OUR NETWORK

Perluas Pertemananmu dengan 5 Cara Ini

Perluas Pertemananmu dengan 5 Cara Ini
Foto: freepik.com

Atas dasar faktor kenyamanan dan zona aman, kebanyakan orang cenderung untuk memilih membentuk pertemanan hanya dengan orang-orang yang berada di lingkungan sekitarnya. Padahal, menurut ahli, pertemanan di luar zona amannya dapat memberi dampak yang cukup baik pada orang terkait. Di antaranya, perolehan wawasan baru hingga melatih kemampuan diri dalam berkomunikasi dengan orang lain. Menjalin pertemanan yang baru juga dapat membantu meningkatkan kemampuan bersosialisasi seseorang sekaligus menghindari potensi kesepian dan merasa terisolasi dari masyarakat.

Baca juga: 5 Hal Ini Bikin Persahabatan Kamu Langgeng Sampai Tua

Sayangnya, meski platform dalam media sosial telah mendukung tujuan tersebut, masih banyak penggunanya yang tetap merasa kesepian. Sebagaimana ditunjukkan oleh sebuah studi terbaru yang menunjukkan bahwa lebih dari orang-orang berusia 19 tahun hingga 32 tahun yang merupakan pengguna aktif media sosial justru ditemukan mengalami pengalaman merasa terisolasi secara sosial. Ditambah lagi, penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan virtual sering kali tidak memuaskan diri seseorang secara mendalam. Meski tidak mudah, membentuk pertemanan baru tetap disarankan para ahli untuk dilakukan, mengingat manfaatnya yang cukup besar pada peningkatan diri individu. Nah, untuk itu, dilansir dari Greatist, beberapa cara ini dapat kamu coba aplikasikan dalam hidupmu untuk memperluas jejaring sosialmu di dunia nyata. Simak, yuk!

1. Lakukan Friend Date

Sedikit berbeda dengan blind date yang sudah akrab di telinga para pencari jodoh yah, Ladies… Friend date lebih fokus dalam memperluas jejaring pertemanan, di mana, kamu akan dipertemukan dengan orang yang baru. Namun, benar-benar dengan tujuan menjadi teman. Dalam hal ini, kamu bisa dipertemukan oleh temannya temanmu atau mungkin melalui sebuah aplikasi pertemanan yang dapat membantumu mencari orang-orang yang juga memiliki tujuan yang sama denganmu.

2. Jadilah Diri Sendiri

Ini saatnya kamu untuk mencintai apapun yang kamu lakukan. Melalui kecintaan kamu pada suatu hobi atau aktivitas, ini akan mendorongmu untuk terus melanjutkan kegiatan tersebut. Lalu, ketika kamu secara konsisten melanjutkannya, akan terbuka kemungkinan kamu bertemu dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Bahkan mungkin memiliki pikiran yang terbuka dengan berbagai wawasan. Dari sinilah kamu bisa memulai pertemanan baru yang menarik, Ladies.

Perluas Pertemananmu dengan 5 Cara Ini
Foto: focusedcollection.com

3. Berdiskusi

Membuat koneksi yang dekat dengan seseorang memang membutuhkan waktu. Namun, berdasarkan penelitian tahun 2018, kamu bisa memangkasnya dengan cara memulai percakapan mengenai sesuatu yang lebih mendalam ketimbang saling bertukar pendapat tentang cuaca yang buruk. Ungkap sesuatu yang bermakna menurut dirimu dan lihat respon teman barumu tersebut. Apakah ia memberikan respon yang serupa atau justru ia menunjukkan ketidaknyamanan? Dari sinilah, kamu bisa memangkas waktu dan menilai apakah ia akan bisa menjadi teman dekatmu atau tidak.

4. Bersikap Gigih

Tidak semua orang memiliki keberanian untuk melakukannya, namun, langkah ini dinilai para ahli cukup penting jika kamu ingin menjalin ikatan pertemanan dengan seseorang, apalagi jika perkenalanmu terjadi via online. Pasalnya, interaksi yang cukup intens, lucu, mendalam akan memberikan kesan yang lebih abadi daripada hanya sesekali berinteraksi. Kegigihanmu untuk berinteraksi dengannya juga dapat menciptakan ikatan yang dekat dengan waktu yang cukup cepat. Tentunya ini akan sangat menyenangkan, bukan?

5. Think Outside the Box

Mengingat perkembangan tren di masyarakat semakin cepat, baik tren fashion hingga cara bercanda, kamu perlu memperbarui gudang pengetahuan dalam dirimu, Ladies. Tak berhenti sampai di situ, dengan mengikuti dan bersikap terbuka dengan apa yang tren pada masa kini, kamu perlu mengolahnya hingga membuatmu dapat think outside the box. Ini akan membantumu untuk menjalin pertemanan yang baru, baik dengan rekan kerja, tetangga, kenalan via online, atau lainnya dengan lebih mudah karena kamu memiliki pribadi yang unik dan menyenangkan.

Baca juga: Perkuat Tali Persahabatamu dengan Lima Cara Ini

Nah, dengan menerapkan beberapa tips di atas, kamu tidak perlu bingung lagi untuk menjalin hubungan pertemanan yang baru dari cara perkenalan manapun, Ladies. Selamat mencoba.

 

Sumber: Greatist

Comments

Loading...