OUR NETWORK

Tips Menjalin Pertemanan di Dunia Kerja

Tips Menjalin Pertemanan di Dunia Kerja
Foto: ed2go.com

Bagi Ladies yang sudah bekerja, Ladies pasti tahu dong bahwa sebagian besar waktu Ladies akan dihabiskan di kantor atau tempat Ladies bekerja. Oleh sebab inilah seringkali Ladies menganggap rekan kerja sebagai keluarga, bukan sekadar kenalan di tempat kerja saja. Akan tetapi, pernah nggak sih Ladies merasa bahwa terkadang Ladies terlalu dekat dengan teman kerja sehingga terkadang hal-hal yang bersifat pribadi akan memengaruhi kinerja Ladies?

Baca juga: Tips Tetap Profesional Saat Bekerja dengan Sahabat

Menurut Sonja Rasula, pendiri dan CEO dari The Unique Empire, memiliki kawan akrab di tempat kerja dapat sangat menguntungkan Ladies dan tentu saja berperan penting dalam kebahagiaan Ladies di tempat kerja. Selain itu, jika Ladies memiliki ide, Ladies sudah memiliki partner untuk menguji ide tersebut. Intinya, Ladies memiliki seseorang yang diandalkan untuk membantu Ladies dalam berbagai hal, yang tentunya hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan bekerja. Memang benar Ladies bahwa memiliki satu atau dua kawan akrab di kantor dapat memudahkan aktivitasmu di kantor. Bahkan, faktanya, hubungan rekan kerja ini biasanya terjalin dan terawat dengan baik hingga usia senja. Akan tetapiiiii, Ladies harus sadar bahwa ada garis-garis pertemanan dunia kerja yang tidak boleh dilangkahi, atau setidaknya diperhatikan dengan saksama. Apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini! 😉

1. Temukan seseorang yang membantumu berkembang

Tak peduli seberapa besar rasa cintamu, akan selalu ada kerikil dan duri dalam sebuah pekerjaan. Oleh sebab itu sangat penting bagi Ladies untuk menemukan teman yang memotivasi dan membantumu mengatasi kendala ini, serta tidak menginjak-injakmu di masa sulit. Dukungan dan atmosfer baik ini harus bebas dari rasa kompetisi atau kecemburuan. Bagaimana cara menemukan teman berharga ini? Carilah orang yang produktif, terbuka untuk diskusi, dan mengapresiasi semua tindakanmu.

2. Hindari gossip

Mulutmu harimaumu.

Tuntutan pekerjaan akan membuat karyawan akan merasa terusik dan terganggu atas tindakan satu sama lain. It’s totally normal. Akan tetapi jangan sampai hal ini membuatmu jatuh ke dalam negativitas atau gosip. Percaya deh, jika kamu menggosipkan seseorang dengan teman kerja, besar kemungkinan teman kerjamu itu menggosipkanmu juga. Gosip pun menyebar dengan cepat seperti virus. Terbayang kan betapa tidak enaknya jadi korban yang digosipkan?

Baca juga: Tips jauhkan Diri Dari Gosip

3. Jangan hanya bahas soal pekerjaan

Jika Ladies ingin memupuk pertemanan di lingkungan kantor, pastikan Ladies mampu melebarkan perbincangan melampaui bahasan soal pekerjaan. Jangan jadi teman kantor yang terobsesi pada pekerjaan sehingga lupa untuk bersantai. Ladies bisa memulainya dengan membahas skincare teryahud atau drama dan film terbaru yang biasanya dipahami banyak orang.

4. Jangan ceritakan segalanya

Semakin Ladies dekat dengan teman kerja, akan sangat wajar apabila Ladies merasa terlalu nyaman dan akhirnya menceritakan segalanya. Ingat Ladies, tak peduli betapa terpercaya atau baiknya teman kerjamu, hindari pembahasan topik pribadi dan rahasia sebab tidak ada yang tahu kapan seseorang akan berkhianat. Topik yang sebaiknya Ladies simpan untuk sendiri antara lain perihal agama, politik, dan masalah keluarga.

5. Teman sebagai Tempat Berlindung

Meskipun ada hal-hal yang harus dijaga kerahasiaannya, jangan takut untuk menjadi terbuka. Dalam dosis tepat, bagikan kisah kehidupan Ladies di luar pekerjaan. Selain itu, Ladies juga bisa melakukan kegiatan nonpekerjaan di jam-jam libur kantor. Hal ini akan membantu Ladies membangun pertemanan yang akan bertahan lama.

Ladies punya sahabat baik yang pertama dijumpai di dunia kerja?

 

Sumber: The Zoe Report

Comments