OUR NETWORK

Tips Memilih Sepeda BMX Sebelum Membeli

Tips Memilih Sepeda BMX Sebelum Membeli
Foto: unsplash.com

Seperti halnya memilih motor, memilih sepeda BMX terbaik bisa dibilang gampang-gampang susah. Anda harus benar-benar jeli melihat bagaimana desainnya, bagian rodanya, speednya, dan tujuan bersepedanya. Tentunya, sepeda BMX untuk seorang pemula yang hanya ingin gaya-gayaan saja akan sangat berbeda dengan seseorang yang benar-benar hobi bersepeda dan sering melakukan freestyle dengan gaya yang mampu memacu adrenalin.

Dilansir dari bestmagz.id, berikut beberapa panduan cara memilih sepeda BMX yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membelinya.

Cara Memilih Sepeda BMX Terbaik

Kini, bersepeda tidak lagi sebuah kegiatan berolahraga di akhir pekan saja saat pagi hari bersama keluarga. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, kegiatan mengasyikkan ini telah mengalami pergeseran, dari olahraga menjadi sebuah hobi. Hal inilah yang kemudian menjadi alasan para produsen sepeda semakin gencar berinovasi untuk mengeluarkan produk-produk terbaiknya. Salah satu di antara sepeda yang masih memegang pangsa pasar dan digemari masyarakat adalah Sepeda BMX.

Memiliki rangka yang kokoh meskipun body sepeda ini relatif kecil, membuat sepeda BMX sangat lincah digunakan mereka yang suka melakukan atraksi semacam freestyle di arena khusus sepeda maupun di arena perlombaan.

Nah, jika Anda tertarik memiliki sepeda yang super keren ini, pastikan Anda baca dulu panduan berikut supaya Anda bisa memilih sepeda sesuai dengan kebutuhan ketika membelinya.

1. Pilih Tipe Sepeda BMX yang Memiliki Body Kokoh dan Rangka yang Kuat

Tips Memilih Sepeda BMX Sebelum Membeli
Foto: D123x from Pexels

Pastinya Anda sudah tahu bahwa sepeda BMX bukanlah sepeda biasa dengan fungsi yang terbatas sebagai sarana transportasi saja, melainkan lebih dari itu.

Sepeda BMX adalah sepeda yang sangat mahir untuk digunakan dalam berbagai atraksi dengan gaya-gaya yang ekstrim sekalipun. Itulah sebabnya, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah bagian rangkanya yang kuat dan kokoh.

Jangan terlalu fokus pada bagian bodynya yang kecil karena meskipun kecil, Anda tetap bisa memilih rangka yang kokoh dan kuat sehingga bisa menopang sempurna tubuh Anda dan membantu dalam menjaga keseimbangan agar tidak mudah jatuh sekaligus tahan banting meskipun sedang berada di daerah yang ekstrim.

2. Cek Bagian Frame dan Kerapian Sambungannya

Bahan frame terbaik untuk sepeda BMX adalah frame Chromoly. Selain lebih awet, frame jenis ini sangat kokoh sehingga tahan banting.

Penggunaan frame Chromoly kualitas nomor wahid sebagai bahan frame menjadikan sepeda BMX bobotnya menjadi lebih ringan. Belum lagi, ketika Anda hobi melakukan atraksi freestyle, tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi Anda mengingat bobok sepedanya yang sangat ringan.

Ada satu lagi kelebihan menggunakan frame Chromoly yaitu, bahannya yang anti karat dan memiliki ketahanan lebih baik dibandingkan dengan frame berbahan lain.

Perhatikan juga mengenai kerapian sambungan frame. Sepeda BMX terbaik akan menggunakan material ganda sebagai bahan dasarnya. Sayangnya, material ganda ini membuat setiap sambungan frame terlihat jelas. Itulah sebabnya Anda harus benar-benar mengecek kerapian sambungan ini.

3. Cek Kualitas Ban

Sepeda BMX terbaik tentunya akan memiliki ban berkualitas terbaik pula. Mulai dari kualitas cengkramnya yang tinggi dengan gaya cengkramannya yang sempurna. Biasanya, sepeda dengan kualitas daya cengkram seperti di atas akan sangat mengurangi resiko ketika terpeleset atau tergelincir karena daya cengkramnya yang kurang sempurna. Selain itu, ban yang memiliki cengkraman tinggi, biasanya akan melekat dengan sempurna pada tanah.

4. Pilihlah Sepeda Sesuai dengan Budget yang Anda Miliki

Tips Memilih Sepeda BMX Sebelum Membeli
Foto: Slaid Waggoner from Pexels

Jika ketiga pertimbangan sebelumnya lebih membahas ke bagian sepeda dan rangkanya, pada bagian terakhir artikel ini akan membahas perihal budget.

Ya, bagaimana pun bentuk sepeda yang Anda inginkan, sebenarnya faktor budget adalah faktor utama yang akhirnya akan mengalahkan faktor-faktor lainnya.

Tidak ada gunanya mendambakan sepeda BMX terbaik dengan harga melejit tetapi budget Anda tidak cukup, sama halnya ketika budget Anda lebih dari cukup, Anda malah tertipu oleh kualitasnya karena kurang jeli saat memperhatikan kualitas sepeda pilihan Anda tadi. Tentunya Anda tidak ingin hal-hal yang naas itu terjadi, bukan?

Makanya, Anda perlu sekali memperhatikan tujuan ketika membeli sepeda. Apakah untuk gaya-gayaan saja atau tidak? Apakah hanya digunakan untuk transportasi kegiatan sehari-hari atau tidak? Atau, apakah sepeda yang akan Anda beli adalah bagian dari hobi Anda dalam memacu adrenalin lewat gaya-gaya terekstrim atau tidak?

Terlepas dari ketiga pertanyaan di atas, jangan lupa untuk selalu memilih sepeda BMX dengan kualitas terbaik. Misalnya empat merk yang memang sudah menguasai pangsa pasar yaitu Polygon, Pacific, United, dan Genio.

Memang, keempat merk tadi memiliki harga yang relatif jauh lebih tinggi dibanding dengan sepeda BMX merk lain. Akan tetapi, Anda tidak akan kecewa karena kualitasnya sangat terjamin.

Namun, jika tujuan utama Anda dalam membeli sepeda BMX adalah untuk si buah hati yang masih kecil, sebaiknya pilih sepeda BMX dengan kualitas menengah atau rata-rata. Disamping anak kecil belum begitu mahir bersepeda, biasanya bersepeda bagi mereka adalah hanya untuk bermain bersama tetangga sehingga selain harga terjangkau, Anda juga bisa menyisihkan sisa budget Anda dari pembelian sepeda untuk menabung.

Nah, itu tadi cara memilih sepeda BMX terbaik yang wajib hukumnya buat Anda baca dan pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli sepeda BMX. Semoga bermanfaat.

Sumber: bestmagz.id

 

Artikel ini di-submit oleh Cinta Nungky Lestari.

Submit artikel kamu ke MeraMuda sekarang! Klik ‘Submit Article’ di bagian atas website dan tuangkan tulisanmu di sana. Artikel terpilih akan di-publish di MeraMuda, seperti artikel ini.

Comments

Loading...