OUR NETWORK

Cara Menggunakan Acupressure Mat di Kegiatan Sehari-hari

Cara Menggunakan Acupressure Mat di Kegiatan Sehari-hari
Foto: mindbodygreen.com

Acupressure mat, atau dikenal juga sebagai Shakti mat, sebenarnya terinspirasi dari pengobatan kuno yakni akupuntur. Keberadaan akupuntur sendiri sudah sangat panjang di sejarah manusia lho, Ladies. Alangkah baiknya kan kalau kamu menggunakannya sesuai rekomendasi ahli akupuntur.

Cara menggunakan Shakti mat yang direkomendasikan oleh ahli akupuntur, Snow Xia L.Ac, seperti ini nih, Ladies!

1. Hindari menyentuh acupressure mat secara langsung

Cara Menggunakan Acupressure Mat di Kegiatan Sehari-hari
Foto: nymag.com

Jarum pada mat ini bisa terasa terlalu tajam dan menyakitkan bagi kamu yang baru pertama kali menggunakannya. Gunakan baju, kaos kaki, atau selimut untuk menghindari menyentuh langsung dengan acupressure mat.

Baca juga: Acupressure: Teknik Pemijatan yang Bisa Membantumu Lebih Cepat Tertidur

2. Bernafas dalam ritme lambat sembari berbaring

Ketika kamu tengah berbaring di atas acupressure mat, lakukan pernapasan dalam dan panjang. Relaksasikan badanmu untuk membantu mengurangi ketegangan di otot sekaligus memperlancar aliran darah di tubuh.

3. Jangan menggunakan terlalu lama

Cara Menggunakan Acupressure Mat di Kegiatan Sehari-hari
Foto: medicalnewstoday.com

Bagi yang pertama kali mencoba, disarankan untuk menggunakan acupressure mat beberapa menit saja. Walaupun beberapa acupressure mat diiklankan untuk digunakan kala tidur, penggunaannya sendiri direkomendasikan tidak lebih dari 30 menit. Jangan pakai sampai kamu merasa kesakitan hingga mau pingsan ya, Ladies! 

Cara menggunakan acupressure mat berdasarkan bagian tubuh yang sakit:

4. Sakit di bagian kaki

Berdiri dengan menggunakan kaos kaki (kamu juga bisa telanjang kaki jika merasa nyaman) di atas acupressure mat lalu melangkah-langkah kecil.

5. Sakit Punggung

Berbaring dengan posisi punggung menyentuh mat. Peluk kedua kaki sehingga posisi dengkul dekat dengan dada. Ayunkan badan dengan irama pelan ke kanan dan ke kiri untuk menstimulasi titik akupuntur di punggung.

Baca juga: Latihan Terbaik Untuk Mengyatkan Otot Punggung

6. Sakit Kepala

Letak titik akupuntur untuk sakit kepala terletak di tengkuk leher. Letakkan bantal acupressure di leher kamu untuk meringankan sakit kepala yang tengah diderita.

Cara Menggunakan Acupressure Mat di Kegiatan Sehari-hari
Foto: mindbodygreen.com

Mat ini tidak disarankan untuk kamu yang memiliki luka masih baru dan terbuka. Alasannya karena luka kamu bisa terinfeksi, tersentuh dan mengakibatkan rasa sakit. Mereka yang punya aliran darah tidak lancar juga tidak akan mendapat banyak manfaat dari acupressure mat. Selain hal tersebut, tidak ada batasan kok tentang siapa aja yang bisa menggunakan alat sederhana ini.

JIka kamu tertarik memilikinya, variasi di pasaran biasanya berupa jumlah jarum pada mat tersebut. Semakin banyak jarumnya, semakin mahal dan nyaman saat dipakai. Beberapa juga tersedia dalam travel size. Tapi lebih disarankan yang full size ya, Ladies. Karena area akupunturnya lebih luas dan kamu bisa merasakan manfaat yang lebih.

 

 

Sumber: mindbodygreen

Comments

Loading...