OUR NETWORK

Tips Meluangkan Waktu untuk Hobi

Tips Meluangkan Waktu untuk Hobi
Foto: Unsplash.com/Priscilla du Preez

Di tengah ketidakpastian pandemi global yang masih belum menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir, semua orang sedang berusaha yang terbaik di masa transisi ini. Jaga kesehatan dan mengikuti anjuran sudah pasti ya, Ladies. Tapi dengan semua hal yang bikin stres di luar sana, apa yang biasanya kamu lakukan untuk rileks? Berhubung kunjungan ke tempat hiburan seperti mal dan tempat wisata lainnya masih belum memungkinkan, saatnya kembali menekuni hobi kamu, Ladies. Selain beberapa manfaat kesehatannya, menekuni hobi juga bisa mengalihkan pikiran kamu ke hal-hal yang lebih positif. Kalau kamu masih kesulitan meluangkan waktu untuk hobi, simak tips berikut ini, yuk!

Cek ulang jadwal kamu

Tips Meluangkan Waktu untuk Hobi
Foto: Unsplash.com/Sarah Brown

Kamu tipe orang yang menjadwalkan semua kegiatan kamu setiap minggunya? Coba cek lagi jadwal kamu, Ladies. Memang ada beberapa kegiatan yang harus dilakukan di hari-hari tertentu, tapi tentunya ada beberapa hal yang bisa kamu sesuaikan. Bukannya menunda pekerjaan ya, Ladies, tapi prioritaskan saja yang harus dikerjakan.

Dilansir dari Bustle, penulis gaya hidup Leo Babautta dari website Zen Habits merekomendasikan, “Saat membuat daily to-do list, susun 3 kegiatan paling penting yang harus diselesaikan di hari itu.” Jadi, daripada membuat daftar kegiatan panjang yang belum tentu bisa selesai di hari itu, susun 3 main goal kamu di hari itu. Dan di sela-selanya, kamu bisa menyelipkan waktu untuk hobi kamu.

Lakukan di pagi hari

Tips Meluangkan Waktu untuk Hobi
Foto: Unsplash.com/Emma Simpson

Melakukan kegiatan biasa di pagi hari aja rasanya sudah perjuangan ya, Ladies. Apalagi kalau kamu night owl seperti saya. Hehe. Tapi Babauta menjelaskan bahwa pagi hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan hobi kamu karena jadwal kamu masih kosong. Misalkan kamu mencoba menyelipkan hobi kamu di siang hari, bisa-bisa akan tergeser oleh kagiatan yang terus bertambah. Daripada terus mengorbankan hobi kamu, coba luangkan waktu di pagi hari ketika jadwalmu masih kosong ya.

Manfaat waktu yang ada

Tips Meluangkan Waktu untuk Hobi
Foto: Unsplash.com/Priscilla du Preez

Oke, kamu benar-benar nggak bisa lagi menggeser jadwalmu yang super padat dan super penting. Tapi, apakah kamu punya waktu yang cukup banyak dalam perjalanan ke kantor tiap hari? Atau istirahat makan siang selama satu jam? Nah, waktu-waktu seperti ini sebenarnya juga bisa kamu manfaatkan loh, Ladies. Misalnya, kamu bisa melanjutkan hobi membaca kamu dalam perjalanan ke kantor atau sambil menunggu bus. Manfaatkan waktu itu untuk hobi atau mencari inspirasi.

Batasi screen time

Tips Meluangkan Waktu untuk Hobi
Foto: Unsplash.com/Maxim Ilyahov

Screen time alias waktu yang kita habiskan di depan gadget setiap harinya memang tidak bisa dihindari lagi ya, Ladies. Namun, harus diakui kalau screen time benar-benar mengambil porsi besar dari waktu kita. Tadinya mau lihat resep kue di Pinterest aja, eh kok tau-tau jadi nonton video mukbang yang durasinya 1 jam? Sering terjadi kan… Lagi-lagi, kamu harus buat komitmen dengan diri kamu sendiri. Misalnya saat akhir pekan, luangkan beberapa jam atau kalau bisa seharian tanpa gadget. Matikan komputer dan TV, jauhkan ponsel, dan lakukan kegiatan fisik atau kegiatan kreatif yang kamu suka.

Baca juga: 7 Rekomendasi Hobi Bebas Gadget

Multi-tasking

Tips Meluangkan Waktu untuk Hobi
Foto: Unsplash.com/Sarah Brown

Cek apakah kamu bisa menggabungkan beberapa kegiatan kamu. Misalnya, kamu suka banget ketemuan dan nongkrong bareng teman. Kenapa nggak coba ambil kelas bareng dengan mereka? Entah kelas olahraga atau kelas kreatif lainnya. Suka foto-foto? Coba bawa kamera kamu dan coba cari foto menarik dari beragam hal di perjalanan ke kantor.

Asalkan serius, pasti kamu akan menemukan semangat dan celah untuk memulainya, Ladies. Mau coba atau lanjur menekuni hobi apa nih, Ladies?

 

Sumber: Bustle

Comments

Loading...