OUR NETWORK

Merasa Email Kamu Sedang Dilacak? Hentikan dengan Cara Ini!

Merasa Email Kamu Sedang Dilacak? Hentikan dengan Cara Ini!
Foto: axios.com

Pernah nggak Ladies terpikir kalau aktivitas email kita terlacak oleh sistem atau bahkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab? Dari berapa kali kita membuka inbox dalam sehari sampai di kota mana kita membukanya dan berbagai aktivitas lainnya. Tindakan membaca email dapat mengirimkan sejumlah data yang mengejutkan kepada si pengirim, meski kita tidak pernah merespons email tersebut sebelumnya. Duh! Pastinya hal ini akan sangat mengganggu keamanan dan privasi kita ya, Ladies.

Baca juga: Hadiah Ulang Tahun dari Gmail: Fitur Baru Schedule Email

Baru-baru in, fakta yang meresahkan itu kembali menjadi sorotan lantaran munculnya sebuat start-up email yang sangat populer bernama Superhuman. Superhuman hadir dengan fitur-fitur canggih yang memungkinkan kamu membatalkan pesan, mendapatkan informasi dari jejaring sosial, pengingat tindak lanjut, pesan terjadwal, dan status baca. Tampak menggiurkan ya, Ladies. Tapi, sejatinya perangkat ini adalah perangkat khusus yang digunakan untuk melacak email. Sebagaimana layaknya aplikasi pelacak, tentu saja perangkat ini memungkinkan kerahasiaan email kamu diketahui pihak luar. Baik oleh pemasar maupun oleh pihak-pihak lain yang dikhawatirkan tidak bertanggungjawab dan berpotensi untuk merugikan kamu, Ladies.

Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Mike Davidson, seorang Vice President di platform desain Invision.

Davidson menunjukkan bahwa aplikasi email pada awalnya memungkinkan penggunanya untuk melacak siapa yang membuka email mereka secara default. Fitur, yang oleh Superhuman dijuluki “Read Recipient” memungkinkan pengirim pesan untuk melihat secara tepat kapan pesan mereka dibuka, jenis perangkat penerima apa yang digunakan, dan di mana mereka berada. Tidak seperti tanda terima baca iMessage yang merupakan opt-in, fitur dalam Superhuman diaktifkan secara default.

Davidson yang sebelumnya menjabat sebagai VP desain di Twitter, menulis kritik panjang tentang “Spying” Superhuman di blog pribadinya. Ia mengatakan bahwa Superhuman “Telah keliru mengambil keuntungan dari orang-orang demi mendapatkan desain yang baik.”

Menanggapi kritik dari Davidson tersebut, akhirnya CEO Superhuman, Rahul Vohra mengatakan perusahaan akan memperbarui perangkat lunaknya sehingga “Read Recipient” tidak lagi diaktifkan secara default dan informasi lokasi akan dihapus.

Namun, fakta pelacakan email ini memang bukan hanya oleh Superhuman.

Tentu saja Superhuman bukanlah satu-satunya perusahaan yang secara diam-diam mengawasi kebiasaan email kita, Ladies. Meskipun relatif tidak pernah terdengar bagi platform email untuk menawarkan tingkat pelacakan ini secara default, sangat mudah untuk menanamkan perangkat lunak pelacakan ke dalam email.

Apa itu pixel tracking?

Sebagian besar program pelacakan email menggunakan sesuatu yang disebut pelacakan piksel atau pixel tracking. Biasanya berupa penambahan gambar satu piksel yang tidak terlihat di akhir email yang dapat melacak email terbuka. Jika penerima email memiliki gambar yang diaktifkan pada klien email mereka dan permintaan ke server SendGrid untuk gambar yang tidak terlihat dieksekusi, maka data-data dalam email kita otomatis tercatat oleh sistem mereka.

Jadi, ketika salah satu dari gambar “tidak terlihat” ini ditambahkan ke email, orang yang mengirimnya dapat melacak seberapa sering kamu membuka pesan. Juga sangat dapat digunakan untuk melacak apakah kamu mengklik sebuah tautan apa pun di email atau tidak. Ini jelas sangat merugikan privasi kita ya, Ladies. Pelacakan semacam ini dalam beberapa kasus dapat menimbulkan risiko keamanan bagi orang-orang yang tidak menyadari bahwa mereka sedang dilacak hanya dengan membuka kotak masuk mereka.

Cara menghentikannya bagaimana?

Untungnya, ada beberapa cara untuk memblokir jenis pelacakan ini tanpa mempengaruhi email kamu sepenuhnya, Ladies.

Salah satu cara paling mudah untuk mencegah perangkat lunak pelacakan email bekerja adalah dengan memblokir gambar agar tidak ditampilkan secara default. Ini adalah pengaturan yang dapat kamu aktifkan di hampir setiap layanan email, meskipun risikonya kamu harus melakukan klik ekstra ketika ingin memuat gambar di email kamu. Tapi, nggak apa-apa ya, Ladies, yang penting keamanan email kita terjaga.

Buat kamu para pengguna Gmail, kamu bisa klik pada “Pengaturan” (setting) untuk membuka preferensi email kamu. Lalu, gulir ke bawah ke gambar dan centang kotak yang mengatakan “Tanyakan sebelum menampilkan gambar eksternal.” (Ask before displaying external images). Setelah itu, gulir lagi sampai bagian bawah halaman dan klik “Simpan perubahan” (Save changes).

Merasa Email Kamu Sedang Dilacak? Hentikan dengan Cara Ini!
Foto: Gmail

Jika kamu menggunakan penyedia email non-Gmail, kamu harus dapat menemukan pengaturan yang serupa. Carilah sesuatu yang mengatakan sesuatu seperti “Ask before displaying external image”.

Penting juga untuk dicatat bahwa jika kamu menggunakan klien email pihak ketiga seperti Outlook atau aplikasi Apple untuk memeriksa email kamu, kamu harus mengaktifkan pengaturan ini di aplikasi email tersebut juga. Biasanya kamu dapat melakukan ini di pengaturan aplikasi.

Merasa Email Kamu Sedang Dilacak? Hentikan dengan Cara Ini!
Foto: Apple’s Mail app

Di aplikasi Mail Apple untuk iOS, kamu dapat menonaktifkan gambar dengan masuk ke aplikasi pengaturan utama, memilih “Mail” dan menggulir ke bawah untuk “memuat gambar jarak jauh.”

Baca juga: Tips Mencegah Akun Instagram Di-Hack

Jika mengutak-atik pengaturan email seperti ini terlalu merepotkan atau kamu juga sangat ingin tahu siapa yang mungkin mengawasi seberapa sering kamu membaca email, ada pilihan lain juga yang tersedia. Ada sejumlah ekstensi peramban yang juga akan memblokir piksel pelacakan sembari memberi tahu kamu email mana yang berisi pelacak. Ekstensi peramban semacam PixelBlock milik Chrome dapat memblokir gambar dari memuat dan menampilkan “Red Eye” di bagian atas pesan ketika mendeteksi pelacak. Demikian pula, Trocker, yang tersedia untuk Chrome dan Firefox, akan menunjukkan pelacak piksel dan mengidentifikasi tautan yang sedang dilacak. Selain itu, Chrome juga memilik ekstensi Ugly Email yang dapat memberi tahu kamu tentang kemungkinan pelacak di kotak masuk bahkan sebelum kamu membuka pesan.

Nah, itulah cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kerahasiaan email kamu dari perangkat pelacak, Ladies. Selamat mencoba!

 

Sumber: sea.mashable

Comments