OUR NETWORK
Geomedia - JFK 2022

Cara Menggunakan Hyaluronic Acid untuk Perawatan Rambut

Pasti kamu sering dengar tentang kandungan hyaluronic acid pada produk perawatan kulit. Ternyata hyaluronic acid juga bagus untuk kesehatan rambut kamu, Ladies. Seperti apa sih manfaat hyaluronic acid bagi rambut? Simak di bawah ini!

Manfaat hyaluronic acid untuk rambut

Pertama, hyaluronic acid bukan moisturizer ya, Ladies. Hyaluronic adalah humektan yang bekerja dengan mengikat air di kulit. Berikut beberapa manfaatnya untuk rambut dan kulit kepala:

Menghidrasi rambut

Sifat humektan dari hyaluronic acid dapat bekerja di helai rambut, membuat rambut dapat mengunci kelembapan sehingga rambut terhidrasi lebih baik.

Mengurangi kusut

Kelembapan yang keluar dapat menyebabkan kusut. Hyaluronic acid dapat menutup pori-pori di rambut sehingga kelembapan tidak keluar dan kusut dapat dicegah. 

Melembapkan dan mengembangkan rambut

Secara teoritis, hyaluronic dapat melembapkan rambut yang rusak. Jika rambut lembap, secara otomatis akan mengembang dan lebih bervolume.

Menghidrasi kulit kepala

Tidak hanya bagus untuk helai rambut, hyaluronic acid juga bagus untuk kulit kepala. Humektan akan mengunci kelembapan sehingga kolagen dapat diproduksi lebih baik di kulit kepala, mencegah kulit kepala kering yang dapat menyebabkan ketombe.

Merevitalisasi kembali rambut rusak

Rambut kering dan rusak akan kesulitan mengunci air. Hyaluronic acid akan membantu rambut rusak kembali sehat kembali dengan mengunci kelembaban dan mencegah retakan lebih lanjut pada batang rambut.

Tipe rambut yang cocok

Cara Menggunakan Hyaluronic Acid untuk Perawatan Rambut
Foto: unsplash.com

Semua jenis rambut dapat menggunakan hyaluronic acid dan mendapatkan manfaatnya. Namun, hyaluronic acid dapat berperan lebih besar pada rambut kering, kusut, dan rusak. Hyaluronic acid juga tidak meninggalkan kesan berminyak pada rambut, ringan, dan tidak membuat rambut ikal kehilangan ikalnya. Rambut berwarna yang sering terkena bahan kimia juga dapat memperoleh manfaat dari hyaluronic acid. Jadi bisa dipakai siapa aja ya, Ladies.

Cara menggunakan hyaluronic acid pada rambut

Gunakan sebelum keramas

Sebelum keramas, gunakan hyaluronic acid di seluruh kulit kepala dan pijat dengan gerakan memutar. Fokus pada area dengan rambut yang lebih rusak untuk hasil maksimal.

Gunakan pada rambut basah

Gunakan juga hyaluronic acid setelah keramas, saat rambut masih dalam keadaan basah. Rambut dalam keadaan tersebut lebih responsif saat diberikan produk. Rambut basah atau lembap juga memiliki lebih banyak air untuk dikunci oleh hyaluronic acid sehingga kelembapan lebih maksimal.

Pilih produk hair care yang memiliki kandungan hyaluronic acid

Daripada bereksperimen dengan menggunakan produk skincare hyaluronic acid ke rambut, sebaiknya gunakan produk hair care yang menggunakan hyaluronic acid karena memang sudah dibuat untuk digunakan di rambut.

Cara Menggunakan Hyaluronic Acid untuk Perawatan Rambut
Foto: unsplash.com

Gunakan sebagai leave in conditioner

Serum rambut hyaluronic acid dapat melembapkan dan mengembangkan rambut secara alami. Gunakan saat rambut tengah basah dan tidak perlu dibilas. Gunakan dari akar rambut lalu sisir ke ujung rambut.

Baca juga: 3 Produk Leave In Conditioner yang Harus Kamu Coba

Kombinasikan dengan oil

Hyaluronic acid bagus saat dikombinasikan dengan oil terutama pada perawatan rambut rusak. Pilihan oil yang disarankan yakni jojoba oil dan argan oil.

Gampang kan menggunakan hyaluronic acid sebagai perawatan rambut. Bisa kamu lakukan secara rutin di rumah nih, Ladies. Semoga rambut kamu makin lembab dan bersinar ya!

 

Sumber: Byrdie

Must Read

Related Articles