OUR NETWORK
Lifehack: Bersihkan Alat Dapur dengan Aluminium Foil
bersihkan alat dapur dengan aluminium foil

Saat masak, selain didukung dengan dapur yang nyaman, pasti akan terasa lebih menyenangkan jika semua peralatan yang diperlukan tersedia bersih dan rapi. Tapi bukan perkara mudah memang untuk mendapatkan peralatan dapur bersih dari noda dan minyak, apalagi selepas dipakai beberapa kali. Butuh usaha ekstra untuk membersihkannya.

Kadang, tak cukup hanya menggunakan sabun pencuci piring dan abu gosok saja untuk membuat mereka kembali seperti baru. Meskipun begitu, bukan berarti mustahil ya, Ladies. Membuat peralatan dapur yang sudah dipakai kembali tampil seperti baru! Kamu bisa mencoba menggunakan aluminium foil untuk meringankan pekerjaanmu. Berikut ini 4 cara gunakan aluminium foil untuk bersihkan peralatan dapur kamu!

Membasmi bekas makanan berlemak dan berminyak yang menempel

Biasa membuat lasagna di rumah? Pasti bekas lemak sangat menempel pada peralatan dapur yang kamu pakai, bukan? Tak cukup hanya menggunakan bantuan sabun colek ataupun jeruk, kamu bisa coba menggunakan aluminium foil. Caranya, ambil satu lembar aluminium foil ukuran sedang kemudian remas hingga membentuk seperti bola. Voila! Jadilah penggosok scrubber kasar yang bisa bantu kamu usir lemak menempel yang membandel.

Sulap peralatan dapur dari perak jadi seperti baru

Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat perlengkapan dapur seperti sendok, garpu, mangkuk,dan panci adalah perak. Seperti logam lainnya, warna perak juga akan semakin memudar dan tak jarang jadi menghitam jika sudah lama dipakai. Untuk mengembalikannya seperti baru, caranya mudah saja, Letakkan satu lembar aluminium foil dalam panci kemudian masukkan air panas dan tambahkan garam. Cairan pembersih pun siap. Tinggal celupkan atau rendam semua perlengkapan dapur dari perak yang akan dibersihkan.

Membantu membersihkan setrika

Bagian bawah setrika pasti dilapisi dengan aluminium atau bahan logam lainnya. Tak jarang, serat kain yang gosong karena setrika terlalu panas menempel dan meninggalkan noda. Tidak menutup kemungkinan menempel pada pakaian lain. Tak mau kan baju kesayangan jadi bernoda akibat serat kain yang menempel pada setrika? Gunakan aluminium foil ladies. Panaskan setrika seperti biasa kemudian gosokkan pada aluminium foil, serat kain dan kotoran lain akan menempel pada aluminium foil.

Membasmi karat pada peralatan dapur

Selain perak, beberapa perlengkapan dapur juga menggunakan besi (campuran besi). Cepat atau lambat juga akan berkarat. Jika sudah begini pasti dibuang. Oh no! Sekarang jangan buru-buru membuang perlengkapan dapur yang berkarat ya ladies. Ada solusi kok untuk hal ini! Kamu bisa menggunakan bantuan kertas aluminium foil. Bagaiamana caranya? Teteskan sedikit minyak pada peralatan dapur yang berkarat kemudian gosok dengan aluminium foil lalu bersihkan.

Selamat mencoba, Ladies!

Sumber: thekitchn.com, Foto cover: Vemale

Comments

Loading...