur bermata satu.

Hindari 8 Kesalahan Ini Ketika Mencukur Bulu Kaki
Foto: idntimes.com

8. Mencukur dengan Melawan Arah Pertumbuhan Bulu

Mencukur bulu tidak bisa dilakukan dengan mencukur dari sembarang arah Ladies, apalagi mencukur dari arah berlawanan dari arah bulu tumbuh. Meski hal itu membuat proses mencukur jadi lebih mudah dan cepat, tetapi cara ini dapat meningkatkan kemungkinan kulit menjadi iritasi, timbul goresan, dan luka. Untuk itu, disarankan saat melakukannya, kamu hanya mencukur searah dengan pertumbuhan bulumu, ya.

Dengan menghindari delapan hal ini, kamu tidak hanya dapat mempercantik kakimu, tetapi juga menjaga kesehatan kaki agar tetap indah tanpa meninggalkan bekas iritasi atau luka setelah bercukur, lho.

 

Sumber: Kompas.com dan IDN Times, Foto Cover: pexels.com

Comments

Loading...