OUR NETWORK

Minjem Charger Sembarangan? Ini Cuma Satu dari Banyak Perilaku Nggak Sopan Karena Teknologi!

Minjem Charger Sembarangan!? Ini Nih Perilaku Nggak Sopan Karena Teknologi!
Foto: unplash.com

Kemajuan teknologi tidak bisa dihindari. Tentunya ada berbagai dampak positif maupun negatif dari fenomena ini. Nggak cuma filter Instagram aja yang aneh-aneh, para pengguna gadget juga ikutan aneh bahkan cenderung gak sopan nih, Ladies. Misalnya, pernah nggak kamu menunjukkan satu meme lucu di handphone kamu, eh temen kamu malah nge-scroll seluruh isi galeri kamu, padahal kan cuman pingin ngasih liat gambar satu itu aja? Nggak sopan banget kan… Belakangan ada banyak kebiasaan dan perilaku nggak sopan yang didorong teknologi juga, Ladies. Terkesan sepele, tapi kalau udah mengalaminya sendiri, dijamin kamu juga akan merasa gondok. Nggak percaya? Simak nih.

Baca juga: Nike Ciptakan Inovasi Kendali Ikat Tali Sepatu Gaya ‘Marty McFly’ dengan Siri

Minjem Charger Sembarangan!? Ini Nih Perilaku Nggak Sopan Karena Teknologi!
Foto: unplash.com

Memang etika dalam masalah per-gadget-an ini nggak ada norma tertulisnya, Ladies. Tapi ada beberapa perilaku-perilaku yang sebaiknya kamu hindarin deh kalau nggak mau dicap gak sopan. Penasaran apa aja? Liat list kita di bawah ini ya!

1. Chat dan Nelpon di Toilet Umum

Apa sih salahnya ngechat sama nelpon di toilet? Well pertama, ada kemungkinan besar handphone kamu jatuh ke air dan rusak. Mungkin ini gak masalah untuk chat, tapi jika kamu nelpon dan mendengar lawan bicara kamu ngeflush toilet, bisa kebayang tuh kalau lawan bicara kamu lagi di toilet dan itu cukup menjijikan untuk beberapa orang.

Minjem Charger Sembarangan!? Ini Nih Perilaku Nggak Sopan Karena Teknologi!
Foto: unplash.com

Jika kamu chat dan nelpon di toilet umum juga berarti kamu akan lama di sana dan membuat antrian lebih lama untuk orang selanjutnya. Kasian kan orang udah mules, eh mesti ditambah deritanya dengan nungguin kamu lama karna lagi chatting sama si doi. Sebisa mungkin selesaikan dulu urusan kamu di toilet sebelum membuat panggilan telepon ya, Ladies.

2. Menulis isi email di subject

Minjem Charger Sembarangan!? Ini Nih Perilaku Nggak Sopan Karena Teknologi!
Foto: unplash.com

Ini mungkin sering kejadian di golongan tua yang bingung dengan teknologi. Mungkin nenek kamu ingin mengetik pesan di body email, eh malah ditulis di subject. Tapi nggak menutup kemungkinan ada juga banyak orang yang belum mengeahui cara yang tepat untuk menulis email. Lain kali kamu bantu aja ya, Ladies jika mereka ingin mengirim email, hitung-hitung kamu berbakti dengan yang lebih tua nih.

Baca juga: Merasa Email Kamu Sedang Dilacak? Hentikan dengan Cara Ini!

3. Meminjam Charger/Powerbank Tanpa Izin

Pernah nggak sih kamu lagi ngecharge handphone terus kamu tinggal sebentar, pas balik lagi handphone kamu dalam posisi nggak terisi dayanya dan ada handphone lain yang memakai charger kamu. Lho kok? Minjem charger gak bilang-bilang?

Pas ditanya ke orang yang punya handphone, mereka malah menjawab “Kan hp kamu udah 50%, punya aku udah 10%, jadi aku ngecharge.” Lah? Kok jadi gini, Ladies? Ini yang punya charger siapa toh? Ternyata kejadian ini cukup banyak terjadi terutama di perkantoran lho. Banyak orang yang seenaknya memakai charger orang lain dengan alasan di atas. Padahal yang punya lagi nge-charge, tapi mereka langsung aja cabut dan menggantinya pake hp mereka.

Minjem Charger Sembarangan!? Ini Nih Perilaku Nggak Sopan Karena Teknologi!
Foto: unplash.com

Hal ini nggak cuman terjadi pada hp tapi juga powerbank. Kamu taruh powerbank kamu di atas meja dan tiba-tiba hilang sampai temen sekantor kamu balikin sambil bilang “udah abis nih powerbank-nya.” Nggak ada ucapan terima kasih ataupun permintaan maaf karena sudah memakai tanpa izin. Ckckck jangan ditiru ya, Ladies.

4. Mendengarkan Musik Keras-Keras di Publik

Ada loh yang niat banget bawa Bluetooth speaker di transportasi umum seperti kereta lalu menyetel musik keras-keras. Misi, Mas, maksudnya biar orang lain ikut terhibur dengan playlist Anda atau gimana? Atau terkadang, orang itu ya emang nggak mau repot-repot pakai headset untuk mendengarkan musik atau memutar video. Perilaku ini cukup mengganggu lho, Ladies. Cobalah untuk lebih bertoleransi dengan lingkunga sekitar kamu. “Kalau nggak mau terganggu jangan naik kendaraan umum.” Loh ya kalau bisa juga mungkin sebagin orang inginnya naik ojek online ke mana-mana, tapi kenyataannya tidak semudah itu, Ladies. Dan, bukankah headset diciptakan supaya kamu bisa lebih menikmati musikmu sendiri?

Minjem Charger Sembarangan!? Ini Nih Perilaku Nggak Sopan Karena Teknologi!
Foto: unplash.com

5. Banyak Bertanya, Malas Googling

Di jaman sekarang, apa sih yang gak ada di internet? Mulai dari belanja online, resep kue hingga cara membetulkan jendela ada semua di Google. Tapi pasti sering Ladies menemukan teman yang nanya mulu tentang sesuatu yang jawabannya tinggal di Googling aja. Makin gampang mendapat informasi, kok malah makin males ya buat Googling? Ckckck.

Memang sih cara orang belajar itu berbeda. Ada yang lebih ‘mengena’ dan gampang mengerti kalau dijelaskan langsung oleh orang lain. Kalau kamu memiliki teman seperti ini, kamu bisa mengingatkannya kalau kamu tidak akan selamanya ada untuknya. Jadi, untuk hal-hal yang nggak terlalu urgent, sarankan dia untuk Googling atau setidaknya nggak usah meneror kamu di chat demi memberikan dia jawaban.

Hayoo ngaku, apakah kamu pernah melakukan salah satu poin di atas tadi?

 

Sumber: The Verge

Comments

Loading...